indosteger@gmail.com   +62818716828

Kenali Konstruksi Kuda-Kuda Cremona Baja Ringan Dan Keunggulannya

Media
07 Feb 2023

Indosteger

Indosteger adalah platform jual dan sewa scaffolding dengan proses produksi menggunakan teknologi tinggi dan bahan berkualitas sehingga hasil produksi berstandard nasional.

Atap rumah merupakan bagian yang sangat penting dalam sebuah bangunan. Selain berfungsi sebagai pelindung dari cuaca ekstrim, atap juga memegang peranan penting dalam estetika sebuah bangunan. Nah, salah satu jenis atap yang sedang populer di kalangan masyarakat saat ini adalah atap Cremona baja ringan. Tidak hanya untuk bangunan-bangunan tata kota, tetapi atap jenis ini juga mulai banyak digunakan untuk hunian.

Atap Cremona sendiri biasanya terbuat dari bahan baja ringan yang memiliki berbagai keunggulan dibandingkan dengan jenis atap lainnya. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam mengenai Cremona baja ringan, mulai dari apa itu atap Cremona, keunggulan yang dimilikinya, hingga cara penggunaannya pada berbagai jenis atap rumah.

Apa itu Atap Cremona?

Atap Cremona adalah jenis atap yang memiliki bentuk seperti kerucut dengan tiga sisi yang memanjang ke bawah. Atap ini dikenal juga dengan nama atap kerucut tiga sisi. Atap ini biasanya diterapkan pada bangunan berbentuk kerucut atau kubah. Atap Cremona sering digunakan pada bangunan seperti gereja, masjid, atau bangunan bersejarah lainnya.

Salah satu bahan yang sering digunakan untuk membuat atap Cremona adalah baja ringan. Baja ringan sendiri merupakan bahan yang ringan, kuat, dan tahan lama, sehingga cocok digunakan dalam pembuatan atap Cremona. Untuk mengetahui lebih jatuh tentang karakteristik baja ringan, Anda bisa membaca artikel berikut: Kelebihan dan Kekurangan Baja Ringan Dalam Konstruksi

Tidak heran, atap ini menjadi pilihan yang populer di kalangan masyarakat saat ini karena memiliki berbagai keunggulan dibandingkan dengan jenis atap lainnya.

Apa Saja Keunggulan Cremona Baja Ringan?

Alasan mengapa Cremona baja ringan sering menjadi pilihan, tentunya karena banyaknya keunggulan yang ditawarkan. Hal ini dapat berdampak pada penghematan biaya, kemudahan konstruksi dan lain sebagainya. Sebagai bahan pertimbangan Anda, yuk simak beberapa keunggulan dari Cremona baja ringan di bawah ini.

1. Tahan Lama

Salah satu keunggulan utama dari Cremona baja ringan adalah tahan lama. Material ini memiliki ketahanan yang baik terhadap cuaca ekstrim seperti hujan, panas, dan angin kencang. Apabila atap yang digunakan tahan lama, tentunya Anda akan lebih menghemat pengeluaran karena tidak perlu sering melakukan pergantian.

2. Ringan

Cremona baja ringan jauh lebih ringan dibandingkan dengan material atap lainnya seperti genteng keramik atau beton. Karena bobotnya yang ringan, atap Cremona baja ringan lebih mudah untuk dipasang dan dibongkar daripada atap Cremona tradisional.

3. Tahan Karat

Korosi sendiri dapat merusak struktur atap rumah dan menyebabkan keruntuhan atau retak pada atap. Hal ini tentunya membahayakan Anda dan membuat rasa tidak aman di rumah. Nah, atap Cremona baja ringan ini memiliki ketahanan yang baik terhadap karat, sehingga tidak perlu khawatir tentang kerusakan akibat karat pada atap rumah.

4. Mudah Diperbaiki

Jika terjadi kerusakan pada atap Cremona, proses perbaikan juga cukup mudah dilakukan. Hal tersebut dikarenakan atap Cremona baja ringan terbuat dari baja ringan, maka material sangat mudah untuk diangkat dan diganti saat diperlukan perbaikan. Selain itu, desain atap Cremona baja ringan yang modular membuat perbaikan yang dibutuhkan dapat dilakukan hanya pada bagian yang rusak saja, tanpa harus mengganti seluruh atap.

5. Fleksibel

Cremona baja ringan dapat digunakan pada berbagai jenis atap rumah, mulai dari atap gable, hip, mansard, hingga atap rumah minimalis. Hal ini akan mempermudah Anda untuk menyesuaikan atap Cremona baja ringan dengan desain dari bangunan rumah. Fleksibilitas atap Cremona baja ringan sendiri tidak hanya dari segi desain, tetapi juga pengaplikasian warna yang beragam.

Bagaimana Cara Menggunakan Cremona Baja Ringan pada Berbagai Jenis Atap Rumah?

Setelah mengetahui apa itu atap cremona dengan bahan baja ringan beserta keunggulannya, apakah Anda tertarik untuk menggunakannya? Sebelum itu, ketahui terlebih dahulu bagaimana cara menggunakan Cremona baja ringan pada berbagai jenis atap rumah. Hal ini akan membantu Anda untuk menggunakan cremona baja ringan secara tepat sehingga baik fungsional maupun visualnya akan optimal. Berikut ini merupakan beberapa cara menggunakan cremona baja ringan pada berbagai jenis atap rumah yang perlu Anda ketahui.

1. Atap Gable

Cremona baja ringan dapat digunakan pada atap gable dengan menempelkan material ini pada bagian atap yang berbentuk gable atau puncak. Perlu diingat, pemasangan atap Cremona baja ringan pada atap gable memerlukan teknik khusus dan harus dilakukan oleh profesional, agar hasil yang diperoleh sesuai dengan yang diharapkan.

Beberapa cara pemasangan Cremona baja ringan pada atap gable yang biasa dilakukan oleh para ahli adalah sebagai berikut ini.

  • Persiapkan semua material yang dibutuhkan, seperti baja ringan, peralatan pemasangan, dan bahan pendukung lainnya.
  • Buat desain atap Cremona baja ringan sesuai dengan kebutuhan dan ukuran atap gable yang akan digunakan.
  • Pasang struktur dasar atap gable yang akan digunakan sebagai dasar pemasangan atap Cremona baja ringan.
  • Mulai pasang atap Cremona baja ringan sesuai dengan desain yang telah dibuat, pastikan atap terpasang dengan rapi dan kokoh.
  • Lakukan finishing pada atap Cremona baja ringan untuk menambah ketahanan terhadap cuaca dan lingkungan.

2. Atap Hip

Pada atap hip, Cremona baja ringan dapat digunakan pada bagian sisi atap yang berbentuk miring. Sama seperti pemasangan pada atap gable, disarankan untuk menggunakan ahli profesional agar meminimalisir kekeliruan dan mengoptimalkan fungsional serta visual yang didapatkan. Untuk cara-cara pemasangan Cremona baja ringan pada berbagai jenis atap, cenderung mirip seperti yang telah dijelaskan di jenis atap gable.

3. Atap Mansard

Pada atap mansard, Cremona baja ringan dapat digunakan pada bagian atap yang berbentuk miring dan membentuk sudut. Selain fungsional, atap mansard digunakan untuk menambah estetika pada bangunan karena memiliki bentuk yang unik dan menarik. Atap mansard dapat digunakan pada berbagai jenis bangunan, seperti rumah, hotel, kantor, dan bangunan bersejarah. Langkah-langkah pemasangannya mirip seperti gable dan hip, hanya perlu lebih ketelitian dan tentunya teknik khusus.

4. Atap Rumah Minimalis

Cremona baja ringan juga dapat digunakan pada atap rumah minimalis dengan menempelkan material ini pada bagian atap rumah yang berbentuk datar. Desain rumah minimalis sendiri memang populer digunakan oleh masyarakat. Nah, Anda dapat mencoba menggunakan Cremona baja ringan dengan berbagai keunggulannya untuk atap rumah jenis ini.

Itulah tadi informasi mengenai atap cremona baja ringan yang perlu Anda ketahui. Sebelum memilih menggunakan atap dengan jenis dan bahan ini, Anda perlu memerhatikan bentuk konstruksi bangunan terlebih dahulu. Apakah hunian Anda akan cocok dengan atap ini, atau lebih cocok menggunakan model dan bahan atap lainnya. Tentunya, kepraktisan pemasangan dan biaya juga perlu dipertimbangkan.

Apakah saat ini Anda sedang bingung menentukan bahan-bahan untuk konstruksi hunian? Yuk cek terlebih dahulu harga besi hollow galvanis 4x8 yang dapat menjadi pertimbangan Anda. Selain itu, penggunaan scaffolding juga cukup memengaruhi keberhasilan konstruksi. Anda dapat mengandalkan jasa sewa scaffolding murah untuk mempermudah proses konstruksi. Yuk hubungi Indosteger sekarang juga, andalan scaffolding dan aksesoris kontruksi terbaik untuk Anda.
 

sumber:

https://kpssteel.com/atap/keunggulan-atap-cremona-baja-ringan-yang-perlu-dipahami/

https://blkp.co.id/blogs/detail/apa-itu-konstruksi-baja-ringan-cremona

Artikel Terkait

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya
whatsappweb