indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Ketahui Cara Tepat Cek Kualitas Besi Bangunan

 

Dalam proses pengerjaan suatu bangunan tentunya membutuhkan bahan bangunan yang mempunyai kualitas bagus. Salah satu bahan bangunan yang dibutuhkan untuk proses pengerjaan adalah besi. Besi mempunyai peranan penting supaya bangunan yang dikerjakan dapat berdiri dengan kokoh dan kuat. Untuk dapat mendirikan suatu bangunan tentunya tidak cukup dengan hanya menggunakan satu jenis besi saja. Terdapat berbagai jenis besi yang digunakan untuk proses pengerjaan suatu bangunan. Besi-besi yang dibutuhkan untuk proses pengerjaan suatu bangunan meliputi besi plat, besi siku, besi kanal, besi beton dan jenis besi yang lainnya. 

Meskipun menggunakan berbagai jenis besi, Anda perlu teliti dalam membeli besi yang dibutuhkan. untuk dapat membuat bangunan yang kokoh dan kuat membutuhkan besi yang berkualitas. Besi yang mempunyai kualitas buruk dapat mempengaruhi struktur bangunan. Berikut ini cara mengetahui kualitas besi bangunan. 

 

Harga 

Cara mengetahui kualitas besi bangunan yang perlu diperhatikan adalah dari harga besi. Banyak sekali toko bangunan yang menjual besi dengan harga murah agar dapat menarik banyak pembeli. Meskipun harga memang sering menjadi penentu dari kualitas tersebut. Umumnya besi yang mempunyai kualitas yang bagus juga memiliki harga yang cukup tinggi. Namun terdapat pula besi dengan kualitas bagus mempunyai harga yang relatif terjangkau. Untuk dapat mengetahui kualitas besi bangunan tersebut, Anda perlu membandingkan antara harga besi dengan kualitas yang ditawarkan. Mengingat ada besi kualitas bagus yang dijual dengan harga yang terjangkau. Dengan begitu, Anda dapat membeli besi berkualitas dalam jumlah yang banyak dengan harga yang terjangkau. 

Merek

Cara lainnya yang perlu Anda perhatikan untuk mengetahui kualitas besi bangunan adalah dengan mengecek merek dari besi tersebut. Kualitas besi dapat dilihat dengan melihat mereknya. Merek besi dapat dilihat pada permukaan besi. Umumnya terdapat merek pada permukaan besi yang bisa dilihat. Ketika Anda akan membeli besi, pastikan Anda mengecek bagian permukaan besinya terlebih dahulu untuk dapat melihat merek besi. Jika permukaan besi mempunyai merek besi yang sudah terpercaya dan sudah mempunyai Standar Nasional Indonesia, maka besi tersebut mempunyai kualitas yang bagus. Namun jika merek besi tersebut kurang terpercaya dan tidak mempunyai Standar Nasional Indonesia, maka Anda perlu menanyakannya kepada pihak toko untuk memastikan kualitas besi tersebut. 

Ukuran Besi

cara mengetahui kualitas besi selanjutnya yang bisa Anda perhatikan adalah dengan memperhatikan ukuran besi yang akan dibeli. Ukuran besi juga dapat dijadikan sebagai salah satu faktor untuk menilai apakah besi tersebut mempunyai kualitas yang bagus atau buruk. Besi yang mempunyai kualitas bagus umumnya mempunyai diameter, lebar dan juga panjang yang sesuai. Dengan artian, apabila Anda ingin membeli besi yang mempunyai diameter sebesar 20 milimeter, maka besi yang akan Anda beli juga harus mempunyai diameter 20 milimeter dan panjang serta lebarnya sesuai dengan 20 milimeter. 

Hal tersebut perlu Anda perhatikan dengan teliti. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa besi yang mengalami penyusutan. Penyusutan tersebut membuat perubahan dalam ukuran besi seperti ukurannya menjadi berbeda beberapa milimeter. Besi yang sudah mengalami penyusutan atau pemuaian, tidak dapat dimasukkan sebagai besi yang berkualitas dan tidak sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). 

Jenis Besi

Cara mengetahui kualitas besi bangunan berikutnya adalah dengan memperhatikan jenis besi. Jenis besi juga menjadi salah satu faktor penentu untuk mengetahui apakah besi tersebut mempunyai kualitas yang bagus atau tidak. Jenis-jenis besi yaitu besi beton ulur, besi beton dan juga beton polos. Untuk jenis besi beton ulur mempunyai sirip yang menandakan bahwa besi tersebut mempunyai kualitas yang bagus. Kemudian untuk besi polos umumnya mempunyai ciri-ciri licin, polos dan juga mudah dibentuk. Berbagai besi mempunyai ciri masing-masing untuk menandakan kualitasnya. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui berbagai ciri dari setiap jenis besi. Terutama ciri dari jenis besi yang akan Anda beli. 

 

Itulah beberapa cara untuk mengetahui kualitas besi bangunan. Pastikan Anda benar-benar membeli besi yang berkualitas agar proses pengerjaan bangunan dapat berjalan dengan lancar dan bangunan milik Anda dapat berdiri dengan kokoh. 

You May Also Like