indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Harga Pipa Galvanis Berdasarkan Sepesifikasi Ukuran

Saat mendirikan sebuah bangunan, segala bahan harus dipersiapkan dengan baik agar bangunan tetap berdiri kokoh dan kuat. Salah satu bahan material yang penting untuk diperhatikan adalah pipa. Dalam pemilihan pipa, harus menggunakan jenis pipa yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan. 

Pipa yang banyak diketahui oleh masyarakat luas adalah pipa PVC. Pipa ini sering digunakan untuk mendirikan bangunan. Selain pipa PVC, salah satu jenis pipa lainnya yang diminati oleh banyak orang adalah pipa galvanis.

Apa Itu Pipa Galvanis?

Pipa galvanis adalah pipa yang terbuat dari besi atau seng yang telah melalui proses galvanisasi. Galvanisasi sendiri adalah proses mencelupkan besi ke dalam seng cair yang nantinya akan membentuk lapisan anti karat.

Proses tersebut lah yang kemudian menjadi nama bagi pipa jenis ini dan membuatnya memiliki awet dan tahan karat. Karena kualitasnya ini, jenis pipa ini sudah banyak digunakan dalam proses konstruksi; dengan menggunakan pipa besi galvanis, Anda tidak perlu terlalu memusingkan perihal perawatan konstruksi Anda.

Baca Juga: Harga Besi Pipa Galvanis dan Sewa Perbulan

Apa Saja Jenis Jenis Pipa Galvanis?

Secara umum, pipa galvanis terbagi ke dalam 3 jenis; Medium A, Medium B, dan Non-Medium.

Apa yang menjadi pembeda dari ketiga jenis pipa galvanis tersebut?

Yang menjadi pembeda utama adalah kualitas. Secara urutan, pipa galvanis dengan kualitas terbaik adalah pipa jenis medium A, disusul dengan medium dan non-medium.

Walaupun memiliki kualitas yang berbeda-beda, ketiga jenis pipa galvanis tersebut memiliki spesifikasi dan ukuran yang serupa. Ukuran diameter pipa galvanis umumnya berada di angka 1.5 hingga 4 inci. Lalu, untuk ulir, umumnya pipa galvanis memiliki jumlah 8 hingga 14 ulir. Terakhir, untuk panjang ulir pipa galvanis tersedia dalam ukuran 19 hingga 41 mm.

Baca Juga: Apa Perbedaan Pipa Galvanis Medium A dan B?

Apa Saja Kelebihan Pipa Besi Galvanis untuk Rumah Anda?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu alasan mengapa banyak orang menggunakan pipa galvanis adalah karena kelebihan yang ditawarkannya. Melalui proses pembuatannya, pipa galvanis secara alami memiliki lapisan anti karat yang luar biasa. Namun, pipa galvanis tidak hanya menawarkan sifat anti karat saja.

Berikut adalah beberapa kelebihan pipa besi galvanis yang dapat Anda jadikan pertimbangan.

1. Minim Perawatan

Kelebihan satu ini adalah alasan terkuat mengapa orang-orang menggunakan pipa galvanis. Karena sifatnya yang anti karat, pipa galvanis tidak membutuhkan banyak perawatan. Hal ini berarti Anda bisa menggunakan uang perawatan untuk pos-pos pengeluaran yang lainnya.

2. Daya Tahan Terhadap Tekanan Yang Tinggi

Karena pipa galvanis memiliki lapisan tambahan, sudah sewajarnya jika jenis pipa besi ini memiliki daya tahan terhadap tekanan air yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis besi yang lain.

3. Menambah Kekuatan Struktur Bangunan

Pipa galvanis tidak hanya bisa dijadikan pipa untuk kebutuhan harian, seperti pelindung kabel dan saluran sanitasi. Karena sifat kokohnya, pipa galvanis juga sering digunakan untuk menambah kekuatan pondasi atau struktur bangunan secara menyeluruh.

Baca Juga: 4 Kelebihan Besi Galvanis Untuk Konstruksi Bangunan

Apa Saja Kegunaan Pipa Besi Galvanis Dalam Proses Konstruksi?

Pipa galvanis merupakan pipa yang memiliki banyak fungsi namun harganya terjangkau. Pipa galvanis adalah pipa yang terbuat dari besi, namun bagian luarnya dilapisi oleh seng. Pelapisan seng ini berguna untuk mencegah pipa agar tidak mudah korosi. Banyak kelebihan pipa besi galvanis, antara lain 

1. Pelindung kabel

Pipa galvanis membantu kabel instalasi listrik agar lebih rapi dan teratur. Apabila kabel dibiarkan tanpa menggunakan bantuan pipa galvanis, maka kabel akan terlihat berantakan dan tidak rapi. Kabel tersebut akan membahayakan penghuni rumah dan cepat putus. Pipa galvanis berguna untuk melindungi kabel listrik agar melindungi kabel dari risiko-risiko tersebut.

