indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Mengetahui Cara Menghitung Kemiringan Atap Rumah

Bagaimana cara menghitung kemiringan atap rumah? Setiap rumah pasti memiliki atap dengan tingkat kemiringan berbeda-beda. Semuanya tergantung dari bagaimana konstruksi bangunan tersebut dirancang.

Di dalam perjalanannya, mengetahui kemiringan konstruksi atap rumah sangat penting. Khususnya ketika Anda sedang ingin merenovasi atau membangun rumah baru. Agar bisa mendapatkan atap rumah yang kokoh, Anda juga harus menggunakan rangka hollow yang ringan dan tahan lama. 

Namun sebelum itu, mari menghitung kemiringan atap rumah dengan rumus yang diberikan di bawah ini. Berikut penjelasannya.

Kemiringan Atap Rumah

Seperti yang sudah disinggung di atas, atap rumah pasti memiliki kemiringan dengan berbagai macam alasan. Salah satunya adalah secara alami menurunkan air hujan yang mengenai atap rumah. 

Sebenarnya, atap rumah memiliki standar sudut kemiringan tersendiri. Biasanya di antara 30 derajat hingga 50 derajat. Tidak lebih dan tidak kurang. Namun terkadang ada juga yang memilih membangun atap rumah dengan tingkat kemiringan lebih curam lagi. Tentu saja hal itu membuat tampilan rumah lebih menarik dan orisinil karena jarang diaplikasikan.

Namun masalah bisa muncul seiring berjalannya waktu. Konstruksi memang bisa bertahan. Namun kualitas atap pelana yang dipasang bisa memburuk. Apalagi ketika sudut kemiringan melebihi 50 derajat. Struktur atap secara keseluruhan tidak cukup mengatasi beban angin. Kekuatan yang seharusnya dimiliki malah hilang.

Dengan kondisi ini, Anda sebaiknya mengenal cara perhitungan atap rumah dengan tepat. 

Cara Menghitung Kemiringan Atap Rumah

Cara menghitung yang diberikan bisa berlaku untuk dua kondisi. Anda ingin memasang atap rumah untuk pertama kali atau ingin mengganti atap rumah dengan yang baru. Apapun kondisinya, lakukan cara perhitungan berikut ini.

1. Cek Panjang Setengah Alas Atap Rumah

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecek panjang setengah alas atap rumah. Maksud dari setengah alas atap rumah adalah mengukur panjang sisi samping atap rumah lalu dibagi dua. Jika total panjang sisi samping atap rumah adalah 8 meter, maka angka yang Anda pakai adalah 4 meter.

2. Mengetahui Tinggi Atap Rumah

Selanjutnya, Anda bisa mengukur tinggi atap rumah. Mengukurnya dari batas plafon rumah hingga ke sisi atap paling tinggi yang biasanya terlihat seperti belahan atau pemisah atap rumah. Contoh yang dipakai adalah 2,8 meter.

3. Menghitung Kemiringan Atap Rumah

Sekarang waktunya menghitung dengan menggunakan rumus phytagoras: c² = b² + a². Penjelasannya, a adalah tinggi atap, b adalah alas atap, dan c adalah kemiringan atap. Jadi yang dicari adalah nilai dari c.

√ Alas² + Tinggi² = kemiringan atap
√ 4² + 2,8² = kemiringan atap
√ 16 + 7,84 = kemiringan atap
√ 23,84 = kemiringan atap
4,88 meter = kemiringan atap

Dengan perhitungan di atas, maka kemiringan atap adalah 4,88 meter. Ya, perhitungan ini bukan melihat derajat, melainkan berapa meter kemiringannya. 

Cara di atas sangat mudah untuk Anda aplikasikan sendiri rumah. Perhitungan ini menjadi solusi yang menghasilkan jalan keluar ketika Anda ingin mengganti atap rumah dengan yang baru. 

Jika memang ingin membangun atap rumah dengan kokoh dan kuat, jangan hanya atap saja yang diperhatikan. Rangka atap pun perlu memakai material konstruksi berkualitas seperti rangka hollow. Berapa harga dari rangka hollow? Anda bisa mendapatkan seluruh informasi terkait rangka hollow bersama Indosteger. Dengan informasi cara menghitung kemiringan atap rumah, dapatkan harga rangka hollow beserta produk lengkapnya bersama Indosteger.  
 

Recent Articles