indosteger@gmail.com   +62218294428

News

6 Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Dengan Cepat dan Mudah

Di dalam menjalani aktivitas Anda sehari-hari, pastinya Anda menggunakan banyak sekali barang. Biasanya dari sekian banyak barang yang Anda miliki, ada saja yang bahan yang menggunakan besi  atau logam. Memang jika berbicara mengenai ketahanan, kedua bahan tersebut bisa disebut kuat. Namun sayangnya, ada satu kondisi bahaya yang bisa mengenai besi dan logam yaitu karat. 

Bahaya karat tidak hanya berpengaruh pada keamanan saja, namun dapat berdampak pada kesehatan. Benda berbahan besi yang sudah berkarat bisa menyebabkan tetanus dan tidak jarang jika tertelan bisa menyebabkan keracunan logam berat yang bisa menyebabkan kematian.

Besi yang karatan bisa tercipta karena adanya uap air atau udara di sekitarnya lembab. Selain itu juga bisa karena adanya uap garam dan asam, besi atau logam yang tidak permukaannya tidak rata, hingga dua barang berbahan besi yang saling  bergesekan satu dengan yang lainnya.

Contoh barang yang bisa karatan adalah gembok rumah. Jika Anda masih tetap menggunakan gembok rumah yang karatan, maka makin lama malah makin rapuh, dan bisa membahayakan keamanan rumah Anda sendiri.

Untuk itu diperlukan kiat-kiat khusus ada bisa menghilangkan karat pada besi. Sebenarnya cukup banyak cara menghilangkan karat yang bisa Anda lakukan, daripada malah membeli barang berbahan besi yang baru. Namun hal ini perlu dipertimbangkan ulang ya.

Di bawah ini, ada lima cara untuk menghilangkan karat pada besi yang bisa Anda lakukan saat ini juga. Untuk mendapatkan bahan-bahan yang dibutuhkan pun juga mudah karena bisa Anda temukan di sekitar Anda.

Inilah Cara Menghilangkan Karat Pada Besi

Menggunakan cuka putih

Cara pertama dalam menghilangkan pada besi adalah menggunakan cuka putih, atau bisa juga dengan cuka biasa. Khusus untuk cuka putih sendiri, memang tidak biasa dipakai di dalam aktivitas sehari hari, beda dengan cuka biasa yang digunakan untuk bumbu dapur. Namun, penggunaan cuka dapur dirasa cukup menghilangkan karat pada besi. 

Untuk penggunaan cuka putih atau cuka biasa dalam menghilangkan karat pada besi, Anda bisa melakukannya dengan cara siramkan cuka pada permukaan benda dan diamkan selama kurang lebih 24 jam. Jika hasil yang diinginkan ingin lebih maksimal, Anda bisa menggunakan spons yang berasal dari alumunium foil untuk menggosoknya. Lakukan dalam beberapa kali kesempatan agar hasil yang didapatkan menjadi maksimal. Cuka memang terkenal sebagai penghilang karat yang ampuh. 

Menggunakan ampelas

Cara menghilangkan karat pada besi yang kedua adalah menggunakan ampelas. Permukaan amplas yang kasar akan mampu menghilangkan karat dengan cara berikut. Bersihkan terlebih dahulu benda yang akan diamplas dengan merendamnya di air hangat yang sudah  dicampur dengan deterjen. Sudah direndam, keringkan terlebih dahulu dan gosok terlebih dahulu dengan wol yang terbuat dari alumunium. Setelah itu, Anda bisa mulai gosok dari permukaan yang paling banyak berkarat. Jika melihat karatnya sudah mulai pudar, siapkan deterjen atau sabun khusus WD-40 untuk mencucinya. Setelah itu keringkan dan perhatikan peralatan Anda pasti terlihat lebih bersih

Menggunakan baking soda dan asam sitrat

Baking soda yang biasa dipakai untuk membuat kuat bisa dicampur dengan asam sitrat yang berasal dari air perasan jeruk. Untuk caranya sendiri, campurkan setengah sendok baking soda, asam sitrat dan setengah sendok garam. Kemudian aduk hingga merata, lalu dioleskan ke karat pada besi. Diamkan selama beberapa saat dan perhatikan, apakah karat yang menempel di besi tersebut sudah pudar atau belum. Cara menghilangkan karat versi ini bisa dibilang yang termudah karena bahan-bahannya bisa ditemukan di dapur Anda.

