indosteger@gmail.com   +62218294428

News

6 Macam Macam Gaya Dalam Struktur Bangunan

Macam macam gaya dalam struktur bangunan terdiri dari berbagai bentuk. Tentunya setiap gaya memiliki cara kerja dan hasilnya sendiri. 

Struktur bangunan dalam bentuk serta sebesar apapun membutuhkan setiap gaya yang dibahas secara lengkap di sini. Untuk lebih jelas, simak rangkumannya di bawah ini.

Macam Macam Gaya Dalam Struktur Bangunan

Struktur bangunan memiliki beberapa macam gaya. Setiap gaya ini selalu berkaitan dengan timbulnya regangan dan tegangan. Itu semua merupakan proses yang normal demi bisa mendapatkan struktur bangunan yang kuat dan kokoh. Jadi, apa saja gaya dalam struktur bangunan?

 

1. Tarik

Gaya dalam struktur bangunan yang pertama adalah gaya tarik. Gaya ini memiliki kecenderungan untuk menarik elemen tersebut. Bahkan hingga terputus. Kekuatan tarikan tergantung dari berapa luas penampang elemen atau material yang memang digunakan. 

Biasanya, elemen yang mendapatkan gaya tarik mempunyai kekuatan tinggi. Sebut saja kabel. Namun kekuatannya tergantung dari seberapa panjang elemen tersebut. Apalagi tegangan tarik juga terdistribusi secara merata pada penampang elemen. Inilah yang membuat elemen tersebut harus kuat dalam menghadapi gaya tarik.

 

2. Tekan

Gaya tekan tidak seperti tarik yang memang hanya melepaskan saja. Gaya tekan cenderung memberikan hasil akhir tekukan atau bahkan kehancuran elemen. Elemen dengan bentuk lebih pendek akan hancur. Namun elemen panjang lebih sering mendapatkan hasil menekuk dibandingkan hancur. Hasil akhir menjadi menekuk ini memang lebih sering terlihat di elemen panjang, sebut saja tiang besi. Alasan utama terjadinya hasil menekuk ini karena elemen panjang tidak dapat memikul beban tekanan yang diberikan.

 

3. Lentur 

Gaya dalam struktur bangunan yang selanjutnya adalah lentur. Elemen bisa menjadi lentur karena akibat adanya beban transversal. Ketika menjadi lentur, serat-serta dalam elemen menjadi memanjang, mengalami tarikan, dan ada gaya tekan yang terjadi juga di sisi lain.

Jadi ketika ada gaya lentur, terdapat pula aksi tekan dan tarik. Biasanya tegangan tarik dan tekan berada dalam satu garis tegak lurus pada permukaan elemen.

 

4. Geser

Gaya geser adalah kondisi saat ada aksi gaya berlawanan yang menyebabkan salah satu bagian struktur bergerak secara tiba-tiba ke bagian terdekatnya. Tegangan gaya geser akan timbul dalam arah tangensial ke permukaan yang tergelincir. Biasanya, gaya geser muncul pada material konstruksi bangunan rumah seperti balok.

 

5. Torsi

Secara harfiah, torsi adalah puntir yang bisa muncul dari berbagai macam kondisi. Puntir ini layaknya tekanan memutar tetapi di satu titik itu saja. Tidak bergerak ke titik yang lain. Ketika ada gaya puntir, muncul tegangan tarik dan tekan secara sekaligus.

 

6. Tumpu

Gaya tumpu bisa muncul saat dua elemen saling mengalirkan gaya satu sama lain. Tegangan yang terjadi mempunyai arah garis tegak lurus di bagian permukaan elemen.

Sekarang Anda sudah mengenal enam macam gaya dalam struktur bangunan. Tanpa Anda sadari, setiap gaya di atas ada di dalam kehidupan sehari-hari juga. Apalagi dalam struktur bangunan yang terhitung kompleks.

Menciptakan bangunan yang kuat dan kokoh, termasuk beton, perlu bantuan dari material konstruksi berkualitas dan konstruksi bangunan tahan gempa. Untuk itulah Indosteger memberikan solusi kepada Anda. Tersedia berbagai macam produk material konstruksi \ yang bisa Anda dapatkan di sini dengan harga terjangkau dan sistem pembelian secara online. Berapapun jumlah barang yang Anda butuhkan, Indosteger siap menyediakan. Dengan informasi macam macam gaya dalam konstruksi bangunan, dapatkan sewa cetakan beton bersama Indosteger sekarang juga. 

Recent Articles