indosteger@gmail.com   +62218294428

News

6 Cara Mengatasi Pipa Air Tersumbat

“Cara mengatasi pipa air tersumbat”, merupakan kalimat yang sering dicari pada mesin pencari. Baik secara sengaja atau tidak sengaja, pipa air yang tersumbat memang kejadian yang lazim terjadi di dalam rumah. Penyebab pipa air tersumbat juga banyak, bisa karena kita lupa mengeluarkan sisa makanan dari wastafel, endapan sabun di pipa, endapan lumpur atau kotoran, dan lain sebagainya. Dengan tersumbatnya pipa air di rumah kita (baik di wastafel atau di kamar mandi), kejadian ini sangat mengganggu aktivitas kita.

Jika kita tidak segera mengatasinya, air bisa meluap dan mengakibatkan rumah kita tergenang oleh air. Anda dapat langsung memanggil teknisi untuk memperbaikinya untuk Anda. Namun apabila Anda belum berani memanggil teknisi ke rumah dengan adanya Covid-19, Anda bisa mencoba melakukannya sendiri dengan barang-barang yang mudah Anda dapatkan. 

Cara Mengatasi Pipa Air Tersumbat

Cara mengatasi pipa yang tersumbat tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal kok. Cukup mulai dari apa yang Anda miliki di rumah. Simak bahan yang bisa kamu gunakan, sekaligus cara menggunakannya di bawah ini.

1. Gulungan Plastik dan Tali

Ambil kantong plastik dan tali apapun yang ada di rumah Anda. Pertama, alirkan air pada pipa air yang tersumbat dan diamkan selama beberapa menit. Selagi menunggu, buatlah gulungan dari kantong plastik yang sudah Anda siapkan. Sesuaikan ukuran gulungan plastik dengan ukuran pipa yang tersumbat. Jika sudah, ikat gulungan plastik dengan tali yang kuat, agar saat ditarik nantinya tidak akan terputus. Masukkan gulungan plastik tersebut ke dalam pipa hingga mencapai ujung pipa. Selanjutnya, tarik gulungan plastik tersebut untuk mengangkat kotoran yang menyumbat.

2. Soda Kue dan Cuka

Soda kue dan cuka adalah bahan-bahan rumahan yang memiliki banyak fungsi. Anda dapat menggunakan keduanya untuk berbagai kebutuhan selai memasak,seperti mengatasi WC mampet hingga mengatasi pipa air tersumbat.

Campurkanlah soda kue dan cuka pada suatu wadah. Tuangkan air panas secukupnya ke dalam wadah tersebut. Tutup ujung pipa menggunakan karet penutup atau alternatif penutup lainnya. Lalu masukkan satu sendok campuran soda kue yang sudah dibuat ke dalam pipa dan tunggu beberapa menit agar campuran tersebut dapat bekerja dengan baik. Selanjutnya, buka penutup ujung pipa, tuangkan kembali campuran tersebut ke dalam pipa secukupnya. Jika bunyi buih dalam pipa menghilang, tuangkan air panas untuk membilas pipa. 

3. Minuman Bersoda

Siapkan 2 liter minuman bersoda apa pun dan tuangkanlah ke dalam pipa yang tersumbat. Biarkan pipa tersebut selama 2 jam. Jika sudah, bilas pipa menggunakan air biasa hingga terlihat kotoran keluar.

4. Sabun Cuci Piring

Serupa dengan soda kue, sabun cuci piring adalah salah satu bahan rumahan yang memiliki banyak fungsi. Anda dapat menggunakannya untuk kebutuhan seperti menghilangkan karat pada besi hingga mengatasi pipa air yang macet.

Anda pasti memiliki sabun cuci piring di rumah. Anda dapat menggunakan sabun cuci piring merek apa pun yang ada di rumah Anda. Larutkan sabun cuci piring dengan air. Lalu masukkan larutan tersebut ke dalam pipa yang tersumbat. Tunggu beberapa menit, kemudian Anda dapat membilasnya dengan air panas agar kotoran yang menyumbat dapat keluar.

5. Soda Api

Jika semua bahan di atas belum bisa mengeluarkan kotoran yang menyumbat, gunakanlah soda api. Soda api memiliki kandungan kimia yang dapat menghancurkan kotoran. Sebelum menggunakannya, pastikan Anda menggunakan sarung tangan dan masker wajah untuk menghindari efek reaksi soda api. Penggunaannya mudah, tuangkan soda api ke dalam pipa yang tersumbat, lalu lanjut tuangkan air panas ke dalam pipa tersebut. Tunggu 5-6 jam. Jika sudah, siram pipa dengan air hingga kotoran keluar. 

6. Kabel Auger

Kabel auger adalah kabel yang biasanya digunakan untuk mengeluarkan kotoran yang menyumbat pipa. Anda dapat menemukan kabel ini di toko bangunan atau membelinya di online shop. Penggunaannya mudah, masukkan kabel auger tersebut ke dalam pipa. Dorong kabel, lalu putar dan tarik hingga kabel keluar dari pipa. Ulangi proses ini hingga semua kotoran yang menyumbat keluar. 

Itulah beberapa cara mengatasi pipa air tersumbat yang dapat Anda coba. Anda dapat menggunakan bahan rumahan, seperti soda kue dan sabun cuci piring, untuk segera mengatasi pipa air yang tersumbat dengan cukup mudah. Jika kotoran yang menyumbat sulit dikeluarkan, Anda bisa mecoba menghubungi teknisi untuk membantu Anda.

Apabila cara tersebut masih belum berhasil dan mengharuskan Anda mengganti pipa yang tersumbat dengan yang baru, Anda bisa menggunakan galvanized pipe atau pipa yang terbuat dari baja yang sudah dilapisi dengan lapisan pelindung yang mencegah korosi dan karat. Anda dapat menemukan galvanized pipe di Indosteger sekarang. Semoga penjelasan di atas tentang cara mengatasi pipa air yang tersumbat Anda temukan berguna. 

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya