indosteger@gmail.com   +62218294428

News

3 Penyebab dan Cara Memperbaiki Tembok Retak

Keretakan pada tembok akan membuat visual rumah menjadi berkurang, untuk mengatasinya kamu harus tahu cara memperbaiki tembok retak dengan benar. Retakan pada tembok terbilang cukup umum terjadi di bangunan baru dan lama. Namun hal ini adalah sesuatu yang mudah untuk diperbaiki, asalkan Anda mau meluangkan waktu kosong. Namun hal ini juga tidak bisa dianggap sepele, terkadang retakan di dinding bisa menjadi tanda bahwa ada masalah besar yang harus diatasi sebelum Anda mencoba memperbaiki retakan tersebut. 

Berikut ini adalah penyebab serta langkah apa yang harus diambil untuk memperbaiki retakan yang terjadi pada tembok bangunan Anda.

Apa Penyebab Retakan Pada Tembok Rumah?

Retakan akan bisa membuat tembok rumah Anda terlihat tidak bagus untuk dilihat. Sehingga hal ini harus bisa dengan cepat diperbaiki agar bisa kembali mendapatkan permukaan tembok yang mulus. Sebelum memulai langkah perbaikan, ada baiknya kita mengenal apa saja hal yang bisa menyebabkan retakan bisa muncul pada tembok Anda. 

Retakan muncul di dinding karena beberapa alasan:

1. Retak karena pengendapan rumah

Hal ini dapat terjadi ketika rumah baru 'menetap' atau ketika bahan konstruksi baru berkembang dan menyusut dari waktu ke waktu yang juga dipengaruhi lingkungan.

2. Retak akibat gerakan bangunan

Hal ini biasanya disebabkan oleh fondasi rumah yang berpindah. Penting untuk mencari tahu akar penyebab dan kemudian mengambil langkah profesional.

3. Retak Kecil Alami

Retak kecil akan terjadi secara alami dan tidak perlu ada perhatian atau tindakan khusus. Namun tetap harus dipantau secara ketat untuk setiap perubahan.

Jika sudah mengenal penyebabnya, kini saatnya mempelajari bagaimana cara memperbaiki retakan pada tembok bangunan Anda.

Baca Juga: Begini Cara Menambal Tembok yang Bolong Akibat Paku dan Hal Lainnya

Bagaimana Cara Mengatasi Tembok Retak Dengan Tepat?

Mengatasi tembok retak tidak sesulit yang Anda bayangkan. Asalkan Anda memiliki peralatan yang diperlukan serta berhati-hati saat melakukannya, Anda dapat melakukannya seorang diri.

Berikut adalah beberapa langkah mengatasi tembok yang retak dengan tepat:

1. Persiapkan Alat

Apa saja alat-alat yang Anda butuhkan untuk memperbaiki tembok yang retak? Anda setidaknya akan membutuhkan alat-alat sebagai berikut:

  • Sarung tangan;
  • Kain atau lap basah;
  • Amplas;
  • Wall filler atau semen dan pasir jika keretakan sudah sangat parah;
  • Cat plamir;
  • Cat pelapis;

Kalau Anda sudah memiliki barang-barang tersebut, sekarang Anda bisa mulai memperbaiki dinding rumah Anda

2. Bersihkan Permukaan Dinding Rumah

Langkah awal dari proses memperbaiki tembok retak adalah dengan membersihkan permukaannya. Hal ini agar proses perbaikan tembok yang retak berjalan dengan lancar.

Pastikan Anda menggunakan sarung tangan dalam proses ini untuk menghindari menambahkan noda tambahan. Gunakan juga kain atau lap basah untuk mempermudah proses ini.

Pastikan bahwa permukaan dinding juga sudah bersih dari paku tembok atau jamur yang mungkin mengotori dinding.

3. Poles Dinding Dengan Amplas

Setelah memastikan bahwa tembok sudah bersih, Anda sekarang bisa mulai proses pengamplasan. Pastikan Anda mengamplas tembok sampai bagian acian tembok terlihat. Kalau sudah, bersihkan lagi bagian tersebut dengan kain atau lap basah agar bebas dari debu hasil amplas.

4. Aplikasikan Wall Filler pada Tembok Retak

Kalau Anda sudah membersihkan hasil amplasan dari tembok, Anda bisa mulai mengaplikasikan wall filler pada bagian tembok yang retak. Pastikan Anda mengaplikasikannya dengan rata untuk mendapat hasil yang terbaik. Tunggu hingga wall filler mengering.

Akan tetapi, jika keretakan yang Anda alami cukup parah, penggunaan wall filler tidak akan cukup untuk memperbaiki tembok yang retak. Dalam kasus ini, Anda akan membutuhkan adukan semen dan pasir yang baru untuk menambal dinding retak.

5. Oleskan Cat Plamir

Langkah berikut adalah mengoleskan cat plamir pada permukaan dinding retak yang sudah kering. Cat plamir berbeda dengan cat konvensional yang mana Cat plamir tidak berfungsi untuk memberikan warna tetapi untuk meratakan dinding.

Tahapan ini sangat krusial agar lapisan yang Anda buat menjadi kuat dan mencegah keretakan terjadi lagi.

6. Lakukan Finishing

Untuk mencegah tembok retak ke depannya, khususnya retak rambut, Anda bisa menggunakan cat pelapis yang memiliki tingkat elastisitas yang tinggi. Sebelum memberikan cat pelapis, jangan lupa untuk mengamplas kembali tembok yang baru saja Anda perbaiki.

Itulah berbagai macam cara memperbaiki tembok retak yang bisa Anda lakukan. Semoga tembok pada bangunan Anda bisa kembali terlihat rapi dan mulus. Untuk mempermudah proses ini, Anda bisa sewa scaffolding murah di IndoSteger. Tunggu apalagi, segera kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut!

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya