indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Cara Menghitung Kubikasi Beton Yang Benar untuk Proyek Konstruksi Bangunan

Menghitung kubikasi beton adalah hal pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan pengerjaan konstruksi bangunan. Mengapa ini sangat penting? Keberadaan beton sebagai bahan utama harus benar-benar diperhatikan, agar bangunan yang akan dikerjakan bisa berdiri kokoh, dan sesuai dengan perencanaan awal.

Kolom beton merupakan satu komponen penting yang harus ada pada sebuah konstruksi. Dalam membangun rumah atau bangunan lain, keberadaannya memiliki peran utama sebagai konstruksi. Salah satu dari fungsi kolom beton pada konstruksi bangunan adalah menahan agar struktur tidak mudah roboh dan menyangga komponen yang akan dipasang. Maka dari itu, menghitung volume beton sangat diperlukan sebagai langkah awal untuk menghindari kemungkinan terburuk.

Kubikasi Beton

Salah satu komponen yang menjadi bagian dari struktur bangunan adalah sloof. Sloof berbentuk seperti balok yang diletakkan secara horizontal. Pada sebuah konstruksi atau bangunan, sloof dipasang di antara pondasi yang terdiri dari bebatuan dan dinding. Sloof dipasang dengan cara memanjang.

Sloof sendiri memiliki peran penting untuk menyangga beban dari dinding dan komponen di sekitarnya. Dengan demikian, kekuatan akan merata pada kolom tiang dan juga pondasi yang terbuat dari bebatuan. Sloof juga memiliki fungsi sebagai pengikat kolom-kolom yang ada pada satu konstruksi bangunan, misalnya rumah atau perkantoran.

Sloof yang kokoh akan menghasilkan kolom beton yang kuat, sehingga bisa menghindari kemungkinan terburuk, seperti ambruk atau roboh. Sloof pada umumnya dipasang saling menyambung, sehingga menciptakan kekuatan maksimal untuk menyangga apa pun di sekitarnya.

Menghitung Volume Beton

Pembuatan sloof atau tulang beton pada umumnya dihitung dalam satuan meter kubik. Meskipun begitu, perhitungan sloof sebagai tulang beton memiliki hubungan penting dengan material lain, salah satunya adalah pembesian. Ini yang menjadikan proses penghitungan tulang beton saling bersinggungan dengan penghitungan bahan yang lain. Dengan menghitung tulang beton, itu artinya Anda juga harus menghitung beberapa bagian lain sekaligus, karena antara satu dengan yang lain saling menyambung dan terkait.

  • Volume Beton

Untuk memastikan berapa banyak beton yang akan dipasang pada sloof, Anda harus volume beton yang akan terpasang. Anda bisa mengalikan panjang sloof dengan lebar dan tingginya. Rumus sederhana ini merupakan formula volume untuk bangun ruang pada matematika. Oleh karena itu, Anda tidak perlu berpikir terlalu rumit.

Contohnya, sloof memiliki panjang yang sama dengan pondasi. Yaitu 20 meter. Sedangkan untuk lebar dan tingginya adalah 15 centimeter dan 20 centimeter. Maka, yang perlu Anda lakukan adalah menghitung 20 x 15 x 20. Setelah mendapatkan hasilnya, tetap simpan dan ingat hitungan tersebut untuk digabungkan dengan hitungan yang lain.

  • Menghitung Volume Bekisting Sloof

Setelah mengetahui volume beton, kini Anda dapat melakukan proses selanjutnya, yaitu bekisting. Bekisting sloof akan diletakkan secara memanjang pada kedua sisinya. Maka dari itu, Anda perlu menghitungnya agar bisa sesuai dengan komponen yang lain. Menghitung volume bekisting sloof sangat mudah, hanya dengan mengalikan tinggi dan panjang sloof dan dikalikan lagi dengan 2, karena memiliki dua ujung yang diletakkan sama-sama memanjang.

  • Menghitung Volume Pembesian

Cara yang terakhir adalah menghitung volume pembesian. Anda perlu menghitung besi yang akan dipakai untuk proses penulangan sloof. Menghitungnya cukup mudah, yaitu dengan mengalikan jumlah tulang sloof dengan panjang sloof. Misalnya, tulangan utama berjumlah 4 buah, cukup kalikan 4 x 20 meter. Dengan demikian, Anda telah mendapatkan hasil dari volume pembesian.

Anda bisa mendapatkan bahan-bahan dan material dalam membuat sloof beton di Indosteger. Indosteger memiliki berbagai bahan bangunan dengan kualitas tinggi. Anda juga bisa berkonsultasi untuk menentukan material dan rental scaffolding yang akan digunakan untuk membuat sloof beton.

You May Also Like