indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Simpel 2 Cara Mengatasi WC Mampet dengan Garam

Masalah WC mampet memang sangat menyebalkan. Selain membuat toilet tidak bisa dipakai, WC mampet juga menyebabkan masalah lain seperti bau tidak sedap dan kamar mandi banjir akibat air meluber. 

Masalah pipa pralon air tersumbat dapat Anda atasi dengan menggunakan berbagai cara yang sama dengan mengatasi WC mampet. Namun, sebelum memanggil jasa profesional, terlebih dahulu Anda bisa mencoba cara mengatasi WC mampet dengan garam berikut ini! 


1. Cara mengatasi WC mampet dengan garam

Ketika toilet mampet, biasanya orang cenderung akan langsung memanggil jasa profesional untuk membetulkannya. Padahal, ada cara mudah mengatasi WC tersumbat, yaitu dengan memakai garam. Bahan ini mudah ditemukan karena termasuk bumbu dapur dan harganya sangat terjangkau.  Berikut caranya: 

  • Dibiarkan hingga 2 jam

Cara mengatasi WC mampet dengan garam yang pertama adalah dengan membiarkannya selama dua jam. Pertama, siapkan garam balok atau garam kasar sebanyak dua bungkus. Setelah itu, buka bungkus garam dan taburkan ke atas lubang kloset. Kalau sudah, diamkan garam di dalam lubang kloset setidaknya sampai dua jam. Sambil menunggu, panaskan 1 liter air. Setelah dua jam, siram WC dengan air panas tadi. 

  • Dibiarkan hingga 8 jam

Cara mengatasi WC mampet dengan garam berikutnya adalah membiarkannya selama delapan jam. Pertama, siapkan garam batu atau garam kasar. Kedua, tuangkan 500 gram garam tersebut ke dalam lubang toilet. Jika Anda menggunakan garam dapur halus biasa, maka bisa tambahkan satu cangkir bubuk soda kue untuk memperkuat efek pembersihan. 

Setelah itu, tuangkan air mendidih ke dalam lubang toilet. Kalau sudah, diamkan dulu toilet sampai dengan delapan jam ke depan. Lebih baik Anda melakukan ini di malam hari saat aktivitas sedang minim. Baru pada pagi harinya, Anda bisa menyiram toilet dengan air biasa untuk mendorong sumbatan masuk ke septic tank. 
 

2. Cara lain mengatasi WC mampet 

Selain garam, ada bahan lain yang juga bisa membantu menghilangkan penyumbatan pada toilet. Berikut bahan dan caranya: 

  • Menggunakan soda api

Apabila cara mengatasi WC mampet dengan garam tidak mempan, maka Anda bisa mencoba trik selanjutnya, yaitu dengan menggunakan soda api. Namun, jika Anda menggunakan tips ini, sebaiknya lakukan langkah keselamatan dengan mengenakan sarung tangan karet, pelindung mata, dan masker hidung atau mulut.

Setelah itu, tuangkan setengah cangkir soda api ke lubang toilet dengan menggunakan sendok plastik. Tunggu sekitar 10 menit. Setelahnya, siram toilet dengan menggunakan tombol flush. Jika masih tersumbat, tuangkan lagi soda kue, tunggu lebih lama. Ulangi langkah ini beberapa kali sampai WC lancar. 

  • Pakai cuka dan soda kue 

Paduan antara cuka dan soda kue juga bisa menjadi bahan yang ampuh mengatasi sumbatan pada WC. Dua bahan ini mampu mengeluarkan benda yang menyumbat agar bisa masuk ke septic tank. Caranya, siapkan satu cangkir soda kue dan dua cangkir cuka putih. Kemudian, tuangkan soda kue terlebih dahulu dan disusul dengan cuka. Setelah itu, tunggu hingga satu jam. Tekan flush untuk menyiram soda kue dan cuka. Kalau masih mampet juga, tuangkan lagi soda kue dan cuka, namun kali ini biarkan semalaman. 

Cara mengatasi WC mampet dengan garam maupun bahan lain bisa Anda coba sebagai penanganan darurat. Namun, jika masalah tak kunjung teratasi, akan lebih baik bila meminta bantuan profesional. Siapa tahu pembongkaran untuk menghilangkan sumbatan perlu dilakukan. Lalu, jika Anda berencana merenovasi rumah sekalian dengan perbaikan toilet, gunakan bahan-bahan bangunan berkualitas dari Indosteger. Tersedia UNP besi galvanis, CNP besi galvanis, besi hollow, dan scaffolding. 

Baca juga: Cara Menambal Dak Beton dari Bawah Untuk Bangunan

Recent Articles