indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Bagaimana Cara Pasang Baja Ringan yang Tepat? Semua Dibahas Di Sini

Memikirkan bagaimana cara membangun rumah yang tepat dan kokoh saja pastinya sudah membuat Anda bingung sendiri. Tidak dapat dipungkiri, dalam membangun rumah, banyak sekali bagian yang harus dikerjakan. Cara pengerjaannya pun berbeda-beda dan harus dilakukan secara maksimal, karena jika tidak, rumah yang dibangun akan memiliki kualitas yang buruk dan malah membahayakan penghuninya.

Dengan kesulitan dalam membangun rumah, seiring berjalannya waktu, muncul beberapa inovasi yang membuat tidak terlalu susah dalam melakukan hal ini. Apa yang akhirnya memudahkan semua kontraktor dan masyarakat yang ingin membangun rumah dari nol? Jawabannya adalah baja ringan.

Ya, baja ringan adalah sebuah teknologi yang saat ini sangat sering digunakan untuk membangun rumah. Fungsi utama dari baja ringan adalah dijadikan atap rumah. Dari segi namanya sendiri, sudah terlihat jelas kalau inovasi ini membuat semuanya menjadi lebih mudah karena Anda tidak perlu lagi menggunakan kayu yang berat dan terbukti rapuh jika terkena serangan rayap. Dengan demikian, rangka atap baja ringan adalah jawaban paling tepat dalam membangun rumah pada saat ini.

Baca Juga : 5 Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Dengan Cepat dan Mudah

Dengan kemudahan yang ditawarkan, ada beberapa tahap untuk pemasangan baja ringan. Memang tidak sesulit menggunakan kayu, tetapi tetap saja diperlukan beberapa langkah yang harus diikuti dengan baik agar pemasangan baja ringan bisa optimal. Bagaimana cara pasang baja ringan yang tepat? Semuanya dibahas di bawah ini.

Persiapan pemasangan baja ringan

Untuk tahap awal cara pemasangan baja ringan, Anda harus menyiapkan beberapa alat seperti meteran, siku, waterpass, bor, palu, gergaji besi, hexagonal socket, hingga mesin pemotong. Tidak hanya urusan alat-alat berat saja, Anda juga harus membuat perencanaan pemasangan atap sekaligus pemasangan kuda-kuda.

Ya, di dalam proses ini, ada kuda-kuda baja ringan yang diperlukan sebagai kerangka awal untuk pemasangan baja ringan. Proses ini tidak bisa dianggap sebagai hal yang mudah. Diperlukan gambar kerja hingga cara menghitung yang tepat agar bisa mendapatkan desain yang paling tepat untuk atap rumah yang ingin dibangun. Jika ada kesalahan, maka pembongkarannya akan menjadi pekerjaan rumah yang mengganggu workflow pembangunan rumah tersebut.

Tahap pemasangan baja ringan

Di dalam memulai pemasangan baja ringan, di bawah ini ada langkah-langkah untuk mendapatkan bentuk atap yang tepat dan berkualitas. Simak penjelasan ini.

  • Dari tahap persiapan pemasangan baja ringan, Anda sudah harus membuat penggambaran rangka atap yang sudah komplit. Dari rangka atap tersebut, maka akan terlihat berbagai bagian yang harus dipasang terlebih dahulu, dari bagian bawah, tengah, diagonal, hingga yang menempel ke tembok
  • Setelah itu, Anda harus membuat kuda-kuda terlebih dahulu. Proses ini disebut dengan profil C. Dengan kuda-kuda, maka baja ringan yang ingin dipasang bisa langsung ditaruh di posisinya masing-masing tanpa perlu melakukan langkah yang salah. Untuk penyambungan antar baja, Anda harus memasang reng dan juga top chord. Terkadang Anda juga menggunakan alumunium foil, tapi sebaiknya dipasang terlebih dahulu di atas truss, jurai, dan rafter.
  • Jika sudah, langkah selanjutnya adalah memastikan kuda-kuda yang dirakit sudah kuat dan kokoh. Langkah ini harus dilakukan dengan baik, karena jika tidak, masalah bisa saja datang. Pastikan semuanya dalam kondisi yang tegak lurus dan berada di dudukan yang tepat.
  • Kerangka yang Anda inginkan sudah jadi dan juga kokoh, sekarang saatnya Anda memasang genteng. Untuk genteng sendiri, hampir semuanya bisa Anda pakai untuk baja ringan, seperti genteng metal, genteng keramik, genteng batu, hingga seng. Cara memasang genteng di atas baja ringan tidak perlu cara khusus. Lakukan seperti biasanya. Dengan kuda-kuda yang sudah kokoh untuk menahan genteng, maka atap rumah Anda bisa tahan lama hingga 10 tahun lebih.

Hal-hal yang harus diperhatikan

Dari langkah-langkah di atas, Anda juga harus memperhatikan beberapa poin di bawah ini. Poin-poin ini menekankan Anda terhadap hal-hal apa saja yang harus diperhatikan di saat Anda sedang melakukan pemasangan baja ringan.

  • Pengukuran atap
    Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah pengukuran atap. Ya, di dalam mengukur atap yang mau Anda buat, banyak sekali hal-hal yang harus diperhatikan. Penggunaan meteran menjadi hal wajib di dalam langkah ini. Pengukuran atap harus mampu mengukur jarak antara bubungannya. Kemudian, urusan kemiringan pun juga krusial. Idealnya, atap yang biasa dipakai di rumah biasa memiliki kemiringan ideal sekitar 25 hingga 30 derajat. Jangan sampai terlalu miring atau malah kurang miring. Nanti malah atap yang mau Anda bangun bisa gagal dan tidak berdiri dengan layak.
  • Perhatikan bentuk atap Anda
    Setelah Anda mengukur atap dari segi kemiringan hingga jarak antara bubungannya, Anda harus melihat juga bagaimana bentuk atap yang ingin dibuat. Mengapa demikian? Karena dengan menggunakan baja ringan sebagai penyangga atap, itu berarti agar ukurannya juga yang perlu diperhatikan. Itulah fungsi dari mengukur atap. Anda jadi tahu dengan bentuk atap yang diinginkan, berapa panjang masing-masing baja ringan yang dibutuhkan untuk tiap posisinya. Jadi, Anda tidak salah beli nantinya.
  • Cek beban atap
    Jika Anda berpikir dengan penggunaan baja ringan, maka Anda bisa bebas memakai atapnya nanti, itu salah. Anda harus mempertimbangkan beban atap yang mau dipasang. Maka dari itu, di atas diberikan beberapa opsi genteng yang bisa Anda pakai. Ingat, semakin berat beban atap, maka itu akan mempengaruhi keawetan rangka baja ringan pula.

Pada akhirnya, penggunaan baja ringan memang menjadi tren pada saat ini. Hingga muncul teknologi baru di dalam urusan pembuatan atap rumah, rasanya sulit untuk menggantikan peran baja ringan di setiap rumah yang dibangun pada saat ini. Dengan kemudahan dalam pemasangan, keawetan baja ringan hingga 10 tahun, hingga harga yang bersaing, baja ringan wajib digunakan.

You May Also Like