indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Cara Menghemat Listrik Untuk Rumah Tangga

 

Listrik memang sudah jadi kebutuhan tak terpisahkan dari rumah tangga. Segala barang elektronik yang ada di rumah hampir pasti membutuhkan listrik untuk bisa menyala. Alhasil, ketika banyak barang di rumah Anda yang mengonsumsi daya listrik, tagihan bulanan pun akan semakin membengkak. Lantas, bagaimana cara menghemat listrik untuk keperluan rumah tangga?

Apa Saja Cara Menghemat Listrik di Rumah?

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menghemat energi listrik di rumah:

1. Bijak menggunakan AC

AC merupakan salah satu peralatan elektronik yang umumnya memiliki porsi cukup besar dalam konsumsi listrik bulanan sebuah rumah. Maka dari itu, tidak heran salah satu cara menghemat listrik yang paling umum serta paling mudah adalah dengan menggunakan AC sesuai kebutuhan.

Masih banyak orang membiarkan AC rumah menyala bahkan ketika tidak ada seorang pun di dalamnya. Contoh, AC ruang tamu terus dibiarkan menyala ketika pengunjung sudah pulang dan penghuni rumah masuk ke kamar masing-masing. Atau bisa juga AC kamar tidur ditinggal menyala meski penghuninya sedang keluar untuk sekolah atau bekerja. 

Hal seperti ini sudah pasti akan meningkatkan tagihan listrik Anda per bulan. Padahal, kalau Anda mau meminimalisir penggunaannya dan selalu ingat mematikan AC ketika tidak digunakan, tagihan tersebut bisa ditekan. 

Bisa juga Anda memilih jenis AC hemat energi atau yang sudah dilengkapi dengan pengaturan suhu otomatis sebagai cara menghemat listrik di rumah. Tidak jarang kabel AC bisa menyebabkan korsleting listrik di rumah.

2. Pilih mesin cuci sesuai kebutuhan 

Jika Anda benar-benar ingin menurunkan biaya listrik rumah tangga, maka pilihlah mesin cuci sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas. Sebab, semakin besar kapasitas mesin cuci, maka akan semakin besar konsumsi listriknya. 

Katakanlah Anda membeli mesin cuci kapasitas besar padahal kebutuhannya hanya setengah dari itu. Tentu saja ini sebuah pemborosan yang seharusnya bisa lebih dihemat. Maka dari itu, untuk mendapatkan mesin cuci yang efektif, lihatlah kapasitas dan daya listrik yang dibutuhkan saat membeli.

Baca juga: Membuat Lampu Hias dari Paralon

3. Bijak menggunakan kulkas

AC dan kulkas adalah dua barang yang memiliki kebutuhan listrik yang sangat besar. Berbeda dengan AC, kulkas merupakan alat elektronik yang harus berfungsi setiap saat, apalagi jika Anda menyimpan makanan di dalam kulkas Anda.

Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan kebutuhan rumah Anda saat membeli kulkas. Semakin besar ukuran kulkas umumnya akan sebanding dengan penggunaan listrik. Lalu, Anda juga ingin memastikan bahwa kulkas yang Anda beli dapat diatur suhunya, sehingga Anda dapat menurunkan suhu kulkas saat Anda bepergian sebagai salah satu cara menghemat listrik di rumah Anda.

Bila memungkinkan, matikan saja kulkas ketika tidak dipakai. Kalau saat ini ada lebih dari satu kulkas di rumah Anda, maka kurangi jumlahnya sesuai yang dibutuhkan saja.

4. Manfaatkan pohon dan tanaman

Menjaga kesejukan udara di rumah merupakan salah satu alasan yang bisa menyebabkan penggunaan listrik di sebuah rumah meningkat akibat penggunaan AC atau kipas angin yang berlebihan. Sebagai alternatif, Anda bisa meningkatkan keberadaan tanaman hijau di dalam dan sekitar rumah Anda.

Jika Anda memiliki lahan berlebih, Anda bisa membuat area taman dan menempatkan tanaman hijau. Area taman tersebut juga bisa Anda gunakan sebagai tempat bersantai ketika cuaca sedang tepat.

Taman tidak hanya bisa Anda buat di luar rumah tetapi juga  di dalam rumah. Anda bisa membuat sebuah ruang terbuka yang berisikan tanaman. Pastikan ruangan tersebut memiliki ventilasi udara yang baik serta pencahayaan alami yang baik.

