indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Ikuti Pembuatan Kitchen set dari Besi Hollow

Kitchen set dari besi hollow masuk dalam daftar teratas perabotan yang dicari-cari oleh pemilik rumah. Tampilannya yang modern minimalis serta kualitasnya yang kokoh menjadikan kitchen set dari besi hollow semakin diincar. Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, Anda bisa membuat kitchen set dari besi hollow dengan budget murah, lho!
 

Kenapa Harus Punya Kitchen Set?

Jika membahas soal dapur, pasti perabotan yang terpikirkan oleh Anda adalah meja dan kursi makan, kulkas, kompor, dan oven. Namun, ada lagi perabotan dapur yang sesungguhnya tidak boleh terlewatkan, yaitu kitchen set. Dapur tidak hanya menjadi ruangan untuk memasak, tetapi juga untuk menyimpan peralatan memasak. Di mana lagi Anda bisa menyimpan bumbu masak, panci, mixer, dan toples? Tentu saja di dalam kitchen set. 

Kitchen set merupakan perabotan yang biasanya dipesan custom. Artinya, desain dan ukurannya disesuaikan dengan kebutuhan ruang dan selera penghuni. Fungsi utama dari kitchen set adalah sebagai tempat penyimpanan yang rapi. Selain itu, kitchen set juga membuat tampilan dapur Anda jadi lebih cantik dan tentunya memberikan kenyamanan setiap kali Anda memasak di dapur.
 

Cara Membuat Kitchen Set dari Besi Hollow

Kitchen set pada umumnya memang dibuat dari material kayu. Seiring perkembangan zaman, kini banyak orang yang lebih memilih kitchen set dari besi hollow yang lebih awet, tidak mudah karatan, dan tahan panas. Tampilan kitchen set dari besi hollow juga sangat modern, cocok untuk rumah millennial. Anda pun bisa mengikuti panduan membuat kitchen set dari besi hollow berikut ini.
 

1. Ukur ruangan dapur

Setiap rumah memiliki ukuran dapur yang berbeda-beda. Tidak semua dapur juga memiliki bentuk ruangan yang kotak sempurna, ada pula yang memiliki sela-sela atau lekuk yang perlu diperhatikan. Karenanya, sebelum membuat kitchen set dari besi hollow, ukur dulu dapur, khususnya di tempat kitchen set akan terpasang. Sebagai tips, pastikan ukuran rangka kitchen set nanti dikurangi 3 mm supaya kitchen set bisa terpasang dengan pas.
 

2. Buat rangka kitchen set

Waktunya untuk membuat rangka kitchen set dari besi hollow, sesuai dengan desain dan detail ukuran yang sudah Anda rancang. Kami sarankan untuk menggunakan besi hollow dengan ketebalan 1 mm. 

Sebagai referensi saja, kitchen set dari besi hollow bisa dibuat dengan menggunakan besi hollow 4x6 untuk rangka depan, besi hollow 1,5x3 untuk rangka dalam, besi hollow 1,5x1,5 untuk palang depan, dan besi hollow 2x4 full untuk rangka pintu kitchen set. Tentunya ukuran besi hollow bisa disesuaikan dengan desain kitchen set yang ingin Anda buat, ya. 

Setelah mempersiapkan semua potongan besi hollow, las hingga membentuk rangka kitchen set yang diinginkan. Jangan lupa juga untuk menempatkan dudukan di bagian-bagian laci dan sekat kitchen set untuk tempat baut.
 

3. Semprotkan cat epoxy dan cat dasar

Sekarang, Anda perlu menyemprotkan cat epoxy berwarna putih ke seluruh bagian rangka kitchen set. Jangan sampai ada bagian yang tertinggal agar cat dasar nanti bisa melekat sempurna. Diamkan hingga kering, lalu lanjutkan ke cat dasar.

Sesuaikan saja warna cat dengan selera Anda, namun kami sangat merekomendasikan warna hitam dan putih yang modern. Pilihan cat terserah pada Anda, entah itu cat duco atau cat minyak. Sebaiknya, berikan 2 lapisan cat karena mengingat area dapur cukup lembap, sehingga kitchen set dari besi hollow harus benar-benar dilapisi dengan cat yang cukup tebal.

Baca juga: Cara Membuat Lemari Baju dari Besi Hollow
 

4. Pasang engsel sendok pada pintu

Jika sudah siap, pasang engsel sendok di setiap rangka pintu kitchen set. Ambil gerinda listrik, potong bagian pinggir rangka pintu sesuai ukuran engsel. Lalu, pasangkan engsel di lubang yang sudah dibuat tadi, kencangkan dengan sekrup.
 

5. Pasang sekat multiplex

Bagian ini opsional, karena Anda bisa menggunakan multiplex atau material lainnya untuk melapisi bagian dalam kitchen set. Kali ini, kami menggunakan multiplex dengan ketebalan 12 mm. Multiplex harus diamplas dan dihaluskan terlebih dahulu, lalu dipotong sesuai dengan ukuran rangka kitchen set yang sudah dibuat. 

Kemudian, lapisi dengan kertasive agar multiplex terlihat bagus. Selanjutnya, Anda tinggal memasang dan mengencangkan multiplex ke sekat-sekat kitchen set menggunakan baut. Mutliplex juga bisa ditempel dengan double tape 3M ke frame luar pintu untuk desain yang cantik. 

Langkah terakhir, Anda hanya perlu menyusun rak dan laci kitchen set. Pasang rel roda di bagian rak dengan hati-hati. Anda pun berhasil membuat kitchen set dari besi hollow. Temukan harga besi hollow terbaik hanya di Indosteger. Yuk, buat kitchen set dari besi hollow sendiri sekarang juga!

Baca juga: Cara Membuat Rak Besi Sendiri

Recent Articles