indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Bagaimana Cara Membuat Denah Rumah?

Cara membuat denah rumah ternyata tidak serumit yang Anda bayangkan. Memang, diperlukan ketelitian yang tinggi supaya tidak salah menghitung skala dan bisa menentukan luas masing-masing ruangan. Tetapi, bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya. Segera siapkan kertas dan pensil, lalu ikuti cara-cara membuat denah rumah berikut ini.

Cara Membuat Denah Rumah

Ada enam cara untuk membuat denah rumah dengan mudah dan cepat. Penasaran bagaimana caranya?

1. Temukan Referensi Denah Rumah

Langkah pertama untuk membuat denah rumah adalah dengan menemukan referensi yang ingin Anda gunakan. Anda dapat dengan mudah menemukan kumpulan denah rumah terbaik pada majalah arsitektur atau pencarian simpel di mesin pencari seperti Google.

Pastikan Anda mengumpulkan cukup banyak referensi sebagai cadangan. Dengan begitu, Anda memiliki banyak alternatif denah rumah impian ketika referensi yang Anda inginkan tidak dapat Anda gunakan, baik karena alasan waktu, biaya, atau lainnya.

2. Pilih Model Rumah yang Dihuni

Setelah Anda menemukan denah rumah impian, sekarang saatnya Anda menentukan model rumah yang ingin Anda bangun. Misalnya, Anda bisa memilih ingin membangun rumah dua lantai atau lebih. Jika Anda ingin membangun rumah 2 lantai, maka tentu saja layout yang diperlukan akan berbeda dengan layout rumah 1 lantai. 

Sesuai dengan tingkatan rumah, Anda membutuhkan lebih banyak layout. Contohnya seperti tadi, rumah 2 lantai memerlukan 2 layout untuk lantai pertama dan lantai kedua, begitu pula seterusnya. Perhatikan juga luas lahan rumah supaya Anda bisa membuat denah rumah sesuai skala. 

3. Rencanakan Detil Setiap Ruang

Sebelum mulai menempatkan ruang-ruang pada denah rumah dasar, Anda sebaiknya merencanakan detil kebutuhan setiap ruang.

Misalnya, apakah ruang kamar membutuhkan meja rias? Kalau iya, apakah semua kamar akan memiliki meja rias. Lalu untuk kamar mandi, apa yang akan Anda gunakan? Apakah shower untuk menghemat ruang? Atau bak mandi?

Merencanakan detil kebutuhan setiap ruang akan membantu Anda untuk memahami ukuran yang dibutuhkan setiap ruangan nantinya. Dengan begitu, sketsa rumah Anda akan lebih rapih serta detil yang memudahkan Anda untuk membangun rumah dengan baik.

4. Tentukan Jumlah Kebutuhan Ruang

Setelah menentukan kebutuhan detil setiap ruang, sekarang saatnya Anda menentukan jumlah dari setiap ruang. Jumlah ruangan yang Anda butuhkan tentu akan mempengaruhi luas rumah Anda. Jadi, pastikan bahwa Anda memahami batasan Anda dalam membangun. Kalau Anda merasa kekurangan lahan, Anda bisa kembali ke tahap sebelumnya dan mengurangi detil setiap ruangan yang bisa memperkecil ukuran ruangan terkait.

5. Tetapkan Zonasi Ruang di Rumah

Secara simpel, membangun zonasi dalan denah rumah adalah kegiatan mengelompokkan ruangan berdasarkan sifatnya.

Pengaturan tata ruang begitu krusial karena jika salah atau tidak sesuai keinginan maupun kebutuhan, rumah pun jadi kurang nyaman untuk dihuni. Buat dulu daftar aktivitas dari penghuni rumah. 

Misalnya, kamar tidur dan kamar mandi sering ditempatkan berdekatan karena merupakan area privat. Sementara itu, ruang tamu dan ruang keluarga sering berdekatan karena keduanya memiliki sifat yang umum.

Contoh lainnya, katakan penghuni rumah terdiri dari 4 orang di mana mereka senang menonton TV dan suka memasak. Berarti, area dapur dan ruang keluarga sangat penting untuk penghuni ini.

