indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Inilah Cara Menyambung Besi Hollow Tanpa Las

Kekurangan alat konstruksi bukan menjadi halangan berjalannya proyek pembangunan, karena ada cara menyambung besi hollow tanpa las yang bisa digunakan. Salah satu keunggulan besi hollow adalah bentuknya ringan jadi mudah dimodifikasi. Peralatan yang dibutuhkan juga tidak rumit, cukup gunakan peralatan pertukangan biasa yang sering digunakan.

Cara Menyambung Besi Hollow Tanpa Las

Banyak sekali orang yang memanfaatkan material besi hollow untuk keperluan konstruksi bangunan. Keunggulan utamanya adalah material ini bisa dimanfaatkan sebagai alternatif fondasi. Meskipun ukurannya lebih ringan, besi hollow dianggap lebih kuat dalam menopang bangunan.

Sifatnya yang tahan karat juga membuat besi hollow dipilih sebagai material bangunan eksterior. Hanya dengan besi hollow, kita bisa membangun berbagai macam eksterior, mulai dari rangka kanopi, pagar, plafon dan sebagainya. Akan lebih baik jika besi hollow-nya dilapisi dengan cat supaya tampilannya tidak hanya lebih berwarna, tapi juga tahan terhadap segala cuaca.

Baca Juga: Ragam Ukuran Besi Hollow untuk Kanopi

Berbagai keunggulan besi hollow di atas membuat material ini mulai dilirik oleh kontraktor bangunan. Harganya pun relatif murah, sesuai dengan ukuran rongga dan ketebalannya. Semakin tebal bahannya, semakin besar pula kapasitas bangunan yang bisa ditopang oleh besi hollow.

Permintaan besi hollow yang menggunung juga dirasakan oleh setiap toko bangunan, termasuk Indosteger. Bedanya, Indosteger menyediakan besi hollow yang lebih unggul dibandingkan lainnya, yakni dengan lapisan galvanis. Material galvanis dianggap lebih baik dibandingkan besi hollow biasa karena lebih tahan karat sehingga cocok digunakan untuk konstruksi bangunan dan eksterior. Anda bisa mengetahui informasi lebih lanjut mengenai harga hollow baja ringan 4x4 per batang di website ini.

Pekerjaan konstruksi yang menggunung membuat beberapa peralatannya harus digunakan dalam waktu bersamaan. Alhasil, penyambungan batang hollow pun harus tertunda demi menunggu peralatannya, yaitu las. Padahal, ada cara lain yang lebih praktis untuk menyambungkan besi hollow supaya pekerjaan konstruksi pun lebih cepat selesai.

Alternatif peralatan yang bisa digunakan adalah paku, palu, dan gerinda tangan (portable power grinder) untuk memotongnya. Sediakan juga penggaris dan spidol untuk membuat patokan besi hollow yang akan dipotong dan disambungkan satu sama lain.

Di sini, kita memanfaatkan keunggulan besi hollow, yaitu ringan dan mudah dibentuk. Perhatikan juga ketebalannya supaya besi hollow tidak sulit untuk dipotong dengan menggunakan gerinda tangan.

1. Gambar Pola Potongan

Pola potongan pada masing-masing besi hollow digambar di bagian ujungnya. Untuk membuat polanya, gambar garis lurus di setiap sisi besinya dengan jarak 1 cm dari ujung besi.

Kemudian, gambar garis diagonal di dua sisi besi yang berhadapan sepanjang 1 cm. Terakhir, gambarlah garis lurus yang sejajar dengan ujung atas garis diagonal tersebut. Terbentuklah besi hollow dengan ujung berbentuk segitiga yang siap disambungkan.

2. Potong Besi dengan Gerinda Portabel

Setelahnya, potong pola yang sudah dibuat dengan menggunakan gerinda portabel. Pemotongannya harus dilakukan dengan hati-hati, jangan sampai memotong hampir seluruh pola yang sudah digambar. Lakukan pada kedua besi tersebut sehingga terbentuk pola dengan ukuran yang sama.

Buatlah lubang tipis di salah satu garis pola lurus sehingga kedua besi hollow tersebut bisa dikaitkan satu sama lain.

3. Sambungkan Kedua Besi Hollow

Langkah berikutnya adalah memasukkan ujung besi hollow yang tidak dipotong ke lubang besi hollow lainnya seperti puzzle. Tekuk ujung besi tersebut dengan palu untuk mengencangkan sambungannya. Anda juga bisa menggunakan alternatif lain, yaitu menggunakan paku bor dan palu untuk menyambungkan kedua besi hollow tersebut.

Langkah di atas memang terbilang lebih rumit dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun, cara menyambung besi hollow tanpa las di atas bisa menjadi alternatif untuk mempercepat pekerjaan Anda.

Recent Articles