indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Ragam Ukuran Besi Hollow untuk Kanopi

Ukuran besi hollow untuk kanopi menjadi bahan pertimbangan yang krusial saat Anda akan melakukan pembangunan atau renovasi rumah. Bagi Anda yang ingin menambahkan kanopi di teras rumah Anda, baik itu sebagai tempat teduh maupun sebagai atap untuk garasi kendaraan, tentunya Anda ingin memakai material dengan kualitas terbaik. Kebanyakan kanopi berkualitas yang biasa kita lihat terbuat dari besi hollow.

Apa itu besi hollow? Besi hollow adalah besi beton berbentuk batangan dengan rongga kosong di bagian tengahnya. Besi hollow banyak digunakan sebagai material pembuatan kanopi karena karakteristiknya yang kokoh dan juga indah dilihat. Selain itu, besi hollow menjadi pilihan saat pembuatan kanopi karena bahannya mudah dibentuk dan mempunyai karakteristik anti karat sehingga awet walaupun kena cuaca ekstrim.
 

Ukuran Besi Hollow untuk Kanopi

Besi hollow yang dipakai untuk konstruksi bangunan dibagi menjadi empat jenis. Simak di jenis-jenis besi hollow agar Anda bisa tahu ukuran besi hollow untuk kanopi yang terbaik bagi bangunan Anda. 
 

1. Besi Hollow Gypsum

Jenis besi hollow ini terbuat dari bahan baku besi yang lapisan luarnya berupa stainless dan meni. Besi hollow gypsum biasanya dijadikan alternatif pengganti kayu karena jenis besi ini lebih kokoh, lebih ringan, dan tentunya bebas dari serangan rayap. Material ini kebanyakan dijadikan rangka plafon pada gedung atau rumah hunian. 

Ukuran besi hollow untuk kanopi dalam jenis gypsum ini bermacam-macam, mulai dari 0,3 mm sampai 0,4 mm. Jenis besi hollow ini harganya paling murah dibanding jenis besi hollow yang lain dikarenakan fungsinya yang terbatas.
 

2. Besi Hollow Galvalum

Besi hollow galvalum mengandung komposisi 1,5% lapisan silikon, 43,5% unsur besi, dan 55% unsur coating aluminium. Karena komposisi kandungannya seperti ini, besi hollow galvalum sering disebut juga sebagai Zinc-Aluminium. Jenis besi hollow ini merupakan besi hollow dengan kualitas yang paling bagus dibanding jenis besi hollow lainnya. 

Besi hollow galvalum tidak mudah berkarat sekalipun terkena cuaca ekstrim dan juga sangat kokoh. Tentu saja, hal tersebut juga membuat harga besi hollow galvalum paling tinggi dibanding jenis besi hollow lainnya. Besi hollow galvalum biasanya digunakan untuk pembuatan plafon rumah atau bisa juga untuk kanopi sederhana.

Baca juga: 5 Cara Membuat Kanopi dari Besi Hollow Dengan Mudah
 

3. Besi Hollow Hitam

Jenis besi hollow berikutnya adalah besi hollow hitam. Nama besi hollow ini diambil dari permukaannya yang berwarna hitam keabu-abuan karena terbuat dari bahan dasar hot-rolled steel atau baja hitam. Bahan dasar ini menyebabkan besi hollow menjadi lebih tebal dan kuat untuk kegiatan konstruksi.

Sayangnya untuk jenis ini, pilihan ukuran besi hollow untuk kanopi rumah cukup terbatas karena sudah menjalani proses standarisasi. Jenis besi hollow ini pun biasanya digunakan untuk pembuatan railing tangga dan pagar.

Baca juga: Materi Besi Hollow dan Kegunaannya
 

4. Besi Hollow Galvanis

Dibandingkan dengan jenis besi hollow yang lain, besi hollow galvanis jauh lebih populer. Besi hollow ini kualitasnya berada di bawah galvalum, namun setingkat di atas gypsum. Saat menggunakan besi hollow galvanis, Anda harus berhati-hati dalam memotongnya karena jenis besi hollow ini mudah berkarat apabila bergesekan dengan material yang lain.

Hal itu disebabkan oleh dominasi kandungan zinc di dalam besi hollow, yakni sebesar 97%. Oleh karena itu, harga besi hollow galvanis lebih murah dibanding galvalum. Sebelum digunakan, sebaiknya Anda tidak lupa untuk menambahkan lapisan anti karat dan cat besi kualitas tinggi. Tujuannya adalah untuk mencegah korosi dan memperpanjang umur besi hollow ini.

Besi hollow galvanis sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pagar atau kanopi. Jika Anda ingin menggunakan besi hollow galvanis untuk kanopi, disarankan memilih ukuran besi hollow yang lebih tebal agar Anda mendapatkan hasil kanopi yang kuat dan tahan lama

Nah, setelah mengenali jenis-jenis besi hollow yang bisa Anda pakai untuk pembangunan rumah, Anda tinggal memilih ukuran besi hollow untuk kanopi yang tepat. Anda disarankan memakai ukuran besi hollow untuk kanopi sebesar 5x10 dengan ketebalan minimal 1,6 mm. 

Ukuran besi hollow yang paling standar adalah 4x4 dengan ketebalan 3 mm. Biasanya, besi hollow ini digunakan untuk plafon. Ukuran lainnya adalah 4x4 atau 5x10 dengan ketebalan 1,6 mm untuk pembuatan railing pagar. Sedangkan besi ukuran 3,6x3,6 digunakan untuk furniture industrial.

Indosteger sebagai supplier besi hollow terpercaya menyediakan berbagai macam ukuran besi hollow berkualitas. Tak hanya kualitas besi hollow yang terjamin, Indosteger juga memberikan penawaran harga besi hollow 4x4 tebal 3mm yang kompetitif. Pastikan ukuran besi hollow untuk kanopi rumah Anda sudah tepat, ya!

Baca juga: Ukuran Besi Hollow Untuk Rangka Atap

Recent Articles