5. Penggunaan Lampu Hemat Energi

Salah satu cara menghemat listrik di rumah yang sering terlewatkan adalah penggunaan lampu yang hemat listrik. Orang-orang mungkin berpikir bahwa lampu hanyalah alat elektronik kecil yang tidak akan membuat tagihan listrik membengkak. Faktanya, penggunaan lampu bisa jadi salah satu faktor tagihan listrik membengkak karena waktu penggunaannya.

Untuk menghemat listrik, Anda bisa menggunakan lampu LED. Walaupun harganya lebih mahal, lampu LED akan membuat Anda menghemat lebih banyak uang dari berkurangnya tagihan listrik Anda.

6. Cabut Kabel dari Stop Kontak

Cara menghemat listrik di rumah satu ini mungkin adalah yang paling sering disepelekan. Stop kontak adalah salah satu peralatan elektronik yang cukup sering terabaikan. Hal ini mungkin karena ukurannya yang kecil. Tetapi, penggunaan stop kontak yang berlebihan dapat membuat tagihan listrik Anda membengkak. Mengapa demikian?

Hal ini dapat terjadi jika Anda tidak mengawasi kabel-kabel yang terhubung pada stop kontak. Kabel-kabel seperti charger laptop atau HP serta kabel TV yang tidak digunakan sekalipun masih membutuhkan daya listrik. Walaupun kecil, jika Anda terus-terusan melakukannya, bukan tidak mungkin tagihan listrik Anda dapat membengkak.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mulai awas diri dengan mencabut kabel perangkat elektronik yang sudah tidak digunakan. Selain nama-nama yang barang yang telah disebutkan di atas, Anda juga bisa memperhatikan barang seperti rice cooker, kipas angin, dan lampu. Walaupun terlihat kecil, kebiasaan-kebiasaan seperti ini dapat membantu Anda mengurangi penggunaan aliran listrik.

7. Menggunakan Listrik Prabayar

Salah satu cara  menghemat listrik yang paling efektif adalah dengan menggunakan sistem prabayar. Mengapa demikian?

Karena dengan sistem listrik prabayar, Anda akan membayar di awal sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan listrik Anda. Sistem ini juga efektif jika Anda ingin mengetahui seberapa besar kebutuhan arus listrik di rumah Anda setiap bulannya.

8. Memanfaatkan Cahaya Matahari

Cara menghemat energi listrik yang berikutnya adalah dengan memanfaatkan cahaya matahari. Anda dapat menggunakan sinar matahari sebagai sumber pencahayaan di pagi dan sore hari. Dengan begitu, Anda dapat hemat listrik dengan mematikan lampu selama hari masih terang.

9. Buat ventilasi udara yang baik 

Selain menggunakan tanaman, cara menghemat listrik di rumah juga bisa dengan membuat ventilasi yang baik dan cukup. Kebanyakan tipe rumah zaman sekarang adalah model dengan ventilasi minim sehingga setiap sudut di dalamnya harus diberikan penerangan agar tidak gelap dan pengap. Anda pun akan menyalakan AC untuk menjaga udara di dalam ruang tidak panas. Kalau mau sedikit usaha dan melakukan perombakan, Anda bisa menambahkan ventilasi silang di beberapa bagian rumah agar pemakaian listrik bisa dihemat. 

Itulah dia beberapa tips cara menghemat listrik di rumah. Menghemat listrik mungkin terdengar sulit dan ribet pada awalnya. Tetapi, Anda harus ingat bahwa dengan menghemat konsumsi listrik, Anda bisa mendapatkan sedikit lebih banyak keleluasaan dalam bidang finansial dan bahkan bisa membantu gerakan ramah lingkungan.

Sehubungan dengan ide membuat taman dan menambah ventilasi di dalam rumah sebagai cara menghemat listrik, mungkin Anda perlu melakukan sedikit renovasi. Tidak perlu membongkar seluruh bagian, cukup hanya di beberapa ruangan yang memang perlu ventilasi agar lebih sejuk dan terang. Untuk mendukung kelancaran proses renovasi, Anda bisa menggunakan jasa sewa scaffolding Indosteger. 

Baca juga: 6 Material yang Wajib Ada di Desain Rumah Industria

Recent Articles