indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Tips Memilih Cat Pagar Besi yang Bagus Untuk Hunian Anda

Cat pagar besi yang bagus dibutuhkan untuk melakukan finishing pada pagar rumah Anda. Cat besi sendiri termasuk kedalam jenis cat minyak yang diformulasi khusus agar dapat menempel dengan kuat dan melindungi material besi. Selain itu, cat besi juga sangat sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk pengecatan pagar besi, pintu besi, teralis besi, dan bangunan berbahan besi lainnya.

Berikut ini adalah tips memilih cat besi yang bagus untuk melakukan finishing yang bisa Anda terapkan:

Apa Saja Tips Memilih Cat Pagar Besi yang Bagus?

Fungsi dari cat besi tidak hanya untuk memberikan tampilan akhir yang estetis saja, tetapi juga untuk melindungi material besi itu sendiri. Maka dari itu, pemilihan cat besi tidak boleh sembarangan.

Baca Juga: Perbaharui Pagar dengan Cara Mengecat Pagar Besi Berkarat yang Benar Ini

Untuk mendapatkan cat besi terbaik sesuai kebutuhan Anda, simak tips memilih cat besi yang bagus berikut ini:

1. Perhatikan Bahan Dasarnya

Meskipun sebagian besar cat besi berbahan dasar minyak, ada beberapa cat besi dengan bahan dasar lateks.

Cat besi berbahan dasar lateks akan lebih cepat kering dan tidak mudah terbakar. Selain itu, cat jenis ini juga lebih mudah untuk diterapkan kembali dan dibersihkan. Namun, cat besi berbahan dasar lateks tidak tahan lama dan dapat menyebabkan permukaan besi lebih cepat berkarat jika tidak menggunakan primer terlebih dahulu.

Sementara itu, cat besi berbahan dasar minyak umumnya merupakan pilihan yang lebih baik untuk mengecat permukaan logam. Ketika cat jenis ini kering, cat ini tidak akan mudah terkelupas, tergores, atau ternoda. Cat besi berbahan dasar minyak yang berkualitas tinggi bahkan tidak membutuhkan primer agar lapisan cat terlihat mulus.

2. Cat Besi yang Anda Pilih Harus Anti Karat

Salah satu kelemahan material besi adalah kelemahannya terhadap air dan kelembaban yang dapat menyebabkan besi berkarat. Nah, manfaat dari pengaplikasian cat besi yang berkualitas adalah memberikan perlindungan pada besi dari karat.

Meskipun ada primer anti karat yang bisa Anda gunakan sebelum mengaplikasikan cat besi sebagai sentuhan akhir, namun akan jauh lebih baik jika cat untuk finishing yang Anda gunakan juga dilengkapi dengan formula anti karat. Dengan begitu, besi tidak hanya terlihat menarik tetapi juga memiliki daya tahan ekstra dari penggunaan cat besi anti karat.

3. Cat Besi yang Anda Pilih Harus Anti Jamur dan Tahan Terhadap Cuaca Ekstrem

Berbicara tentang perlindungan bahan bangunan, karat bukan satu-satunya masalah yang harus diatasi oleh cat besi. Pastikan juga cat besi yang Anda pilih memiliki formula anti jamur dan parasit lainnya serta tahan terhadap cuaca ekstrem.

Hal ini akan menjadi sangat penting, terutama bila cat besi diaplikasikan pada area outdoor seperti pagar rumah atau teras. Cat besi yang tidak mampu menahan cuaca panas dan hujan akan mudah luntur dan mengelupas atau menumbuhkan jamur sehingga lama kelamaan menjadi kurang menarik.

4. Pastikan Kualitasnya Bagus

Di pasaran sendiri banyak sekali pilihan jenis dan merek cat besi yang memiliki variasi harga yang berbeda-beda. Untuk itu, sangat penting untuk memilih merek cat yang sudah terbukti kualitasnya.

Hindari mengutamakan harga murah untuk dihemat, karena cat besi murah berkualitas rendah justru akan membuat Anda jauh lebih boros karena dapat merusak perabot berbahan besi atau material besi lainnya di rumah Anda di kemudian hari.

Baca Juga: Lakukan 5 Cara Ini untuk Mengecat Pagar Besi Galvanis

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai tips untuk memilih cat besi. Nah, jika Anda sedang mencari material besi untuk pagar seperti cross bracing, Anda bisa mendapatkannya di Indosteger. Semoga Anda bisa mendapatkan cat pagar besi yang bagus, ya!

Recent Articles