indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Kenali Istilah dalam Bangunan yang Sering Digunakan Ini

Dalam dunia konstruksi bangunan, terdapat berbagai jenis istilah yang sering digunakan. Istlah-istilah tersebut berkaitan erat dengan dunia bangunan. Berikut ini istilah-istilah dalam bangunan yang sering digunakan.

 

Cakar Ayam

Istilah dalam bangunan yang perlu Anda ketahui adalah cakar ayam. Cakar ayam merupakan istilah yang sangat umum di dalam dunia bangunan. Cakar ayam adalah istilah yang sering digunakan untuk teknik pondasi yang digunakan dalam bangunan. Cakar ayam mempunyai bentuk seperti persegi yang ditanam di dalam tanah. Cara memasang cakar ayam adalah dengan membuat lubang di tanah kemudian diletakkan bowplank. Lalu ditambahkan material bahan bangunan seperti pasir, semen dan juga batu.

Cakar ayam mempunyai fungsi untuk menahan beban dari bangunan yang terdapat di atasnya. Teknik pondasi menggunakan cakar ayam ini cukup efektif untuk mencegah rumah supaya tidak goyang atau amblas. Rumah yang mempunyai pondasi cakar ayam mempunyai tingkat kestabilan yang cukup tinggi. Jenis pondasi cakar ayam juga cocok untuk digunakan di Indonesia karena kontur tanah yang ada di Indonesia tidak stabil.

Sarang Laba-laba

Istilah dalam bangunan berikutnya adalah sarang laba-laba. Sarang laba-laba adalah salah satu jenis pondasi yang sering digunakan untuk bangunan. Pondasi sarang laba-laba sering digunakan sebagai jenis pondasi untuk bangunan yang mempunyai luas yang lebar. Hal ini disebabkan karena pondasi sarang laba-laba dapat menahan beban secara merata. Namun meskipun dapat menahan beban bangunan dengan merata, jenis pondasi ini lebih cocok digunakan untuk bangunan yang ada di dataran rendah.

Hal ini disebabkan karena tanah yang ada di dataran tinggi mempunyai tingkat ketahanan yang kurang dibandingkan dengan dataran rendah. Selain itu, tanah di dataran tinggi juga sering mengalami pergeseran. Hal itu membuat pondasi jenis sarang laba-laba tidak dapat berfungsi dengan baik.

Tombak Layar

Istilah dalam bangunan selanjutnya adalah Tombak Layar. Tombak layar merupakan bagian dari atap dan mempunyai bentuk segitiga. Tombak layar mempunyai tingkat kemiringan sudut sebesar 30 derajat. Tombak layar mempunyai fungsi untuk menjadi bagian dari atap rumah dan juga untuk dapat mengalirkan air hujan. Tombak layar dibuat dari bahan kayu. Hal ini disebabkan karena kayu mempunyai tingkat ketahanan yang sangat kuat.

Tiang Pancang

Istilah dalam bangunan lainnya adalah tiang pancang. Tiang pancang merupakan jenis pondasi yang sering digunakan dalam proses pembangunan gedung. Tiang pancang juga sering disebut dengan sebutan paku bumi. Tiang pancang mempunyai tingkat kekuatan yang cukup besar dibandingkan jenis pondasi lainnya. Oleh karena itu, jenis pondasi tiang pancang sangat tepat untuk menahan beban gedung bertingkat.

Tidak hanya berfungsi untuk menahan beban gedung bangunan saja, tiang pancang juga mampu menjaga tingkat kestabilan gedung dan juga mampu menahan tanah di bawah gedung agar tidak bergeser. Cara memasang jenis pondasi tiang pancang adalah dengan menanamkan tiang pancang yang mempunyai ukuran 5 hingga 15 meter ke bawah tanah. Untuk dapat memasang tiang pancang ke dalam tanah biasanya menggunakan bantuan alat berat.

Bowplang

Kemudian istilah dalam bangunan yang terakhir untuk Anda ketahui adalah Bowplank. Dalam proses pembangunan sebuah bangunan tentunya membutuhkan banyak besi yang mempunyai bentuk persegi panjang. Besi berbentuk segi panjang itulah yang disebut dengan nama Bowplank. Bowplank menjadi salah satu bagian utama yang dibutuhkan dalam proses konstruksi bangunan.

Bowplank tidak hanya menjadi struktur utama dalam bangunan, Bowplank juga mempunyai fungsi agar dapat menahan bangunan supaya tidak mengalami pergerakan. Terutama ketika proses pembangunan dilakukan. ketika sedang proses pembangunan, struktur maupun bentuk bangunan mudah mengalami pergeseran, oleh karena itu Bouwplank berfungsi untuk menjaga struktur hingga bentuk bangunan tetap terjaga.

 

Demikian istilah-istilah dalam bangunan yang perlu Anda ketahui. Untuk Anda yang bekerja di dunia bangunan tentunya perlu mengetahui istilah-istilah tersebut. Semoga bermanfaat bagi Anda yang menggeluti dunia konstruksi bangunan.

You May Also Like