indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Macam Macam Besi Pada Konstruksi Bangunan

Ada beragam jenis besi untuk konstruksi bangunan. Hampir semua bangunan pasti menggunakan berbagai jenis besi konstruksi berbeda untuk berbagai fungsi. Masing-masing besi yang digunakan untuk konstruksi bangunan juga mempunyai kegunaan khusus yang berbeda satu dengan lainnya.
 

Jenis-Jenis Besi Konstruksi

Sebagai salah satu elemen paling penting dalam konstruksi bangunan, Anda perlu memahami macam-macam besi agar tidak salah pilih. Sebagai informasi dan referensi agar Anda bisa memilih jenis besi yang tepat, mari simak ulasan di bawah ini!
 

1. Besi H-beam

Jenis besi yang pertama adalah besi H-beam. Jenis besi satu ini merupakan jenis baja yang umum dipakai untuk konstruksi bangunan. Besi yang terbuat dari baja ini memiliki bentuk seperti balok ini secara teknis disebut hot rolled dan punya bentuk yang menyerupai huruf H. Bukan untuk membangun rumah untuk tempat tinggal, jenis besi ini biasa dipakai untuk membangun konstruksi besi pada jembatan dan proyek gedung-gedung besar.
 

2. Besi Beton

Jenis besi berikutnya mungkin sudah tidak asing di telinga Anda yaitu besi beton. Jenis besi ini umum dipakai untuk tulang pai siku dengan sudut kemiringan 90 derajat. Anda bisa menemukan besi siku dalam sejumlah ukuran, mulai dari 2 cm, 3 cm, 4 cm, hingga 5 cm. Besi ini umum dipakai untuk konstruksi besi pada tangga, rak besi, menara air, dan sejumlah kebutuhan konstruksi lainnya.

Karena dikenal sangat kokoh dan bisa bertahan lama, beton hampir dipakai untuk semua pondasi bangunan modern saat ini dan menjadikannya salah satu bahan konstruksi yang paling umum.

Baca juga: Daftar Ukuran dan Berat Besi Beton Sesuai SNI
 

3. Besi Expanded Metal

Jenis besi expanded metal merupakan besi yang terbuat dari plat baja berlubang. Besi ini memiliki bentuk jaring-jaring dan terkenal karena kekuatannya. Meskipun sangat kuat, besi expanded metal juga ringan karena terbuat dari plat baja yang disayat dan ditarik tanpa proses pengelasan. Tidak jauh berbeda daripada jenis besi lainnya, besi ini pun tersedia dalam berbagai ukuran dan fungsi berbeda.
 

4. Besi Siku

Jenis besi berikutnya adalah besi siku. Sesuai namanya, besi siku memili bentuk siku-siku atau kemiringan 90 derajat. Dinamakan besi siku karena besi ini merupakan varian besi yang bentuknya memang menyerukan hollow hitam.
 

5. Besi Hollow Galvanis

Jenis besi berikutnya dalam daftar ini adalah besi hollow galvanis. Jenis besi ini berbentuk kotak dengan bagian tengahnya yang kosong. Besi hollow ini dibuat dari baja yang dicampur dengan galvanis dan ditutupi dengan lapisan seng dan aluminium. Fungsi besi yang berbentuk kotak ini juga sangat banyak, di antaranya adalah untuk konstruksi besi pagar, tulangan kanopi, pintu gerbang, atau railing. 

Jenis besi hollow galvanis ini memiliki kelebihan yang lebih tahan karat dibandingkan dengan jenis besi hollow hitam. Keunggulan tersebut dtitambah membuat umur besi hollow galvanis ini lebih panjang dibandingg-tulang pada pondasi bagunan, sehingga membuatnya disebut sebagai beton bertulang.

Besi ini secara umum terdiri dari dua model, yakni besi ulir (deformed bar) dan besi polos (plain bar). Dengan manfaatnya yang besar untuk konstruksi besi pada pondasi bangunan, besi berbentuk kotak ini bekerja saling melengkapi dengan beton bangunan.
 

