indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Mengenal 7 Manfaat Besi dalam Kehidupan Sehari-hari

Manfaat besi dalam kehidupan sehari-hari sudah tidak disangsikan lagi. Hampir seluruh aspek kehidupan kita melibatkan penggunaan barang bermaterial besi. Faktanya, pemanfaatan besi tidak hanya berputar pada pembuatan perabotan, tapi juga bidang lainnya.

Apa Saja Manfaat Besi dalam Kehidupan Sehari-hari?

Bagaimana besi bisa menjadi material populer untuk pembuatan peralatan? Pemanfaatan besi sudah dikenal sejak zaman prasejarah, di mana manusia sudah membuat barang-barang dari besi. Saat itu, manusia melebur bijih besi, kemudian menuangkannya ke dalam cetakan. 

Hasil cetakan tersebut menciptakan berbagai peralatan yang melengkapi kebutuhan manusia. Teknik pembuatan peralatannya lebih sempurna sehingga besi dipilih sebagai logam menggantikan tembaga dan perunggu. Titik lebur besi sangat tinggi, belum lagi sifatnya yang keras membuat besi menjadi material unggulan hingga saat ini.

Seperti apa pemanfaatan besi dalam kehidupan sehari-hari? Berikut ini Indosteger sajikan beberapa contoh pemanfaatan besi yang sering digunakan.

1. Peralatan Rumah Tangga

Peralatan rumah tangga yang lazim memanfaatkan besi adalah perkakas dapur. Jika melihat dapur, Anda akan menemukan berbagai perkakas yang terbuat dari besi. Mulai dari sendok, garpu, pisau, dan lain-lain. Tidak hanya itu, furnitur dapur juga banyak yang terbuat dari besi, salah satunya oven.

Selain dapur, material besi juga digunakan untuk keperluan rumah tangga lainnya. Contohnya, dipan kasur masa kini pun banyak yang terbuat dari besi. Biasanya, besi yang digunakan berjenis stainless, jadi peralatan rumah lebih awet.

Baca Juga: Ikuti Pembuatan Kitchen set dari Besi Hollow

2. Material Konstruksi

Konstruksi bangunan, jembatan, dan fondasi, semuanya terbuat dari besi. Spesifikasi besi yang digunakan lebih kuat lagi karena fungsinya sebagai penopang. Besi yang digunakan berbentuk batangan yang panjang, seperti besi beton. Keuntungannya, konstruksi jadi lebih tahan lama dan tidak mudah goyah oleh guncangan apapun.

3. Alat Perkakas

Peralatan pertukangan yang Anda gunakan rata-rata terbuat dari besi. Pasalnya, besi memiliki tekstur yang sangat kuat. Kelebihan ini membuat alat perkakas bisa digunakan untuk kegiatan pertukangan seberat apapun. Sekuat apapun besinya, alat perkakas harus dijaga agar tidak rusak atau berkarat.

4. Alat Keamanan

Sifat besi yang keras dan tidak mudah dihancurkan membuat material ini dipilih untuk membuat alat keamanan. Gembok, loker, kunci, dan brankas merupakan beberapa material keamanan yang terbuat dari besi. Peralatan tersebut tetap bertahan meski ada beberapa orang yang berusaha menghancurkannya, hanya muncul sedikit lecet atau penyok di beberapa 

5. Otomotif

Seluruh kerangka kendaraan, termasuk mobil, rata-rata terbuat dari besi. Material ini tahan panas dan tidak mudah terbakar, jadi digunakan pula di dunia otomotif. Tidak hanya kerangka, bagian dalam mobil seperti gear box, piston, dan lain-lain pun terbuat dari besi.

6. Kerajinan Tangan

Ada pula jenis besi yang mudah dibentuk, sehingga dimanfaatkan untuk membuat kerajinan tangan. Kerajinan ini bisa dimanfaatkan sebagai perkakas rumah, mebel, hingga dekorasi. Biasanya, jenis besi yang digunakan adalah stainless karena mudah dibentuk terlepas dari teksturnya yang kuat dan padat.

Baca Juga: 6 Bahan Untuk Menjadi Dekorasi Kamar Minimalis

7. Talang Air

Talang air yang dipasang di rumah atau bangunan lainnya ada pula yang terbuat dari pipa besi. Alasannya, besi merupakan material yang tidak mudah bocor atau rusak. Berbagai jenis besi dibuat dengan lapisan logam sehingga tahan lama dan tidak mudah mengalami korosi.

Anda bisa memanfaatkan besi hollow dari Indosteger untuk membuat talang air dan berbagai karya lainnya di atas. Indosteger memberikan harga hollow baja ringan 4x4 per batang yang terjangkau dan Anda bisa memesannya secara online dengan menghubungi kami. Rasakan manfaat besi dalam kehidupan sehari-hari dengan membangun peralatan menggunakan besi hollow Indosteger.

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya