indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Korsleting Listrik, Ini 10 Penyebabnya

Korsleting listik adalah hal yang wajib dihindari. Listrik memang sangat dibutuhkan untuk keperluan sehari-hari, tetapi bila penggunaannya tidak diawasi dengan benar, listrik dapat menimbulkan bencana. Sebagian besar penyebab terjadinya kebakaran pada rumah, kantor, atau bahkan kendaraan bermotor adalah korsleting listrik. 

 

Korsleting listrik atau hubungan arus pendek adalah terjadinya lonjakan arus listrik besar yang tidak sesuai dengan nilai hambatan penghantar arus listrik tersebut. Lonjakan tersebut yang nantinya akan mengeluarkan percikan api atau pada beberapa kasus sampai menimbulkan ledakan.

 

10 Penyebab Korsleting Listrik

Agar terhindar dari kebakaran yang disebabkan oleh korsleting listrik, ada baiknya untuk mengenali penyebab terjadinya hubungan arus pendek tersebut. Berikut adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan hubungan arus pendek:


1. Peralatan listrik yang terkena cairan

Cairan yang mengenai peralatan atau sumber listrik dapat menyebabkan korsleting listrik. Karena itu, letakkan benda yang mengandung cairan sejauh mungkin dari peralatan atau sumber listrik untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.


2. Peralatan listrik yang terlalu berdekatan dengan sumber panas

Selain cairan, panas berlebih juga dapat menyebabkan korsleting listrik. Sumber listrik yang terpapar panas berlebih dapat menimbulkan percikan api. Maka, usahakan untuk menjauhkan peralatan listrik dari sumber panas seperti kompor.

Baca juga: 8 Jenis Atap Kanopi yang Kuat dan Tahan Lama


3. Kabel tidak sesuai kapasitas

Hal yang sering menyebabkan terjadinya korsleting listrik adalah penggunaan ukuran serta kapasitas kabel yang tidak sesuai dengan arus listrik yang dihantarkannya. Ukuran kabel harus disesuaikan dengan besar arus listrik yang dilewatinya, semakin besar arus listrik, semakin besar pula kabel yang diperlukan.


4. Sambungan kabel tidak rapi

Sambungan kabel yang tidak rapi juga berpotensi menyebabkan korsleting listrik. Untuk itu, usahakan untuk menyambung kabel secara rapi, baik ketika hendak menyolder atau memberi isolator, sehingga potensi hubungan arus pendek dapat diminimalkan.

Baca juga: Kepanjangn K3LH dan Perkembangannya di Indonesia

 

5. Karet isolator aus

Kondisi karet isolator yang kurang baik dapat menyebabkan korsleting listrik. Untuk mencegahnya, lakukan pemeriksaan kondisi kabel-kabel pada peralatan listrik serta jaringan kelistrikan rumah. Segera ganti kabel yang telah termakan usia agar tidak menyebabkan hubungan arus pendek.

 

6. Instalasi listrik yang berantakan

Instalasi listrik yang tidak tertata memiliki potensi besar menyebabkan korsleting listrik pada bangunan. Usahakan untuk meminta bantuan tenaga ahli untuk memasang jaringan kelistrikan pada bangunan agar terhindar dari penyesalan di kemudian hari.

 

7. Terlalu banyak menumpuk colokan listrik

Hal lain yang dapat menyebabkan korsleting listrik adalah terlalu banyak menumpuk kontak T atau sejenisnya pada colokan listrik. Penumpukan pada colokan listrik dapat menyebabkan panas berlebih pada kontak listrik.

 

8. Kontak colokan kendur

Selain penumpukan pada colokan listrik, kontak listrik yang kendur juga dapat menyebabkan korsleting listrik. Posisi colokan yang tidak stabil dapat menimbulkan percikan api yang berpotensi menyebabkan hubungan arus pendek.

 

9. Penggunaan komponen atau peralatan tidak sesuai standar

Penggunaan komponen atau peralatan listrik yang tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan berisiko menimbulkan korsleting listrik. Harga murah memang menggiurkan, tetapi keselamatan lebih penting. Untuk itu, pastikan peralatan atau komponen listrik yang digunakan sudah berstandar SNI atau LMK.

 

10. Penggunaan listrik secara ilegal

Penambahan daya secara ilegal atau memodifikasi KWH Meter sudah pasti dapat meningkatkan risiko korsleting listrik. Tidak hanya bagi diri sendiri, penggunaan listrik secara ilegal juga dapat membahayakan bangunan yang terhubung pada sumber listrik yang sama.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kerapian pemasangan jaringan listrik dalam bangunan berperan penting sebagai salah satu pencegahan terhadap korsleting listrik. Hal ini berlaku untuk setiap bangunan, baik itu rumah maupun kantor. 

Rumah atau gedung bergaya minimalis biasanya memudahkan dalam mengurutkan alur kabel sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya korsleting listrik. 

Desain minimalis pada railing tangga yang umumnya dibuat dari bahan besi hollow dapat melengkapi dekorasi interior rumah minimalis Anda. Meski bahan baja ringan dan besi hollow berisiko menghantarkan listrik di rumah, selama instalasi listrik dilakukan dengan benar, risiko tersebut dapat dihindari. 

Beragam besi hollow Galvanis, UNP besi galvanis hingga CNP besi galvanis dapat dipilih pada situs web Indosteger, perusahaan penyedia peralatan konstruksi bangunan terkemuka di Jakarta. Indosteger juga melayani jasa sewa scaffolding SE-JABODETABEK dan jual scaffolding untuk seluruh wilayah di Indonesia. 

Baca juga: 7 Keunggulan Kelemahan Atap Galvalum dan Harganya
 

Recent Articles