6. Besi Plat

Umum dipakai sebagai bahan baku utama dalam pembuatan kendaraan beroda empat, kapal, dan berbagai mesin, besi plat menjadi salah satu jenis besi yang paling sering dipakai. Besi yang memiliki bentuk lempengan ini juga sering dipakai untuk sejumlah kebutuhan konstruksi bangunan dan alat-alat rumah tangga. Jenis besi konstruksi ini sangat sering digunakan dan menjadi primadona karena diketahui punya daya tahan sangat baik terhadap korosi.
 

7. Besi Wide Flange (WF)

Jenis besi konstruksi satu ini mempunyai bentuk yang hampir mirip dengan besi H-beam. Bedanya, besi wide flange memiliki kekuatan pada gaya tekan dan gaya tariknya yang jauh lebih tinggi dibandingkan besi H-beam. 

Keunggulannya tersebut membuat jenis besi ini umum dipakai sebagai material konstruksi besi yang terbuat dari baja untuk berbagai kebutuhan konstruksi bangunan. Kekuatannya juga membuat besi konstruksi ini dapat menjadi material untuk struktur konstruksi bangunan yang lebih efisien.
 

8. Besi Pipa

Disebut besi pipa karena jenis besi satu ini mempunyai bentuk bulat panjang berbentuk pipa. Besi pipa merupakan salah satu jenis besi konstruksi yang paling sering dipakai dalam konstruksi bangunan, sehingga mungkin lebih dikenal dibanding macam-macam besi lain.

Manfaat pipa besi juga beragam. Jenis besi konstruksi satu ini tidak hanya bisa dipakai untuk konstruksi bangunan tetapi juga untuk membuat perabotan seperti tiang lampu. Besi yang sebenarnya dibuat dari bahan baku utama berupa baja ini juga sering dipakai dalam proses penyaluran bahan-bahan tambang cair.
 

9. Besi Wiremesh

Besi wiremesh memiliki tampilan yang menyerupai sebuah anyaman yang berpotongan satu sama lain. Jenis besi ini telah melalui proses yang sempurna sehingga terhubung dengan baik.

Besi wiremesh terkenal karena kekuatannya. Hal ini juga membuat jenis besi ini umunya digunakan sebagai penguat atau tulang dalam konstruksi jalan, bangunan, dan rumah. Saking kuatnya, bahan ini juga tidak jarang digunakan untuk membangun jalan tol.

Besi wiremesh sendiri memiliki dua jenis: lembaran dan gulungan.  Dari namanya, besi wiremesh lembaran adalah jenis lembaran yang umumnya memiliki ukuran besi 210 x 540 cm. Sementara itu, besi wiremesh gulungan  adalah versi gulungan dari wiremesh yang umumnya berukuran meter lari dengan lebar 210 cm.
 

10. Besi CNP

Terakhir dalam daftar jenis-jenis besi konstruksi ini adalah besi CNP. Besi CNP adalah besi kanal, besi yang terbentuk dari material plat coil atau galvanium berlapis krom, yang memiliki bentuk C. Besi ini merupakan salah satu bahan bangunan yang akan sering Anda lihat di tempat konstruksi.

Besi yang umumnya memiliki panjang 6 meter ini dikenal dapat digunakan untuk membangun banyak elemen eksterior rumah Anda. Misalnya, Anda dapat menggabungkan besi CNP untuk membangun pagar rumah Anda. Besi ini juga dapat Anda gunakan untuk membuat penutup atau rangka atap rumah Anda.

Nah, itulah informasi tentang macam-macam besi untuk konstruksi bangunan yang perlu Anda ketahui. Untuk mendapatkan produk besi terbaik, Anda perlu membelinya dari pihak yang tepat. Misalnya, pastikan Anda mendapatkan harga besi galvanis terbaik dari distributor yang terpercaya. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan macam-macam besi berkualitas dengan harga yang bersahabat.

Recent Articles