indosteger@gmail.com   +62218294428

News

11 Ide Partisi Ruangan Rumah Minimalis yang Fungsional

 

Partisi ruangan atau sekat pembatas ruangan adalah salah satu furnitur yang ideal bagi rumah minimalis. Dengan menggunakan sekat ruangan, Anda dapat dengan mudah membagi satu buah ruangan menjadi beberapa bagian. Dengan begitu, Anda dapat membuat satu ruangan menjadi multifungsi. Saking populernya, orang-orang mulai mengkreasikan partisi ruangan rumah minimalis untuk digunakan di rumah.

Pemilik rumah minimalis atau rumah dengan lahan terbatas memang harus sering memutar otak untuk memanfaatkan tiap bagian rumah dengan maksimal. Penggunaan partisi ruangan menjadi salah satu hal yang dapat membantu pemilik rumah minimalis.

Selain dapat menambah sentuhan estetik pada interior rumah, penggunaan partisi ruangan akan dapat menambah fungsi pada penggunaan sebuah ruang. Jika Anda tertarik mencobanya, simak beberapa ide partisi ruangan yang dapat Anda terapkan.

11 Desain Partisi Penyekat Ruangan Minimalis untuk Rumah Anda

Ditengah banyaknya desain sekat ruangan minimalis, mana yang tepat untuk Anda? Simak beberapa desain partisi ruangan minimalis berikut ini yang dapat Anda jadikan inspirasi

1. Rak Pajang Sebagai Partisi yang Artistik dan Fungsional

Salah satu ciri dari konsep sekat ruangan minimalis modern adalah gabungan antara kebutuhan dan desain yang artistik. Dengan menggunakan rak pajang, Anda tidak hanya mendapatkan aspek kebutuhan, yaitu tempat menempatkan barang, tetapi juga aspek artistik.

Dimensi rak pajang sangat beragam sehingga mudah disesuaikan ukuran ruangan. Namun, jika ingin menampilkan kesan lebih alami, sebaiknya pilih rak pajang dengan material kayu.

Pembatas ruang ini sangat ideal untuk Anda tempatkan di ruang tamu. Selain dapat menambah fungsi ruang, Anda juga akan secara langsung menjaga privasi ruang-ruang lainnya yang dapat terlihat dari ruang tamu.

2. Dinding Partisi Galvalum untuk Pilihan Kokoh

Minimalis tidak selalu berarti lemah. Anda dapat menggunakan partisi ruangan rumah minimalis dari bahan besi seperti besi galvalum. Dengan menggunakan besi galvalum, Anda akan mendapatkan kesan minimalis modern dan daya tahan yang kuat.

Selain kuat, besi galvalum juga mudah untuk diproses menjadikannya salah satu bahan material ideal untuk partisi ruangan minimalis Anda. Selain itu, besi juga dapat menonjolkan kesan modern yang dapat memperkuat konsep ruangan minimalis di rumah Anda. 

Anda juga dapat mengaplikasikan cara membuat sekat ruangan dari besi holo dengan mudah untuk mendapatkan partisi yang kokoh.

3. Tanaman Rambat Sebagai Partisi Ruangan yang Sejuk

Konsep ruangan minimalis sendiri umumnya sering dikaitkan dengan pemanfaatan sumber-sumber alami, seperti tanaman. Dengan tanaman, Anda bisa mendapatkan sumber udara atau oksigen sekaligus aspek estetika yang menjadi ciri dari konsep ruangan minimalis.

Untuk menjaga kesegaran tanaman, Anda bisa memilih untuk menggunakan tanaman rambat yang memiliki perawatan yang relatif mudah. Anda bisa memilih tanaman seperti Morning Glory atau Mandevilla.

Baca juga: 6 Cara Membuat Tanaman Pagar Berbunga dan Kelebihannya

4. Partisi Marmer untuk Memberi Sentuhan Elegan

Bahan marmer identik dengan kesan mewah dan elegan. Jika Anda menginginkan kesan tersebut, Anda bisa menggunakan material tersebut sebagai bagian desain partisi minimalis Anda.

Kesan marmer yang mewah mungkin akan tampak kontras dengan kesan simpel yang merupakan ciri minimalis. Tetapi, jika Anda mengkombinasikannya dengan tepat, marmer bisa Anda buat menjadi partisi minimalis tanpa harus mengganggu keseimbangan ruangan rumah Anda.

