indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Ketahui Cara Tepat Cek Kualitas Besi Bangunan

Besi beton menjadi salah satu material utama bahan bangunan. Penggunaan besi beton untuk bangunan supaya bangunan menjadi lebih kuat dan kokoh. Jenis besi beton yang terdapat di pasaran ada berbagai macam. Setiap jenis besi beton digunakan tergantung dari kebutuhan konstruksi bangunan. Sebelum membeli besi beton, pastikan Anda mengetahui mengenai spesifikasi besi beton. Berikut ini spesifikasi besi beton untuk bangunan.

 

Ukuran dan Berat Besi Beton

Standar besi beton dalam Standar Nasional Indonesia yaitu sebesar 0,222 kilogram/meter hingga 17,4 kilogram/meter dengan tingkat toleransi penyimpangan mencapai maksimal 3,5% dari batasnya. Hal tersebut membuat harga besi beton berbeda satu dengan lainnya. Perbedaan tersebut dipengaruhi dengan ukuran dan juga diameter dari besi beton tersebut.

Keistimewaan Besi Beton

Terdapat 2 jenis besi beton mempunyai kode tertentu. Kode dari 2 jenis besi beton adalah BjTP dan BjTD. Kode dari besi beton memberi tanda mengenai perbedaan fungsi dan spesifikasi antara besi beton satu dengan besi beton yang lainnya. Untuk kode BjTP adalah singkatan dari Baja Tulang Polos. Baja tulang polos adalah jenis besi beton yang mempunyai tekstur polos. Sedangkan untuk BjTD adalah singkatan dari Baja Tulang Deform. Baja Tulang Deform merupakan jenis besi beton yang mempunyai tekstur kasar. Dua jenis besi beton ini mempunyai keistimewaan dalam segi manfaatnya. Beberapa keistimewaan dari besi beton, antara lain:

  1. Besi beton mempunyai sifat homogen. Sifat homogen tersebut menyebabkan mutu dan kualitas dari bahan besi beton menjadi lebih terjamin
  2. Besi beton mudah dipasang menggunakan alat fabrikasi bengkel
  3. Besi beton mempunyai tingkat deformasi yang cukup baik. Tingkat deformasi besi beton dapat bertahan di dalam tegangan yang tinggi sehingga membuat bangunan tetap dapat berdiri dengan kokoh dan tidak roboh.
  4. Besi beton mudah dipotong dan juga disambung menggunakan car alas
  5. Besi beton mampu bertahan dalam waktu yang sangat lama dan tidak mengalami penyusutan atau penurunan kualitas asalkan dirawat dengan cara yang tepat.
  6. Besi beton bekas bisa dilebur dan juga didaur ulang kembali sehingga dapat digunakan kembali.

Cara Memilih Besi Beton Berkualitas

Anda tidak dapat memilih besi beton secara sembarangan. Anda harus memperhatikan kualitas besi beton yang akan Anda beli. Memilih besi beton yang berkualitas akan membuat bangunan menjadi lebih kokoh dan juga kuat. Berikut ini cara untuk memilih besi beton yang berkualitas.

1. Merek Besi Beton SNI

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih besi adalah memperhatikan merek besi beton. Besi beton yang berkualitas mempunyai merek terdaftar di SNI. Beberapa merek besi beton yang berkualitas seperti besi beton MS, besi beton MSI, besi beton HJ, besi beton HSHI, dan besi beton KS.

2. Mempertimbangkan Kebutuhan dan Detail Besi

Anda juga perlu memperhatikan mengenai detail besi seperti ukuran besi beton, spesifikasi besi beton, berat besi beton dan juga Standar Nasional Indonesia. Jika detail tersebut sudah Anda perhatikan maka dipastikan besi yang Anda pilih mempunyai kualitas yang bagus. Selain itu Anda juga perlu membeli besi beton sesuai dengan kebutuhan yang Anda butuhkan.

3. Harga Besi Beton

Anda juga perlu memperhatikan mengenai harga besi beton. Jangan sampai Anda langsung membeli besi beton hanya karena tergiur harga yang murah. Besi beton yang mempunyai kualitas bagus mempunyai harga yang cukup tinggi. Harga besi beton juga dipengaruhi oleh diameter dan ukurannya. Meskipun begitu, terdapat beberapa jenis besi beton yang mempunyai harga yang relative terjangkau. Namun Anda harus tetap jeli dan teliti memilih besi beton yang mempunyai harga terjangkau supaya tetap bisa mendapatkan jenis besi beton yang berkualitas.

 

Itulah spesifikasi besi beton untuk bangunan yang perlu Anda ketahui. Pastikan Anda mengenali besi beton dengan baik supaya tidak salah membeli jenis besi beton yang Anda butuhkan. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda yang ingin membeli besi beton.

You May Also Like