indosteger@gmail.com   +62218294428

News

3 Cara Menyiku Bangunan dengan Tepat

Mengetahui cara menyiku bangunan tanpa melakukan kesalahan itu sangat krusial. Tanpanya, bangunan yang dibuat malah akan terlihat miring, tidak simetris, dan kurang kokoh. Untuk membantu Anda, berikut ini penjelasan soal cara menyiku bangunan dengan tepat dan juga tips pintar untuk mengatasi bangunan atau ruangan yang kurang siku.
 

1. Cara Menyiku Bangunan dengan Rumus Pythagoras Segitiga

Saat di bangku sekolah, Anda pasti rasanya sudah kenyang berurusan dengan soal Matematika menggunakan rumus pythagoras. Bisa dibilang, rumus pythagoras adalah rumus Matematika yang paling umum diaplikasikan di kehidupan sehari-hari, terutama dalam cara menyiku bangunan. Jika Anda sudah agak lupa dengan rumus pythagoras, berikut ini rumus lengkapnya:

a2 + b2 = c2

Dari rumus ini, kita bisa mengetahui bahwa angka 3, 4, dan 5 merupakan angka pythagoras. Jadi, Anda pun bisa menggunakan perbandingan 3:4:5 sebagai cara menyiku bangunan. Penerapannya sangat mudah, pertama-tama Anda perlu menentukan satu titik sebagai pusat sudut siku-siku dan pasang balok kayu di titik itu.

Kemudian, tinggal mengukur panjang segitiga siku-siku ini. Semisal Anda ingin memiliki panjang 1,2 meter (A), maka panjang sisi-sisi lainnya adalah 1,6 meter (B) dan 2,5 meter (C). Sekarang, tinggal ukur menggunakan meteran atau benang. Jika sisi-sisinya sudah sesuai dengan perhitungan pythagoras, berarti bangunan sudah siku-siku. 

Baca juga: Begini Cara Menghitung Kemiringan Atap Rumah
 

2. Menggunakan Alat Ukur Theodolit

Theodolit atau surveyor adalah alat ukur yang digunakan oleh para ahli ukur tanah. Jadi, cara menyiku bangunan yang satu ini memang tidak bisa jadi pilihan bagi pemula. Theodolit ini bisa mengukur sudut horizontal dan vertikal dan menentukan jarak tegak maupun mendatar dari dua titik di tanah. Selain itu, alat ukur ini juga digunakan dalam pemetaan bangunan. 

Karena ukuran theodolit yang cukup besar, Anda perlu memasangnya di atas tanah terlebih dulu, tepatnya di atas titik pusat sudut siku-siku. Lebarkan saja kaki-kaki theodolit hingga alat ini berdiri tegak. Lalu, lihatlah ke lensa theodolit untuk menentukan titik pembuatan sudut siku-siku bangunan. 

Sementara Anda melihat dari lensa, perlu ada satu orang lain yang menekankan titik tersebut menggunakan pensil lancip. Kunci titik tersebut di sudut 0° dan putar kunci ke sudut 90°. Berikan tanda dengan menggunakan sikat dan Anda pun bisa menyiku di titik selanjutnya.
 

3. Pakai Penggaris Siku

Jika Anda memiliki penggaris siku, maka Anda bisa dengan mudah menyiku atau memastikan bangunan sudah dalam sudut siku-siku yang sempurna. Namun sayangnya, cara ini hanya bisa digunakan untuk proyek skala kecil. Jika bangunannya cukup luas, jelas akan sulit untuk hanya mengandalkan penggaris siku aja. 

Namun, apabila Anda memang hanya ingin memastikan bangunan sudah dalam sudut siku, tidak perlu repot dan langsung saja menggunakan penggaris siku. 

Baca juga: Cara Menghitung Sudut Kemiringan Tangga
 

Bagaimana Kalau Ruangan yang Sudah Jadi Tidak Siku?

Kesalahan bisa saja terjadi, namun ada baiknya dalam proses konstruksi, semuanya dilakukan dengan perhitungan matang. Meski begitu, jangan dulu berkecil hati jika Anda menemukan bahwa rumah atau bangunan Anda kurang siku. Ada beberapa trik yang akan membantu Anda untuk “menyulap” ruangan terlihat lebih simetris dan siku, tanpa melakukan perombakan besar-besaran. Berikut ini beberapa caranya:

  • Keramik lantai berukuran kecil — keramik berukuran kecil akan membuat pandangan lebih terfokus pada garis-garis sekat antar keramik ketimbang bila menggunakan keramik ukuran besar yang garis-garis sekatnya lebih panjang. Keramik dengan pola mozaik atau acak — biasanya membentuk sebuah pola atau gambar yang mendistraksi pandangan. Sehingga, ruangan yang tidak siku jadi terlihat lebih simetris. 
  • Pola keramik yang diagonal — hindari memasang keramik dalam pola yang tegak lurus. Pola diagonal seperti herringbone parket kayu bisa dicoba. 
  • Custom lemari — tidak masalah jika Anda sudah terlebih dulu memasang keramik lantai dalam ruangan yang tidak siku. Anda bisa memesan custom lemari yang terlihat rata dari depan, namun mengakomodir kemiringan ruangan di bagian belakangnya. 

Itu dia tiga cara menyiku bangunan sekaligus tips untuk mengatasi ruangan yang sudah terlanjur dibuat tidak siku. Mungkin Anda sedang dalam tahap konstruksi atau ingin melakukan renovasi. Jika begitu, maka Anda membutuhkan jasa sewa cetakan beton untuk membantu proses pengerjaan yang lebih rapi. Ikuti saja cara-cara menyiku bangunan di atas dan bangunan pun akan menyiku sempurna. 

Baca juga: Mengetahui Rumus Tinggi Kuda Kuda Atap Rumah

Recent Articles