indosteger@gmail.com   +62218294428

News

DIY: Saringan Air Sederhana dari Paralon

Air merupakan salah satu kebutuhan primer dalam kehidupan. Tentunya Anda membutuhkan air yang bersih untuk memasak, minum, mandi, dan lainnya. Sayangnya, di daerah-daerah tertentu, suplai air belum memiliki kualitas yang baik. Entah itu airnya keruh, kotor, atau bau, tentu hal tersebut berisiko kurang baik terhadap kesehatan Anda. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk menggunakan saringan air.

Tenang saja, Anda bisa membuat saringan air dari paralon secara sederhana. Caranya pun tidak terlalu sulit sehingga Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Cari tahu penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Manfaat menggunakan saringan air

Sesuai namanya, saringan air berfungsi untuk menyaring air yang kualitasnya bermasalah. Misalnya air yang kotor, keruh, kuning, berkapur, atau bau. Nah, penggunaan saringan air bisa membantu Anda untuk menjernihkan air tersebut. Pasalnya, jika Anda tetap menggunakan air yang kotor untuk memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari, Anda bisa berisiko terkena kuman atau virus.

Baca Juga : Cari Tahu Harga Pipa Galvanis dan Ukurannya di Sini!

Air yang kotor atau tercemar biasanya mengandung virus berbahaya. Salah satunya adalah E.coli, sebuah bakteri yang jika tertelan bisa menyebabkan diare. Bahkan dalam kasus yang lebih parah, diare tersebut bisa disertai dengan keluarnya darah. Bakteri lain yang juga kerap ditemukan pada air tercemar adalah Salmonella. Jika Anda mengonsumsi air yang mengandung Salmonella, Anda bisa terserang berbagai penyakit seperti demam dan dehidrasi.

Alat-alat untuk membuat saringan air dari paralon

Tentunya Anda tidak ingin mengalami risiko-risiko tersebut, kan? Karenanya, gunakan saringan air dari paralon. Untuk membuat saringan air dari paralon, berikut alat-alat yang akan Anda butuhkan:

  • 1 buah lem pipa PVC
  • 1 meter selang air
  • 5 buah L-1/2 dim
  • 2 buah dop paralon ½ dim
  • 4 buah dop paralon 3 dim
  • 80 cm pipa paralon ½ dim
  • 75 cm pipa paralon 3 dim
  • Pipa paralon 5 dim

Selain alat-alat di atas, ada juga sejumlah bahan yang Anda butuhkan untuk membuat saringan air dari paralon, yaitu:

  • 1 ember arang
  • 1 ember batu kerikil
  • 1 ember pasir
  • 2 buah kapas filter aquarium

Cara membuat saringan air sederhana

Sudah menyiapkan seluruh alat dan bahan di atas? Sekarang saatnya Anda mulai membuat saringan air dari paralon. Ini dia langkah-langkah yang bisa menjadi panduan Anda:

  1. Potong paralon 3 dim menjadi dua bagian, bagian pertama sepanjang 37 cm dan bagian kedua sepanjang 44 cm.
  2. Pada masing-masing paralon 5 dim, buatlah lubang seukuran pipa ½ dim dengan tinggi 12 cm dari bakal alas paralon 5 dim.
  3. Potong pipa ½ dim menjadi empat, masing-masing sepanjang 10 cm. Satu pipa akan digunakan untuk inlet, satu lagi untuk outlet, dan dua lainnya untuk bagian dalam pipa 5 dim.
  4. Rekatkan outlet dengan L dan pipa 10 cm yang sudah dilubangi kecil-kecil, kemudian pasang dop ½ dim pada ujung pipa ½.
  5. Pastikan rekatannya sudah kuat, baru setelah itu pasang rangkaian pada pipa 5 dim yang lebih pendek. Berikan lem agar terpasang dengan kuat.
  6. Pasangkan dop 5 dim pada bagian bawah masing-masing pipa 5 dim. Jangan lupa berikan lem agar bisa merekat kuat.
  7. Berikan lubang seukuran pipa ½ dim di kedua dop 5 dim yang belum terpasang, kemudian pasang pipa ½ dim sepanjang 10 cm.
  8. Rakitlah pipa penghubung antara pipa 5 dim pendek dan pipa 5 dim panjang.
  9. Untuk memudahkan pengisian filtrat, Anda tidak perlu mengelem dop bagian atas.

 

Kini Anda sudah tahu cara membuat saringan air dari paralon untuk menyaring air dari kotoran. Tak perlu bingung membeli alat dan bahannya, Anda bisa mendapatkannya secara online melalui situs Indosteger.com!

Recent Articles