 5. Memilih Bambu atau Rotan untuk Kesan Natural

Material bambu atau rotan juga cukup sering dipakai pada sekat ruangan. Selain membawa kesan natural, partisi ini bisa membuat suasana ruangan terasa lebih hangat. Ditambah lagi, harga partisi rotan atau bambu terbilang murah sehingga opsi ini cocok bagi Anda yang sedang menghemat budget.

6. DIY Partisi dari Kayu Palet

Ingin memiliki partisi yang eye-catching dan punya sentuhan personal? Yuk, coba DIY partisi dari bahan kayu palet! Untuk opsi lebih murah, Anda bisa melirik material kayu palet bekas yang kini banyak dijual di pasaran.

Baca juga:3 Cara Membuat Tangga Lipat dari Kayu yang Benar dan Aman

 

7. Sekat Papan Kayu untuk Tampilan yang Hangat

Terkadang, tidak perlu desain rumit untuk membuat partisi yang menarik. Papan kayu yang disusun rapi sudah cukup cantik untuk dipakai sebagai pemisah ruangan. Selain itu, konsepnya yang terbuka dan simpel juga efektif dalam memberi kesan lapang.

8. Memakai Gorden Sebagai Sekat Ruangan

Ketika membahas tentang sekat ruangan minimalis, gorden menjadi salah satu pilihan yang populer. Selain pemasangannya mudah, pola dan warna gorden juga bervariasi, lo. Jadi, akan mudah bagi Anda untuk memadukannya dengan nuansa ruangan atau desain furniture.

Penggunaan pembatas ruangan dari gorden ini dapat Anda terapkan pada area kamar tidur. Penggunaan gorden sebagai sekat ruangan dapat membantu menjaga privasi dari orang yang menempati kamar tidur tersebut.

9. Partisi Cantik dari Tirai Manik-Manik

Suka tampilan ruangan yang terkesan lembut atau feminin? Pemakaian tirai manik-manik sebagai partisi penyekat ruangan minimalis adalah ide yang brilian. Ditambah lagi, pilihan warna dan desain manik-manik sangat beragam. Menciptakan desain tirai sendiri pastinya seru, ya? Namun bila tak ingin repot, membeli tirai manik-manik di toko perlengkapan dekorasi rumah juga bisa menjadi solusi.

10. Sketsel Ranting Kayu untuk yang Berjiwa Seni

Sederhana tetapi bernilai seni tinggi? Desain partisi minimalis dari sketsel ranting kayu adalah jawabannya! Biasanya, jenis partisi ini dibuat dari susunan ranting kayu jati atau mahoni. Karena desainnya menarik, sketsel ranting kayu juga sempurna untuk dijadikan focal point.

11. Partisi Pintu Kaca

Material kaca adalah salah satu bahan yang sering digunakan pada rumah dengan konsep gaya minimalis. Hal ini karena bahan kaca menawarkan kesan simpel dan bersih. Oleh karena itu, banyak orang yang juga menerapkan partisi berbahan kaca seperti pintu kaca.

Satu hal yang mungkin Anda sadari adalah bahwa partisi ini tidak menawarkan privasi seperti jenis pembatas ruangan yang lain. Karena sifatnya demikian, partisi ruangan ini biasanya digunakan untuk membatasi ruangan yang memang tidak membutuhkan terlalu banyak privasi, misalnya area ruang tamu dengan dapur.

Itulah dia beberapa ide partisi ruangan rumah minimalis yang patut Anda coba. Penggunaan partisi ruang minimalis akan memberikan banyak manfaat pada rumah minimalis. Anda akan mendapatkan privasi dan suasana rumah minimalis Anda akan terasa sedikit lebih luas. Ketimbang membangun dinding permanen untuk membatasi ruangan, Anda dapat langsung membagi sebuah ruangan dengan mudah menggunakan partisi ruangan. Anda dapat menyesuaikan desain interior Anda dengan berbagai jenis partisi ruangan untuk rumah minimalis yang ada. Agar semakin hemat, Anda juga bisa memilih untuk membuat partisi ruang sendiri mengingat harga partisi yang umumnya cukup mahal.

Nah, bagi Anda yang membutuhkan pipa galvanis, baik itu untuk rangka dinding partisi atau kebutuhan bangun rumah, kunjungi situs Indosteger. Dapatkan penawaran menarik untuk berbagai produk pipa galvanis berkualitas, yang tentunya sudah diproduksi sesuai standar scaffolding nasional.

Baca juga: Cara Pasang Partisi Ruangan dari Besi Hollow

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya