indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Inspirasi Cat Rumah Yang Bagus dan Cara Memilihnya

Pemilihan warna cat rumah yang tepat akan membuat Anda semakin betah di rumah. Oleh sebab itu, penting untuk mempertimbangkan dengan bijak apa warna cat rumah yang bagus dan cocok dengan kepribadian apa. Berikut adalah beberapa pilihan warna cat rumah yang dapat Anda gunakan dan tips memilihnya.

Inspirasi Warna Cat Rumah

1. Warna Biru

Warna satu ini dikenal sebagai salah satu warna yang sangat fleksibel. Jika Anda ingin kesegaran dan suasana yang sejuk, Anda dapat menggunakan varian warna pastel dengan warna biru muda. Jika Anda menginginkan kesan elegan, Anda dapat memilih warna navy blue yang sedikit lebih gelap. Warna cat rumah satu ini sangat fleksibel dan dapat digunakan di banyak ruang di rumah Anda.

2. Warna Hijau

Kalau Anda mencari sesansi alam yang sejuk, maka warna hijau adalah pilihan yang tepat. Serupa dengan warna biru, warna hijau cukup fleksibel dengan banyak varian warna yang dapat Anda pilih sesuai dengan mood yang Anda inginan. Anda bisa menggunakan warna pastel hijau mint jika ingin warna cerah, atau warna hijau tua jika menginginkan warna yang lebih gelap.

3. Warna Putih

Warna putih memang dapat selalu diandalkan. Warna netral ini menawarkan kesan sederhana yang sangat cocok sebagai warna cat rumah minimalis. Selain itu, sifat netralnya juga membuat warna ini memiliki kombinasi warna yang luas; Anda hampir dapat menggunakan warna lainnya di daftar ini dengan warna putih unntuk menghias rumah Anda.

Baca Juga: Partisi Ruangan Rumah Minimalis dengan Memanfaatkan Barang yang Ada

4. Warna Abu

Satu lagi warna netral yang dapat Anda gunakan sebagai warna cat rumah. Serupa dengan warna putih, warna abu adalah warna cat rumah minimalis yang sangat bagus. Warna abu dapat dianggap sebagai warna putih namun dengan kepribadian. Warna cat rumah abu sangat cocok untuk Anda gunakan di ruang tamu yang dapat memberikan kesan elegan.

5. Warna Kuning

Kalau Anda menginginkan kesan ekstenstrik, unik, dan juga ceria, maka warna kuning bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Tidak banyak orang yang menjadikan warna kuning sebagai warna cat rumah mereka. Alasannya cukup sederhana: warnanya terlalu mencolok dan kadang sulit membuat kombinasi warna dengan warna satu ini. Tetapi, jika Anda berani dan cukup kreatif, maka tidak ada salahnya Anda menjadikan warna satu ini sebagai warna cat rumah Anda.

6. Warna Merah Muda

Jika Anda mencari warna yang menawarkan kesan tenang dan juga optimis, warna merah muda adalah salah satu pilihan yang bagus. Warna merah muda juga dapat dikombinasikan dengan mudah dengan berabgai warna lainnya, baik warna yang bersifat netral ataupun tidak.

7. Warna Coklat

Warna satu ini dikenal menawarkan kesan hangat bagi para penghuni rumah. Hal ini sangat benar khususnya untuk varian warna coklat hazelnut. Warna coklat dikenal dapat memantulkan sinar matahari yang masuk ke rumah dengan baik yang menimbulkan suasana yang hangat di dalam rumah.

8. Warna Beige

Kalau ingin warna sejuk tapi sudah bosan dengan warna putih dan masih belum berani menggunakan warna cerah seperti kuning, maka warna cat rumah satu ini bisa jadi pilihan terbaik buat Anda. Warna beige dikenal menawarkan kesejukan dengan warna netral yang berkpribadian.

Tips Memilih Warna Cat Rumah

1. Sesuaikan Dengan Konsep Desain Rumah

Setiap rumah pasti memiliki konsep desain tertentu, entah dibangun dengan gaya minimalis, mediterania, tradisional, atau klasik. Anda dapat memilih warna cat yang sesuai dengan konsep tersebut.

Mulailah dengan mencari referensi warna cat rumah untuk gaya rumah Anda sendiri. Sebagai contoh, warna-warna monokrom seperti hitam, putih, dan abu-abu banyak ditemukan dipakai pada rumah dengan konsep minimalis. Sementara warna-warna kontras seperti perpaduan putih, biru, dan coklat kayu sering terlihat pada rumah dengan konsep mediterania.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Denah Rumah?

2. Tentukan Mood atau Suasana Rumah Yang Diinginkan

Setiap warna cat rumah yang bagus akan menghadirkan suasana tertentu pada rumah tersebut. Sekarang, apa suasana yang hendak hadirkan di rumah Anda? Apakah sentuhan ceria, mewah, simple, atau elegan?

Warna-warna cerah seperti kuning mustard akan menghadirkan suasana hangat dan ceria di rumah, warna monokrom dapat menghadirkan kesan mewah pada rumah dan ruangan, sementara sentuhan warna-warna lembut seperti pastel dan beige akan memberikan sentuhan elegan pada rumah Anda.

3. Pertimbangan Pencahayaan Ruang

Pertimbangan berikutnya adalah pencahayaan pada ruangan tersebut, termasuk sumber cahaya alami yang datang dari jendela atau pintu, serta sumber cahaya yang datang dari penerangan lampu. Pemilihan warna akan saling mempengaruhi dengan pengaturan cahaya kemudian.

Untuk ruangan yang terdapat banyak jendela dan pintu yang terbuka di siang hari, maka tidak terlalu masalah jika dicat dengan warna-warna gelap. Warna gelap juga cocok untuk ruangan luas dengan sistem penerangan lampunya yang juga memadai. Sementara warna-warna dengan tone lebih terang bisa diaplikasikan pada ruang yang lebih sempit yang kurang mendapatkan pencahayaan alami. Warna terang ini akan membuat ruangan terasa lebih lowong.

4. Buat Palet Warna Sendiri

Tips terakhir adalah buat palet warna sendiri. Cobalah untuk memadupadankan satu warna dengan warna lainnya, lalu terapkan pada ruang-ruang di dalam rumah. Ada baiknya Anda menyiapkan lebih dari satu palet untuk pilihan alternatif. Palet warna ini juga dapat jadi panduan Anda untuk memilih furnitur untuk disesuaikan dengan tema ruang atau rumah.

Cara Mengecat Rumah Dengan Praktis

Setelah berhasil mendapatkan cat rumah yang bagus, berikutnya pastikan Anda tahu cara mengecat dengan benar. Apalagi jika Anda ingin mengecat rumah sendiri tanpa jasa tukang cat, berikut beberapa cara yang dapat Anda ikuti.

1. Bersihkan Dinding

Pertama, bersihkan area dinding yang akan Anda cat. Turunkan semua furnitur atau aksesoris yang menggantung pada dinding. Pastikan dinding tidak berdebu. Jika terdapat lubang atau retakan, sebaiknya diperbaiki terlebih dahulu.

2. Lindungi Bagian Jendela dan Pintu

Gunakan plastik pelapis atau selotip berbahan kertas yang lebar untuk melapisi sisi-sisi batas pintu dan jendela agar tidak terkena cat. Lapisi juga lantai dengan plastik agar Anda tidak perlu kerepotan harus membersihkan lantai jika ada sisa cat yang jatuh. Tutup juga area stop kontak yang ada di dinding dan batas plafon atau langit-langit rumah.

3. Siapkan Cat Rumah

Berikutnya siapkan peralatan untuk mengecat dan cat rumah itu sendiri. Jangan lupa campurkan cat dengan thinner sebelum digunakan supaya tekstur cat lebih encer. Agar hasil warna lebih maksimal, lapisi tembok dengan warna putih terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan warna cat rumah yang bagus pilihan Anda.

4. Gunakan Scaffolding Multifungsi

Saat mengecat rumah, Anda perlu menjangkau bagian dinding yang paling tinggi. Anda juga harus memasang pelindung di area langit-langit rumah atau plafon agar cat tidak menyentuh area tersebut. Untuk membantu Anda melakukan hal tersebut, Anda dapat menggunakan scaffolding multifungsi. Perancah dengan bidang datar di bagian tengahnya ini memungkinkan Anda membawa bahan dan alat cat dengan nyaman, termasuk berdiri atau duduk sambil mengecat tembok dengan aman.

Itulah dia inspirasi cat rumah yang bagus dan panduan untuk memilih warna cat rumah dengan tepat. Pilihan warna cat rumah yang tepat dan membuat Anda dan keluarga Anda makin betah untuk beraktivitas dan menghabiskan waktu di dalam rumah.

Jika Anda membutuhkan scaffolding hanya untuk kebutuhan mengecat rumah, alih-alih membeli, Anda dapat sewa scaffolding  saja. Salah satunya dengan memakai jasa scaffolding rental milik Indosteger.. Di Indosteger Anda dapat menyewa scaffolding dengan hitungan harian, mingguan, atau bulanan. Harganya pun jauh lebih murah daripada membeli scaffolding sendiri. Jadi, tunggu apalagi?

Recent Articles