indosteger@gmail.com   +62218294428

News

3 Penyebab dan Cara Memperbaiki Tembok Retak

Keretakan pada tembok akan membuat visual rumah menjadi berkurang, untuk mengatasinya kamu harus tahu cara memperbaiki tembok retak dengan benar. Retakan pada tembok terbilang cukup umum terjadi di bangunan baru dan lama. Namun hal ini adalah sesuatu yang mudah untuk diperbaiki, asalkan Anda mau meluangkan waktu kosong. Namun hal ini juga tidak bisa dianggap sepele, terkadang retakan di dinding bisa menjadi tanda bahwa ada masalah besar yang harus diatasi sebelum Anda mencoba memperbaiki retakan tersebut. 

Berikut ini adalah penyebab serta langkah apa yang harus diambil untuk memperbaiki retakan yang terjadi pada tembok bangunan Anda.

Apa Penyebab Retakan Pada Tembok Rumah?

Retakan akan bisa membuat tembok rumah Anda terlihat tidak bagus untuk dilihat. Sehingga hal ini harus bisa dengan cepat diperbaiki agar bisa kembali mendapatkan permukaan tembok yang mulus. Sebelum memulai langkah perbaikan, ada baiknya kita mengenal apa saja hal yang bisa menyebabkan retakan bisa muncul pada tembok Anda. 

Retakan muncul di dinding karena beberapa alasan:

1. Retak karena pengendapan rumah

Hal ini dapat terjadi ketika rumah baru 'menetap' atau ketika bahan konstruksi baru berkembang dan menyusut dari waktu ke waktu yang juga dipengaruhi lingkungan.

2. Retak akibat gerakan bangunan

Hal ini biasanya disebabkan oleh fondasi rumah yang berpindah. Penting untuk mencari tahu akar penyebab dan kemudian mengambil langkah profesional.

3. Retak Kecil Alami

Retak kecil akan terjadi secara alami dan tidak perlu ada perhatian atau tindakan khusus. Namun tetap harus dipantau secara ketat untuk setiap perubahan.

Jika sudah mengenal penyebabnya, kini saatnya mempelajari bagaimana cara memperbaiki retakan pada tembok bangunan Anda.

Baca Juga: Begini Cara Menambal Tembok yang Bolong Akibat Paku dan Hal Lainnya

Bagaimana Cara Memperbaiki Tembok Retak Dengan Tepat?

Cara terbaik untuk memperbaiki retakan pada tembok adalah dengan merekatkan kembali sambungan atau retakan yang terbentuk. Cara ini akan melibatkan pengikisan, pemasangan mesh tape, pengamplasan permukaan, dan kemudian mengisi celah dengan campuran semen atau wall filler. Trik untuk mendapatkan dinding yang halus adalah dengan menerapkan dua sampai tiga lapisan sangat tipis di atas mesh tape. Dilanjutkan dengan mengamplas setiap lapisan setelah mengering sebelum menerapkan lapisan berikutnya. Proses pengerjaannya adalah sebagai berikut:

  1. Buat cerukan kecil berbentuk V di sepanjang retakan. 

  2. Bersihkan debu dan juga kotoran dari dalam lubang. 

  3. Tutup retakan dengan mesh tape atau tape kertas. 

  4. Berikan wall filler di atas bahan tersebut dengan tipis. Biarkan hingga kering.

  5. Amplas hingga rata dan halus. 

  6. Oleskan lapisan kedua sedikit melebar pada kedua sisi retakan. Biarkan mengering semalaman. 

  7. Amplas kembali sampai halus dan aplikasikan cat atau wallpaper.

Pada dinding beton, Anda memerlukan Epoxy untuk membuat segel kedap air pada retakan. Mulailah perbaikan Anda dengan membuat lubang dengan  paku ke dalam celah setiap 10 cm. Epoxy tersedia dalam dua bagian, A dan B, yang perlu Anda campur sebelum digunakan. Oleskan sedikit Epoxy campuran pada setiap lubang injeksi tadi dan tutup menggunakan sumpalan. Jika sudah mengering, maka Anda bisa mengisi lubang atau retakan dengan semen beton. Lakukan finishing sehingga dinding kembali menjadi halus.

Baca Juga: Mengetahui 7 Langkah Sebagai Cara Menambal Tembok Retak

Itulah berbagai macam cara memperbaiki tembok retak yang bisa Anda lakukan. Semoga tembok pada bangunan Anda bisa kembali terlihat rapi dan mulus. Untuk mempermudah proses ini, Anda bisa sewa scaffolding murah di IndoSteger. Tunggu apalagi, segera kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut!

Sumber:

https://homeguides.sfgate.com/fix-cracked-walls-permanently-57017.html

https://www.realhomes.com/advice/structural-problems-in-old-houses

https://www.property24.com/articles/how-to-deal-with-cracked-walls/15351

Recent Articles