indosteger@gmail.com   +62818716828

6 Jenis Pipa Besi Untuk Kebutuhan Konstruksi

Media
27 Feb 2023

Indosteger

Indosteger adalah platform jual dan sewa scaffolding dengan proses produksi menggunakan teknologi tinggi dan bahan berkualitas sehingga hasil produksi berstandard nasional.

Dalam proyek konstruksi, material menjadi salah satu komponen yang penting untuk diperhatikan. Salah satunya adalah pipa besi yang memiliki banyak fungsi untuk konstruksi. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja jenis pipa besi yang dipergunakan dalam memenuhi kebutuhan konstruksi bangunan.

"Kunci sukses pembangunan ada di pemilihan materialnya."

Pernah dengar dengan pernyataan di atas? Jika menginginkan bangunan Anda sukses berdiri dengan kokoh dan sesuai keinginan, pemilihan material yang tepat adalah kunci utamanya. Hal ini termasuk dengan memilih pipa besi kualitas terbaik yang sesuai dengan konstruksi Anda. Yuk simak informasi lebih lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Pipa Besi?

Pipa besi merupakan salah satu material yang sangat penting untuk proyek konstruksi. Apa sih fungsi dari pipa besi untuk konstruksi? Selain digunakan untuk menyalurkan air, pipa besi juga memiliki fungsi lain yang tak kalah penting. Dalam proyek konstruksi, pipa besi berperan sebagai penyangga bangunan, rangka plafon dan lain sebagainya.

Pipa besi memiliki sebutan lain yaitu pipa hitam. Material yang satu ini sering menjadi pilihan untuk proyek konstruksi karena menawarkan banyak keunggulan. Pipa besi ini dikenal sebagai material yang anti rayap, tahan karat dan juga kuat diterpa di berbagai cuaca.

Apa Saja Jenis-Jenis Pipa Besi?

Setelah membaca informasi mengenai pengertian dan fungsi dari pipa besi, maka Anda perlu mengetahui apa saja jenis pipa besi yang digunakan dalam proyek konstruksi. Hal ini dapat membantu pemilihan mana yang tepat untuk konstruksi. Berikut ini merupakan jenis-jenis pipa besi yang perlu Anda ketahui.

1. Pipa Besi Hitam (Black Iron Pipe)

Jenis pipa hitam ini digunakan untuk sistem pipa air dan uap yang tidak terlihat. Pipa ini terbuat dari baja yang tidak dilapisi atau dicat, sehingga memiliki warna hitam. Pipa ini juga sering disebut sebagai pipa besi standar atau pipa besi hitam tanpa lapisan.

2. Pipa Besi Galvanis (Galvanized Iron Pipe)

Pipa besi galvanis dilapisi dengan lapisan zinc untuk melindungi dari korosi. Proses galvanisasi dilakukan dengan cara menyelimuti permukaan pipa besi dengan lapisan zinc dengan cara dicelupkan atau diteteskan. Zinc digunakan sebagai lapisan pelindung karena memiliki sifat tahan korosi yang baik dan juga mampu mengikat partikel-partikel logam yang terpapar di permukaan pipa, sehingga mencegah korosi. Untuk memahami kelebihan pipa besi galvanis dengan lebih baik, Anda bisa membaca artikel berikut ini: 4 Kelebihan Pipa Besi Galvanis

3. Pipa Besi Seamless

Jenis pipa ini tidak memiliki sambungan, digunakan untuk sistem pipa air, uap, dan minyak. Karena tidak memiliki sambungan, maka pipa ini memiliki kuat tekan dan tegangan yang lebih tinggi dibandingkan dengan pipa yang memiliki sambungan.

4. Pipa Besi Tembaga (Copper Pipe)

Pipa besi tembaga digunakan untuk sistem pipa air panas dan dingin karena memiliki sifat tahan korosi yang baik. Pipa ini digunakan dalam aplikasi plumbing, pemanasan, dan ventilasi karena sifat-sifatnya yang tahan lama, tahan korosi, dan tahan panas.

5. Pipa Besi Cor (Corrugated Iron Pipe)

Jenis pipa yang satu ini memiliki sambungan yang fleksibel dan digunakan untuk drainase dan saluran air yang tidak terlihat. Pipa ini digunakan dalam aplikasi air minum, air bersih, air limbah, saluran udara, dan juga digunakan pada proyek-proyek konstruksi.

6. Pipa Besi Stainless Steel

Pipa besi stainless steel digunakan untuk sistem pipa air, uap, dan minyak karena memiliki sifat tahan korosi yang baik dan tidak mengeluarkan logam berat saat terkorosi. Pipa stainless steel digunakan dalam berbagai aplikasi seperti industri makanan dan minuman, industri farmasi, industri kimia, pembuatan mesin, dan lainnya.

Pertanyaan Umum Terkait Jenis Pipa Besi

Setelah mengetahui pengertian dan jenis-jenis pipa besi, apakah Anda masih memiliki pertanyaan yang belum terjawab? Tenang, kami menyediakan beberapa informasi tambahan khusus untuk Anda. Berikut ini merupakan pertanyaan umum terkait jenis pipa besi yang perlu diketahui.

Pipa Galvanis untuk Apa?

Pada umumnya, pipa galvanis berfungsi untuk diaplikasikan pada bagian luar bangunan. Hal ini dikarenakan pipa galvanis memiliki tingkat ketahanan yang tinggi. Namun, pipa galvanis tidak dianjurkan untuk aliran air panas karena berpotensi membuat lapisan zinc yang ada di dalamnya mengelupas.

Ketahanan tinggi yang ditawarkan pipa galvanis juga membuatnya mampu dimanfaatkan untuk instalasi listrik. Pada beberapa jenis pipa galvanis, spesifikasi uniknya mampu meminimalisir terjadinya gangguan instalasi listrik dan juga melindungi kabel agar tidak mudah rusak ataupun mengelupas. Bahkan, pipa galvanis juga banyak digunakan di rumah sakit untuk aliran gas oksigen. Jika ingin memahami fungsi pipa galvanis dengan lebih baik, Anda bisa membaca artikel berikut ini: Mempelajari Fungsi dan Jenis Pipa Galvanis

Pipa Hitam untuk Apa?

Pipa hitam merupakan salah satu material bangunan dengan daya tahan tinggi yang terbuat dari bahan besi atau baja berkualitas. Sebelum tahun 1960, pipa ini biasa digunakan sebagai saluran air dan gas di rumah-rumah. Sedangkan saat ini, pipa hitam banyak dipakai untuk pembangkit listrik, pabrik petrokimia, kilang minyak dan gas. Fungsi utama dari pipa hitam sendiri adalah mengangkut cairan dan gas yang memiliki tekanan dan suhu tinggi.

Itulah tadi informasi mengenai pipa besi yang perlu Anda ketahui. Dengan lebih mengenali apa saja jenis-jenis pipa besi, pastinya Anda dapat memilih mana yang tepat dengan kebutuhan konstruksi. Jangan lupa untuk menggunakan tenaga profesional saat pemasangan pipa besi dalam konstruksi.

Sedang membutuhkan pipa untuk dukung proyek konstruksi? Galvanized pipe dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Yuk hubungi Indosteger sekarang juga, solusi scaffolding dan aksesoris konstruksi terbaik untuk Anda.

 

sumber:

https://www.lamudi.co.id/journal/jenis-ukuran-harga-pipa-besi/

https://isibangunan.com/pipa-baja-hitam-2.html

Artikel Terkait

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya
whatsappweb