Dengan demikian, Anda bisa membuat konsep open space di mana dapur digabung dengan ruang makan dan ruang keluarga. Namun ingat, pelajari standar ukuran masing-masing ruangan sesuai dengan kebutuhan.

6. Gambar Sketsa Denah Rumah

Cara membuat denah rumah kini kita lanjutkan dengan menggambar sketsa denah rumah berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang sudah kita lakukan. Ambil buku milimeter block untuk membantu Anda membuat sketsa denah. Gunakan pensil supaya bila ada kesalahan gambar, Anda bisa dengan mudah menghapusnya. 

Selain menggunakan kertas dan pensil, Anda juga bisa menggambar sketsa denah rumah dengan menggunakan aplikasi desain rumah seperti Sketchup Free dan program-program desain rumah lainnya. Pastikan skala yang Anda gunakan sudah sesuai dengan luas lahan dan luas bangunan aslinya, ya. 

Baca juga: Cara Membuat Desain Arsitektur yang Unik 

7. Tambahkan Detail Pada Denah Rumah Dasar

Sketsa selesai dibuat, kini Anda sudah bisa melihat ruangan-ruangan yang ada di rumah beserta bangunan rumahnya. Cara membuat denah rumah masih belum selesai, Anda perlu menambahkan detail-detail penting untuk mempermudah proses konstruksi nantinya. Apa sajakah itu? Pertama, tambahkan detail seperti pintu dan jendela yang akan dipasang di dalam rumah. 

Setelah itu, tambahkan juga detail bangunan seperti ketebalan dinding, tinggi lantai, pilihan material yang akan digunakan, dan lain sebagainya. Semakin jelas, maka akan semakin bagus. Anda juga bisa menambah detail ukuran atau luas per ruangan supaya nantinya tidak perlu menghitung lagi.

Untuk mempermudah pengerjaan nanti, Anda juga bisa menambahkan nama pada setiap ruangan di denah dasar Anda. Tidak perlu menggunakan nama yang panjang, Anda bisa menggunakan inisial saja.

Misalnya, untuk kamar tidur bisa Anda namai KT dan untuk kamar mandi bisa Anda namai KM. Walaupun terlihat sepele, penamaan ruangan ini nantinya akan membantu Anda untuk memprioritaskan ruangan-ruangan mana yang ingin Anda selesaikan terlebih dahulu.

8. Lakukan Simulasi Denah Rumah

Terakhir, cara membuat denah rumah kita selesaikan dengan memastikan denah sudah pas dan layak untuk dibangun. Anda bisa menggunakan program seperti Home Design 3D, Floor Plan Creator, hingga game seperti The Sims untuk membangun rumah virtual dengan informasi yang ada di denah yang sudah dibuat. Dari sana, Anda bisa mengecek apakah ruangan sudah cukup luas, flow rumah sudah baik, dan rumah sudah cukup bagus.

9. Buat Denah Rumah Alternatif

Setelah Anda menyelesaikan satu denah, jangan berhenti di sana. Anda bisa mencoba mengeksplor denah rumah Anda dengan berbagai cara.

Misalnya, Anda bisa memutar denah rumah dasar Anda serta menukar zonasi pada rumah Anda. Dengan adanya denah rumah alternatif, Anda kini memiliki banyak pilihan untuk menemukan denah rumah terbaik untuk rumah Anda.

Itulah dia cara membuat denah rumah yang dapat Anda terapkan. Mempelajari cara membuat denah rumah adalah bagian penting untuk membangun rumah impian. Hal ini juga tidak sesulit yang Anda bayangkan. Anda bisa mulai dengan mencari referensi atau inspirasi dan menentukan kebutuhan setiap ruang dan area pada rumah.

Setelah membuat denah rumah yang memuaskan, tentunya proyek bangunan ini berlanjut ke tahap konstruksi. Anda pun perlu mencari jasa sewa cetakan beton yang akan sangat berguna dalam proses konstruksi rumah. Itulah cara-cara membuat denah rumah yang mudah untuk diikuti pemula, semoga bermanfaat!

Recent Articles