indosteger@gmail.com   +62818716828

6 Model Teras Rumah Panjang ke Samping yang Bisa Anda Jadikan Inspirasi

Media
08 Jun 2023

Indosteger

Indosteger adalah platform jual dan sewa scaffolding dengan proses produksi menggunakan teknologi tinggi dan bahan berkualitas sehingga hasil produksi berstandard nasional.

Apakah Anda punya lahan yang cukup luas untuk membangun teras rumah? Jika iya, maka Anda bisa memanfaatkan lahan tersebut untuk membuat model teras rumah panjang ke samping. Bagian teras yang bentuknya memanjang ke samping akan membuat rumah Anda tampak lebih luas. 

Anda juga bisa meletakkan furnitur yang unik dan menarik untuk memperindah tampilan teras. Bahkan, Anda juga bisa membuat mini taman untuk bersantai pada pagi atau sore hari. Bagi Anda yang mencari referensi model teras rumah yang panjang ke samping, mari simak uraian lengkap di bawah ini. 

6 Rekomendasi Model Teras Rumah Panjang ke Samping untuk Hunian

Teras rumah merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah hunian, terutama bagi Anda yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia. Selain memberikan nilai estetika, teras juga berfungsi sebagai tempat untuk bersantai dan menjamu tamu. 

Namun, memilih model teras yang tepat untuk rumah bisa menjadi hal yang membingungkan. Apalagi jika rumah memiliki bentuk yang panjang ke samping. Kalau begitu, yuk simak beberapa rekomendasinya di bawah ini. 

1. Teras Memanjang ke Samping Desain Modern

Teras Memanjang ke Samping Desain Modern

Model teras yang satu ini cocok Anda terapkan pada hunian dengan konsep modern, apalagi teras yang akan Anda bangun memanjang ke samping. Sebenarnya tidak sepenuhnya memanjang ke samping, terdapat beberapa bagian teras yang memang terbagi menjadi beberapa bagian.

Baca Juga: 10 Profil Tiang Teras yang Cocok Untuk Rumah Anda 

Misalnya, pada bagian tengah teras dibangun beberapa anak tangga. Sementara di samping kiri rumah digunakan sebagai area santai dengan tambahan fitur pagar pengaman. Lalu, pada bagian kanan rumah dibangun carport. Model rumah dengan teras seperti ini akan memberikan kesan hunian yang lebih multifungsi. 

2. Desain Teras Panjang dengan Gazebo

Desain Teras Panjang dengan Gazebo

Apabila sisa lahan di rumah Anda masih cukup luas meski sudah dibangun area teras dan carport, maka Anda bisa memanfaatkannya dengan membangun gazebo. Untuk gazebonya sendiri dapat Anda manfaatkan untuk berbagai hal, seperti tempat berkumpul keluarga, makan bersama teman-teman, atau bahkan untuk berdiskusi tugas sekolah dan kuliah. 

Baca Juga: Desain Gazebo dengan Baja Ringan

Anda bisa membangun gazebo di teras rumah sesuai dengan desain yang Anda inginkan. Namun, pastikan desain tersebut cocok dengan konsep rumah Anda. Bila perlu, Anda bisa menambahkan kolam ikan di pinggir gazebo tersebut agar suasananya tampak lebih segar. 

3. Teras dengan Tempat Bermain

Teras dengan Tempat Bermain

Model teras rumah panjang ke samping juga bisa Anda manfaatkan dengan membuat tempat bermain untuk anak-anak. Jadi, teras ini terbagi menjadi beberapa bagian, misalnya bagian sebelah kiri hanya dijadikan sebagai teras rumah saja dengan tambahan furnitur seperti meja dan kursi. 

Lalu, pada bagian kanan teras dibuat tempat bermain. Anda bisa menyediakan perosotan untuk anak-anak atau area untuk mandi bola. Pastikan bagian taman ini ditutup dengan atap agar anak-anak yang bermain tidak terkena percikan air hujan. Namun, jika ingin dibuat outdoor juga bisa saja. Anda bisa membangunnya sesuai dengan preferensi pribadi. 

4. Teras Rumah Minimalis

Teras Rumah Minimalis

Meskipun model teras rumah panjang ke samping biasanya dibuat untuk memanfaatkan lahan yang kosong, tetapi Anda juga bisa membuat teras ukuran kecil agar tampak lebih estetik. Anda hanya perlu memastikan semua tata letak teras rumah tersebut rapi. 

Pada bagian bawah rumah upayakan dibuat tinggi dibandingkan tanah sekitarnya. Bentuk terasnya juga memanjang ke samping secara penuh tanpa menggunakan sekat. Untuk letak pintu rumahnya sendiri persis berada pada bagian tengah. Supaya terlihat lebih santai, Anda bisa menambahkan kursi dengan model yang lebih santai.

5. Model Teras Panjang dengan Kolam

Model Teras Panjang dengan Kolam

Memiliki kolam renang di rumah memang menjadi impian banyak orang. Sekarang, Anda bisa mewujudkannya dengan memanfaatkan lahan teras panjang ke samping di rumah Anda. Ukuran kolamnya sendiri tidak perlu besar, bahkan Anda bisa membuat kolam dengan bentuk persegi panjang. 

Apalagi jika Anda hanya memiliki 1-2 orang anak, kolam dengan ukuran kecil memanjang saja sudah cukup. Untuk mempercantik teras rumah dan kolam renang, Anda bisa menambahkan aksen tumbuhan agar suasananya tampak lebih segar. Baik itu tumbuhan sintetis maupun asli, asalkan Anda sering merawatnya agar bertahan lebih lama.

6. Model Teras Tertutup

Model Teras Tertutup

Jika model teras dengan taman bermain sebelumnya semi outdoor, sekarang Anda bisa membangun model teras rumah panjang ke samping dengan tertutup. Model teras seperti ini juga sedang cukup populer akhir-akhir ini. 

Model teras tertutup ini cocok untuk Anda yang menginginkan tempat bersantai yang lebih private. Supaya cahaya matahari bisa masuk, Anda bisa menggunakan beberapa bagian sekat menggunakan dinding kaca. Pada bagian atasnya, Anda bisa menggunakan kanopi. 

Saat memasang kanopi di teras rumah, pastikan Anda menggunakan besi kotak atau besi hollow galvanis 4x4 sebagai tulangan. Hollow galvanis ini memiliki kelebihan yang lebih tahan karat daripada hollow hitam, sehingga lebih awet dan tahan lama.

Untuk harga hollow baja ringan 4x4 per batang bisa Anda dapatkan dengan harga yang cukup terjangkau. Apalagi jika Anda membelinya di Indosteger. Jika Anda ingin bertanya tentang besi kotak ini secara lebih lanjut, hubungi Indosteger sekarang juga!

Sumber rujukan:

https://pashouses.id/pages/panduan/living/model-teras-rumah-panjang/ 

https://www.brighton.co.id/about/articles-all/rekomendasi-model-teras-rumah-panjang-ke-samping 

https://berita.99.co/model-teras-rumah-panjang-ke-samping/

Artikel Terkait

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya
whatsappweb