Menggunakan bahan bakar solar

Selain menggunakan bahan-bahan di atas untuk menghilangkan karat pada besi, Anda juga bisa menggunakan bahan yang cukup unik lainnya yaitu bahan bakar solar. Untuk penggunaan bahan bakar solar, memang lebih baik Anda menggunakannya untuk menghilangkan karat untuk barang perkakas seperti tang, obeng, dan yang lainnya. Namun, Anda juga bisa menerapkannya pada jam tangan besi Anda. Hanya saja bau yang ditimbulkan mungkin tidak akan mudah hilang, jadi harus memperhatikan langkah pembersihannya nanti. 

Langakahnya bisa Anda mulai dari rendam benda atau perkakas ke dalam solar dan membiarkannya semalaman. Sehingga, hari berikutnya Anda bisa memastikan apakah karat sudah mulai terlepas dari permukaan peralatan anda. Jika sudah, maka Anda bisa menyelesaikan proses menghilangkan karat dengan cara mengangkat benda dari rendaman solar, lalu menggosoknya dengan kain atau sikat gigi bekas untuk memastikan karatnya sudah hilang. 

Pada jam tangan, Anda hanya perlu menggosoknya dengan sikat gigi, lalu lap dengan kain basah bersabun, dan lap kembali dengan kain dengan air bersih. Keringkan dan Anda akan menemukan jam tangan akan lebih bersih. 

Menggunakan minum bersoda

Faktanya minuman bersoda bisa dijadikan salah satu bahan yang mudah ditemukan sebagai alternatif untuk menghilangkan karat pada besi. Adanya kandungan Asam fosfat dan asam karbonat yang memiliki PH antara 2-4 tergolong cukup rendah, namun bisa digunakan sebagai pilihan untuk membersihkan karat, karena cukup mudah ditemukan.

Caranya Anda bisa menyemprotkan atau menuangkan soda ke objek yang ingin dibersihkan, ataupun mencelupkan objek akan dibersihkan ke dalam larutan minuman bersoda ini. Setelah itu, jangan lupa bilas dengan air hangat lalu lap dengan kain bersih. Biasanya digunakan untuk menghilangkan karat pada mobil, dan membersihkan berbagai peralatan rumah tangga, dan membersihkan kloset kamar mandi. 

Menggunakan kentang

Kentang tidak hanya dibeli untuk dikonsumsi saja. Sebagai bahan makanan yang mengandung karbohidrat, kentang juga berguna untuk menghilangkan karat pada besi. Bagaimana caranya? Pertama, potong kentang menjadi dua terlebih dahulu. Jika sudah, blender kentang hingga halus dengan blender. Kalau tidak ada blender, Anda bisa menumbuk kentang juga.

Setelah halus, Anda campurkan kentang dengan sabun cuci piring. Lalu aduk hingga merata. Setelah itu, oleskan campuran tersebut ke karat pada besi. Biarkan campuran tersebut menempel di barang berkarat dalam beberapa waktu. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, gosok dengan spons dari alumunium foil. Jika sudah, bersihkan, siram atau cuci dengan air dan keringkan. Anda bisa menemukan karat yang awalnya menempel akan memudar setelah menerapkan ini. 

Baca Juga : Pilihan Ukuran Pipa Galvanis yang Bisa Dijumpai di Pasaran

Itulah enam cara menghilangkan karat pada besi dengan cepat dan mudah yang bisa Anda lakukan saat ini juga. Dengan enam cara menghilangkan karat yang sudah diberitahukan, Anda bisa memilih mana yang paling cocok untuk Anda terapkan. Pilih saja cara yang paling mudah, begitu juga dengan bahan-bahan yang diperlukan, supaya Anda tidak perlu merasa kerepotan. Kami anjurkan jangan samapi lupa untuk menggunakan sarung tangan, demi keamanan kulit Anda.  Semoga informasi ini memberikan inspirasi sekaligus bermanfaat untuk Anda. 

 

Jika Anda sedang dalam proyek konstruksi dan membutuhkan penggunaan Scaffolding, maka berkonsultasilah degan kami. PT. Indosteger Jaya Perkasa adalah pabrik sekaligus supplier berkualitas Scaffolding di Indonesia. Kami melayani jual dan sewa scaffolding. Selamat mencoba, semoga artikel di atas dapat bermanafaat.

Recent Articles