indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Pelajari 3 Cara Mengelas Besi bagi Pemula dengan Tepat

Memiliki kemampuan mengelas akan memudahkan Anda ketika ingin memperbaiki benda-benda di rumah secara mandiri. Tetapi apakah Anda tahu bagaimana cara mengelas besi dengan benar? 

Jangan main-main dengan alat las karena penggunaan yang tidak tepat bisa membahayakan diri Anda sendiri dan orang lain. Proses mengelas bisa sangat berbahaya dan berisiko karena melibatkan tegangan listrik tinggi untuk menghasilkan suhu yang sangat panas. 

Nantinya suhu panas inilah yang dapat membuat besi atau logam meleleh kemudian menyatu. Jika Anda baru pertama kali ingin mengelas maka informasi di bawah ini tepat untuk dibaca sampai selesai. Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini. 

Apa Saja Bahan dan Alat yang Dibutuhkan Untuk Mengelas Besi?

Sebelum membicarakan bagaimana cara mengelas yang tepat, Anda perlu mengetahui bahan dan alat yang dibutuhkan untuk melakukannya. Memahami apa saja peralatan yang digunakan tidak boleh Anda lewatkan karena menyangkut keselamatan selama proses mengelas. 

Peralatan untuk mengelas besi bisa Anda pahami menjadi tiga bagian yaitu alat-alat utama, keselamatan kerja, dan bantuan. Berikut masing-masing penjelasannya. 

1. Peralatan Utama

Alat-alat yang termasuk ke dalam kelompok ini tentunya merupakan peralatan yang sangat penting untuk membuat proses las berjalan lancar. Beberapa alat-alatnya seperti: 

  • Mesin las
  • Arus listrik (AC atau DC)
  • Kabel las berupa kabel elektrode, kabel massa, atau kabel tenaga
  • Electrode holder berupa tang elektrode atau penjepit elektrode

Keempat alat di atas menjadi peralatan utama yang dapat membuat besi meleleh dan akhirnya menyatu menjadi satu sesuai keinginan. Jadi jangan sampai alat-alat tersebut tidak ada ketika Anda ingin melakukan las.

Baca Juga: Jenis Kawat Las, Fungsi dan Cara Menggunakannya

Apabila Anda belum memilikinya dan ingin membeli, coba perhatikan kualitasnya. Pastikan Anda hanya memilih alat berkualitas supaya proses las lancar dan keselamatan pun terjamin. 

2. Peralatan Keselamatan Kerja

Proses las yang melibatkan arus listrik tegangan tinggi tentu memerlukan peralatan keselamatan yang menyeluruh. Meski terlihat menyusahkan karena harus memakai banyak alat pelindung, hal ini tetap harus dilakukan. 

Keselamatan Anda tetap menjadi prioritas nomor satu ketika ingin mengelas. Oleh karena itu Anda perlu menyiapkan serta mengenakan beberapa alat pelindung berikut: 

  • Topeng las = Berguna untuk melindungi area wajah. Contohnya mata Anda yang sangat sensitif terhadap cahaya. Ketika sinar dari las menyala sangat terang maka mata Anda bisa rusak jika tidak dilindungi oleh topeng. 
  • Masker las (blower isap) = Berguna untuk melindungi hidung serta sistem pernapasan Anda dari asap api yang tidak baik untuk dihirup.
  • Apron (pelindung dada) = Berguna untuk melindungi badan dari percikan api. 
  • Sarung tangan khusus welding atau las = Berguna untuk melindungi tangan Anda dari percikan api ketika mengelas. 
  • Sepatu pelindung = Berguna untuk melindungi kaki Anda dari percikan api. 

3. Peralatan Bantu

Selain peralatan utama dan keselamatan, ada lagi beberapa alat bantu yang sangat baik jika Anda memilikinya. Beberapa di antaranya seperti: 

  • Tang
  • Meja las
  • Mesin gerinda 
  • Palu kerak
  • Sikat baja
  • Klem 

Bagaimana Cara Mengelas Besi dengan Baik dan Benar?

Ini dia informasi yang sudah Anda tunggu-tunggu. Sudah siap? Jangan lupa mempersiapkan semua alat yang dibutuhkan. Taruh di posisi yang mudah dijangkau agar Anda tidak kesulitan menggunakannya ketika dibutuhkan. Pakai juga peralatan keselamatan yang lengkap agar Anda selamat dari percikan api. Baik, kalau sudah siap mari mulai mengelas!

1. Pembersihan Awal

Sebagai langkah awal, Anda perlu membersihkan permukaan besi yang ingin di las. Anda bisa membersihkan setiap kerak atau kotoran yang menempel dengan palu atau sikat baja. Pastikan seluruh permukaan sudah bersih agar tidak mengganggu proses lelehan yang akan dilakukan. 

Selanjutnya Anda bisa menaruh kedua bagian besi yang ingin dilelehkan di meja las. Rekatkan keduanya menggunakan tangan atau Anda bisa memakai klem untuk hasil yang maksimal. Siapkan juga mesin las serta elektrode yang sudah dijepit di penjepit elektrode. 

Pastikan elektrode sudah berada pada kemiringan yang tepat sesuai dengan posisi besi. Anda dapat menyesuaikannya menjadi 90 derajat, 40 derajat atau 30 derajat. 

2. Mulai Proses Mengelas

Kini Anda siap untuk mengelas! Ambil elektrode dan dekatkan ujungnya ke bagian besi yang ingin disambungkan. Mendekatkan ujung elektrode ke besi tidak bisa sembarangan. Jika jaraknya terlalu jauh maka hasil las menjadi tidak sempurna. 

Tetapi terlalu dekat juga tidak akan memberikan ruang bagi api untuk menyala dan melelehkan besi. Pastikan jaraknya ? dari tebal elektrode yang Anda gunakan.

Ketika jaraknya sudah tepat, Anda bisa melihat bahwa ada bagian elektrode yang mencair lalu menyatukan kedua besi. Permukaan besinya pun akan membentuk gelombang rapat dan teratur. 

3. Pembersihan Akhir

Setelah semua proses las selesai maka Anda bisa kembali melakukan pembersihan. Jika ada lelehan yang tidak sesuai tempatnya, Anda bisa langsung membersihkannya menggunakan palu atau sikat baja. 

Sebelum semua proses selesai, coba cek lagi seluruh bagian besi apakah sudah tersambung dengan baik atau belum. Pastikan seluruh besi sudah tertutup rapat dengan lelehan besi dari las. 

Jika hasil las belum sempurna maka Anda bisa menggunakan mesin gerinda untuk menghaluskan permukaan besi kemudian proses las berakhir. 

Bagaimana? Apakah Anda sudah mengerti cara mengelas besi dengan baik dan benar? Sebenarnya mengelas tidak sulit bukan? Anda hanya perlu memastikan semua peralatan sudah siap digunakan lalu sisanya akan berjalan lancar. 

Apabila Anda membutuhkan besi untuk menyambung perabot di rumah maka Indosteger menjadi tempat yang tepat untuk membelinya. Di Indosteger Anda dapat menemukan berbagai ukuran besi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, contohnya besi hollow 5x10 atau 10x10. 

Anda juga bisa melihat harga besi hollow 5x10 dan membandingkan dengan jenis besi lainnya langsung di website Indosteger. Segera hubungi tim Indosteger apabila Anda terkendala memilih besi atau melakukan pembayaran. Kunjungi Indosteger sekarang dan dapatkan bahan yang Anda cari!

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya