indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Ini Dia Cara Mengatasi Dinding Retak dengan Mudah

Mengetahui cara mengatasi dinding retak akan bisa membantu Anda ketika mengalami masalah yang satu ini. Keretakan bisa menandakan ada masalah struktural pada rumah atau bangunan Anda. Namun, tidak semua retakan pada dinding akan menyebabkan masalah sangat serius yang memerlukan perbaikan rumit. Beberapa jenis keretakan akan bisa ditangani dengan mudah, tanpa memerlukan cara yang merepotkan. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika dinding rumah atau bangunan milik Anda mengalami keretakan.

Bagaimana Cara Mengatasi Dinding Retak Pada Rumah dan Bangunan Anda?

Baik di drywall, plester atau beton, retakan di dinding akan merusak pemandangan. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh pengendapan alami sebuah rumah atau banguanan dari waktu ke waktu. Tidak ada penyebab pasti bagaimana sebuah retakan bisa muncul, tetapi perubahan kecil pada suhu dan kelembapan di dalam bahan bangunan cukup untuk menyebabkan retakan seperti garis halus di permukaan dinding.

Baca Juga: Apa Penyebab Tembok Retak di Rumah?

Getaran dari lalu lintas, apalagi jika rumah Anda berada di atas punggung bukit, dapat menyebabkan masalah. Penurunan tanah jelas dapat menjadi akar penyebab retakan struktural yang lebih serius. Jika rumah atau bangunan kamu mengalami retakan, untuk memperbaikinya kamu hanya perlu meluangkan waktu sejenak. Alat dan bahan sederhana dari toko bangunan akan bisa membantu Anda untuk kembali mendapatkan dinding yang mulus. Jangan sampai membiarkan retakan meluas, karena akan bisa menyebabkan masalah yang lebih serius nantinya.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk bisa memperbaiki keretakan yang terjadi pada dinding rumah atau bangunan Anda.

1. Memperbaiki Retakan Di Drywall

Memperbaiki retakan di drywall bukanlah hal yang sulit. Gunakan pisau untuk memotong cerukan kecil berbentuk V di sepanjang retakan. Bersihkan debu dan juga kotoran dari dalam lubang. Tutup retakan dengan tape kasa atau tape kertas. Berikan wall filler di atas bahan tersebut. Biarkan hingga kering. Oleskan lapisan kedua sedikit melebar pada kedua sisi retakan. Biarkan mengering semalaman. Amplas sampai halus dan aplikasikan cat atau wallpaper.

Baca Juga: Inspirasi Cat Rumah Yang Bagus dan Cara Memilihnya

2. Memperbaiki Retakan Pada Dinding Plester

Memperbaiki retakan kecil pada dinding plester yang mirip dengan retakan pada dinding drywall, menggunakan wall filler. Namun, jika plester terlepas dari reng, maka Anda harus membuat penopang dinding. Bor lubang hingga menembus plester tetapi bukan bilah kayu, beri jarak 7 cm di sepanjang retakan. Bersihkan debu dan kotoran dari lubang. Semprotkan kondisioner berperekat ke setiap lubang, bersihkan sisa perekat dengan spons basah. 

Segera pasang cincin plester dengan bor untuk menarik plester secara kencang ke dinding. Biarkan hingga merekat, kemudian lepaskan cincin plester. Sembunyikan lubang dan retakan dengan lapisan wall filler. Amplas, lalu oleskan lapisan kedua. Amplas kembali dan berikan cat.

Baca Juga: 3 Penyebab dan Cara Memperbaiki Tembok Retak

3. Retakan Dinding Beton

Untuk memperbaiki dinding beton, Anda memerlukan Epoxy yang akan membuat segel kedap air pada retakan. Mulailah perbaikan Anda dengan membuat lubang dengan  paku ke dalam celah setiap 10 cm. Epoxy tersedia dalam dua bagian, A dan B, yang perlu Anda campur sebelum digunakan. Oleskan sedikit Epoxy campuran pada setiap lubang injeksi tadi dan tutup menggunakan sumpalan.

Sebarkan campuran Epoxy di atas retakan. Biarkan selama 6 sampai 10 jam. Selanjutnya kamu bisa menyuntikan beton cair ke dalam retakan, mulai dari bawah, sampai cairan merembes. Biarkan mengering setidaknya selama lima hari.

Baca Juga: Begini Cara Menambal Tembok yang Bolong Akibat Paku dan Hal Lainnya

Itulah beberapa cara mengatasi dinding retak yang bisa kamu coba. Untuk mencapai retakan yang berada cukup tinggi pada dinding Anda, gunakan scaffolding agar aman. Sewa steger berkualitas di IndoSteger. Kunjungi website kami sekarang juga!

Recent Articles