2. Bahan konstruksi bangunan

Pipa galvanis sering digunakan dalam pembuatan konstruksi bangunan. Fungsi dari pipa galvanis pada bangunan adalah untuk pagar rumah. Pipa galvanis banyak digunakan sebagai pagar karena terdapat lapisan anti karat, sehingga pagar dapat lebih awet. Selain itu, pipa galvanis berguna untuk bahan pegangan pada tangga. Selain membuat pegangan tangga lebih awet, maka rumah dapat terlihat lebih mewah.

3. Sistem Sanitasi

Pipa galvanis digunakan untuk sistem sanitasi atau saluran air. Dengan lapisan luar dari pipa galvanis yang memiliki anti-karat, maka sangat cocok untuk digunakan sebagai sistem saluran air. Air yang biasa menyebabkan karat, namun pipa galvanis akan tetap awet karena anti karat. Pipa ini cocok untuk air, namun tidak disarankan untuk mengalirkan gas atau air panas.

Pipa galvanis memiliki banyak jenis atau tipe. Bentuk pipa galvanis juga beragam, yaitu ada yang berbentuk seperti pipa biasa, berbentuk huruf C, berbentuk huruf U, dan banyak bentuk lainnya. Oleh karena itu, harus melakukan survei untuk menemukan pipa galvanis yang sesuai kebutuhan. Selain bentuk, pipa galvanis juga dibedakan dari ketebalan dinding dan kualitasnya. Kualitas dari pipa galvanis dibagi menjadi kualitas kelas Medium A, Medium B, dan kelas Nonmedium.

Apa Perbedaan Pipa Besi Galvanis dan Pipa Besi Hitam?

Pipa besi galvanis sering dibandingkan dengan pipa besi hitam. Hal ini bukan tanpa alasan. Baik pipa besi galvanis dan pipa besi hitam terbuat dari bahan baja yang sama. Perbedaan utama dari keduanya adalah batang pipa besi galvanis dilapisi oleh lapisan seng yang membuatnya lebih awet dan tahan lama.

Selain dari bahan, keduanya juga memiliki perbedaan dari fungsi. Besi pipa hitam, misalnya, walaupun juga dapat digunakan sebagai saluran air, lebih cocok digunakan untuk saluran gas pada rumah atau bangunan daripada jenis pipa besi galvanis. Mengapa demikian? Karena jenis pipa besi galvanis memiliki lapisan seng yang dapat terkelupas dan menyumbat aliran gas.

Perbedaan yang kemudian cukup penting diketahui adalah perbedaan harga kedua besi. Karena terbuat dari material yang lebih baik, harga pipa besi galvanis umumnya lebih mahal ketimbang harga pipa besi hitam. Selain karena elemen seng, pipa besi hitam juga tidak memiliki lapisan anti karat yang dimiliki jenis pipa galvanis

Misalnya, ukuran pipa besi Galvanis SCH 40 dengan diameter 3 inch berada di kisaran harga Rp. 300,000,00 hingga Rp. 335.000,00. Sementara itu, pipa hitam dengan ukuran yang sama berada di kisaran Rp. 240.000,00 hingga Rp. 260.000,00

Harga Pipa Galvanis

Terlepas dari jenis, bentuk, dan kualitas pipa, beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli pipa galvanis adalah ukuran dan harganya. Berikut ini adalah daftar ukuran dan harga pipa galvanis yang terbaru yang perlu Anda ketahui.

Tipe Pipa Galvanis

Ukuran

Harga

Galvanis Medium

1/2  inchi x 2,45mm x 6m

Rp. 112.000

Galvanis Medium

3/4  inchi x 2,45mm x 6m

Rp. 144.000

Galvanis Medium

1 inchi x 3mm x 6m

Rp. 221.000

Galvanis Medium

1- 1/4 inchi x 3,10mm x 6m

Rp. 292.000

Galvanis Medium

1- 1/2 inchi x 3,10mm x 6m

Rp. 335.000

Galvanis Medium

2 inchi x 3,40mm x 6m

Rp. 457.000

Galvanis Medium

2- 1/2 inchi x 3,40mm x 6m

Rp. 583.000

Galvanis Medium

3 inchi x 3, 75mm x 6m

Rp. 752.000

Galvanis Medium

4 inchi x 4,20mm x 6m

Rp. 1.089.000

Galvanis Medium

5 inchi x 4, 60mm x 6m

Rp. 1.466.000

Galvanis Medium

6 inchi x 4, 60mm x 6m

Rp. 1.745.000

Galvanis Medium

8 inchi x 6, 10mm x 6m

Rp. 3.092.000

Demikianlah informasi daftar harga pipa galvanis dan ukurannya yang terbaru. Semakin besar ukuran pipa galvanis, maka semakin besar pula harga pipa galvanis. Mesikpun begitu, pepatah yang mengatakan 'Ada harga, ada barang' sangat berpengaruh di sini. Harga pipa galvanis yang tinggi disebebkan oleh kualitasnya yang tinggi. Oleh karena itu, jika Anda menginginkan sifat awet dan tahan lama pada bangunan Anda, tidak ada salahnya Anda membeli pipa besi galvanis.

Recent Articles