indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Jenis Bahan Spandek dan Fungsinya untuk Kehidupan Sehari-Hari

Dalam dunia tekstil, bahan spandek banyak dipilih oleh sebagian besar orang untuk berbagai macam keperluan. Mengingat kain ini memiliki tingkat elastisitas tinggi dan tahan lama. Bahan Spandek diperkenalkan tahun 1947 oleh Du Pont yang merupakan perusahaan tekstil sebagai pengganti karet. Apa saja jenis bahan spandek dan fungsinya tersebut? Simak ulasannya berikut ini!

Jenis Kain dan Bahan Spandek yang Perlu Anda Ketahui

Bahan spandek memiliki banyak jenis yang digunakan untuk keperluan tertentu. Di pasaran setidaknya beberapa jenis bahan spandek yang dijual di antaranya sebagai berikut. Anda bisa membelinya berdasarkan kebutuhan.

  • Rayon

Jenis bahan rayon pertama yang dijual adalah. Bahan ini terbuat dari rayon dan serat spandex. Adanya kombinasi tersebut menghasilkan bahan yang halus dan lembut. Selain itu, jenis ini memiliki kelenturan yang tinggi dan dapat menyerap keringat jika digunakan sebagai bahan tekstil.

  • Katun

Untuk spandek katun bahan utamanya terbuat dari katun dan campuran serat spandek dengan bahan polyurethane. Dengan begitu menghasilkan bahan dan jenis yang tahan lama bila dibandingkan dengan bahan katun yang lainnya.

  • Bahan Denim

Bahan terakhir yang bisa Anda pilih adalah denim. Biasanya, jenis denim ini digunakan untuk produk-produk celana jeans. Keunggulan dari bahan ini adalah lebih elastis dan cenderung lebih tahan lama.

  • Bahan PE

Bahan spandek ini terbuat dari bahan baku polyester. Namun, bila dibandingkan dengan bahan spandek lainnya adalah lebih tipis. Dengan kelebihannya ini, maka harganya pun cenderung lebih murah.

Kelebihan Bahan Spandek

Setelah Anda mengetahui berbagai ragam jenis spandek, maka penting pula untuk mengetahui apa saja kelebihan dari kain ini dalam kehidupan sehari-hari. Adapun kelebihan dari bahan spandek ini salah satunya adalah punya daya elastis yang sangat tinggi dan tak cepat rusak meskipun ditarik.

Dari segi permukaan, bahan spandek memang lebih halus dan lembut bila dibandingkan dengan bahan lainnya. Lalu, untuk segi warnanya pun tak cepat memudar. Kelebihan dan keunggulan lainnya adalah ringan dan tipis sehingga tidak terlalu membebani Anda saat menggunakannya.

 

 

Manfaat Bahan Spandek

Mengingat spandek memiliki banyak kelebihan seperti yang telah diuraikan di atas, maka bahan spandek banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Terutama sebagai bahan baku tekstil hingga digunakan untuk material maupun komponen bangunan. Berikut di antaranya.

  • Sebagai Bahan Baku Tekstil

Sudah bukan hal yang asing lagi bagi kita semua kalau bahan spandek dijadikan untuk tekstil. Hal ini karena saat digunakan sebagai bahan baku tekstil, kainnya dapat mengikuti lekuk tubuh. Bahan spandek ini tidak mudah rusak karena hal tertentu. Misalnya saja seperti keringat, lotion, dan air laut. Tak heran bila bahan tekstil ini banyak digunakan untuk jersey dan pakaian olahraga.

  • Material dan Komponen Bangunan

Ternyata, bahan spandek selain biasa digunakan untuk bahan baku tekstil juga dapat digunakan untuk material bangunan. Salah satunya dijadikan sebagai bahan genteng. Keunggulannya adalah proses pengerjaannya yang lebih cepat dan mudah. Bahannya pun ringan dan tidak menjadi beban bagi bangunan di bawahnya.

Selain itu juga tahan keropos dan dapat digunakan untuk atap di rumah dengan kondisi angin yang cukup tinggi. Tak cuma itu saja, bahan spandek yang digunakan untuk bahan genteng ini dapat tahan lama. Bahkan hingga 20 tahun lebih. Sementara itu, dari segi harganya pun sangat terjangkau.

 

Setidaknya, itulah berbagai macam jenis bahan spandek dan keunggulannya dalam kehidupan sehari-hari. Tentu Anda bisa memilih bahan spandek berkualitas untuk bangunan dengan harga terjangkau di distributor maupun penjual terpercaya, seperti Indosteger yang menyediakan bahan spandek kualitas terbaik.

You May Also Like