indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Pahami 4 Kegunaan Bijih Besi dalam Kehidupan serta Jenis Jenisnya

Sebagian besar orang mungkin masih belum mengetahui pengertian dan kegunaan bijih besi. Bijih besi adalah bahan utama dalam pembuatan pig iron. Pig iron sendiri merupakan salah satu bahan dasar yang digunakan untuk membuat baja. Seperti yang diketahui, baja merupakan salah satu material yang banyak digunakan pada berbagai produk rumah tangga.

Maka dari itu, bijih besi menjadi bahan baku yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya dalam bentuk baja, namun tentunya juga dalam bentuk besi. Untuk lebih mengenal berbagai manfaat yang diberikan oleh bijih besi, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Apa Saja Manfaat Bijih Besi?

Tidak hanya satu, bijih besi memiliki banyak manfaat. Bahkan sebagian besar manfaat yang diberikan dapat dirasakan pada kehidupan sehari-hari, terutama pada industri konstruksi. Pembangunan rumah tidak dapat dipisahkan dari penggunaan produk bijih besi sebab memiliki struktur material yang kuat. Berikut ini merupakan manfaat atau kegunaan bijih besi yang harus Anda ketahui:

1. Bahan Pembuatan Baja Lunak

Baja lunak membutuhkan bahan baku bijih besi dengan campuran karbon sebanyak 0.1% hingga 0.3%. Baja lunak merupakan jenis baja yang mudah untuk ditempa, dipotong, dan dibentuk karena sifatnya yang elastis. Sehingga, baja lunak sering digunakan sebagai material pembuatan mur, baut, sekrup, obeng, hingga pipa non paralon.

2. Bahan Pembuatan Besi Baja

Bijih besi cair yang dicetak secara langsung tanpa campuran apa pun akan menjadi bahan baku untuk menciptakan besi baja. Oleh sebab itu, besi baja memiliki kekuatan yang cukup baik dan dapat diandalkan untuk menjadi penopang struktur bangunan. Besi baja dapat digunakan sebagai penopang bawah tanah, struktur atau rangka gedung bertingkat, hingga beberapa komponen kendaraan.

Baca Juga: Mengenal Proses Pembuatan Baja dengan Lebih Dalam

3. Bahan Pembuatan Tiang Jalan

Salah satu pemanfaatan bijih besi yang sering ditemukan adalah tiang-tiang yang berada di pinggir jalan seperti tiang lampu penerangan dan rambu lalu lintas. Untuk menciptakan tiang tersebut, dibutuhkan campuran aluminium agar tiang dapat tetap berdiri kokoh dengan berat yang ringan. Campuran aluminium dan bijih besi merupakan campuran dengan harga yang terjangkau, tahan terhadap korosi, dan memiliki cara perawatan yang mudah. 

4. Bahan Pembuatan Aksesoris dan Peralatan Rumah Tangga

Selain kebutuhan pembangunan, bijih besi juga berguna sebagai bahan pembuatan aksesoris dan berbagai peralatan rumah tangga. Pembuatan berbagai produk rumah tangga ini menggunakan beberapa campuran seperti nikel, krom, tembaga, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Mengenal 7 Manfaat Besi dalam Kehidupan Sehari-hari

Campuran yang digunakan disesuaikan dengan kebutuhan dan fungsi produk. Beberapa aksesoris dan peralatan rumah tangga yang terbuat dari bijih besi antara lain gelang, kalung, cincin, tangkai kacamata, kunci rumah, panci, dan berbagai peralatan dapur lainnya.

5. Bahan Pembuatan Peralatan Kesehatan 

Bijih besi menjadi bahan baku utama dalam pembuatan peralatan kesehatan. Hal ini dikarenakan, alat kesehatan dibuat dari besi radioaktif dan dalam membuat besi radioaktif tersebut, dibutuhkan bijih besi agar besi yang dihasilkan kuat dan tahan akan karat. 

Apa Saja Jenis Bijih Besi?

Bijih besi terdiri atas komponen oksigen dan atom yang kemudian bercampur. Bijih besi memiliki beberapa jenis yaitu hematite, pyrities, magnetite, limonite, dan siderite. Agar lebih memahami berbagai jenis bijih besi tersebut, berikut merupakan penjelasan selengkapnya:

1. Hematite 

Hematite (Fe2O3) merupakan jenis bijih besi yang memiliki iron oxide paling umum. Hematite memiliki bentuk yang padat dengan warna yang merah pudar, tetapi saat dihancurkan warna bijih besi hermitate akan berubah. Untuk saat ini, hematite adalah jenis bijih besi yang dapat ditemukan dengan mudah di berbagai produk bijih besi. 

2. Pyrities 

Jenis bijih besi yang kedua adalah pyrities (FeS2). Pyrities adalah bijih besi yang memiliki tampilan warna kuning mengarah ke cokelat dan menjadi salah satu jenis bijih besi yang termasuk dalam besi sulfat. Dalam jenis bijih besi pyrities, kandungan besi di dalamnya sebesar 45% hingga 47%. Pyrities dapat ditemukan di negara Amerika, Rusia, Kanada, dan India. 

3. Magnetite 

Magnetite (Fe3O4) adalah jenis bijih besi dengan karakteristik sifat langka yaitu magnetis. Di dalam magnetite, terdapat dua bahan alami yang memiliki sifat magnetis dan dapat digunakan sebagai magnet permanen. Selain itu, magnetite juga dikenal dengan kandungan besi yang cukup banyak jika dibandingkan dengan hematite. Anda dapat menemukan magnetite dengan mudah sebab bahan baku pembuatan magnetite telah tersebar luas dalam jumlah besar.

4. Limonite 

Limonite (2Fe2O3.3H2O) atau biasa disebut hydrated hematite jenis bijih besi yang berwarna kuning kemerahan dan terbentuk akibat terjadinya pelapukan batuan dengan kandungan besi. Limonite disebut hydrated karena di dalamnya terkandung jumlah mineral oksida besi yang cukup besar dan terbentuk menjadi endapan di area mata air. Area mata air sendiri memiliki air yang bersifat asam dengan muatan besi. 

5. Siderite

Jenis bijih besi selanjutnya adalah siderite (FeCO3). Siderite adalah bijih besi yang mengandung besi sebanyak 40% hingga 48% di dalamnya. Sebelum dibuat menjadi olahan besi menggunakan blast furnace, siderite harus dihancurkan dan dipanaskan dengan suhu tinggi. Jenis bijih besi siderite dapat ditemukan di Austria yang merupakan tambang siderite tertua. 

Jadi itu dia beragam jenis dan manfaat bijih besi. Pada dasarnya, bijih besi menjadi salah satu bahan baku paling penting dan digunakan pada sebagian besar peralatan berbahan dasar besi maupun baja. 

Dalam pengolahan bijih besi, terdapat 6 langkah yang harus dilakukan yaitu penyaringan, penghancuran, pemasokan pada crusher, penggilingan, pemisahan gravitasi spiral, dan pemisahan magnetik. Setelah melewati seluruh langkah tersebut, barulah bijih besi dapat didistribusikan.

Apabila Anda membutuhkan produk baja ringan yang terbuat dari bijih besi berkualitas dan kuat jika digunakan dalam konstruksi, Indosteger dapat menjadi solusi yang tepat. Indosteger menyediakan beragam ukuran baja ringan, penyewaan scaffolding, dan komponen scaffolding. 

Kunjungi website Indosteger sekarang juga untuk mendapatkan harga hollow baja ringan 4x4 per batang dan berbagai kebutuhan konstruksi lain yang terjangkau. Semoga informasi kegunaan bijih besi ini dapat berguna!

Recent Articles