indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Mengenal Apa itu Pile Cap serta Langkah Pengerjaannya

Pile cap adalah salah satu bagian penting dalam pengerjaan fondasi dan kolom bangunan. Pemilihan dan pengerjaan pile cap harus dipastikan sesuai kebutuhan karena sangat penting untuk menjaga kekuatan struktur bangunan. 

Dalam sebuah struktur bangunan, peran pile cap adalah menghubungkan tiang kolom dengan fondasi. Jadi, pile cap adalah elemen yang dibutuhkan untuk memastikan beban bangunan dapat tersebar merata.

Ada beberapa jenis pile cap yang bisa dipilih berdasarkan jenis fondasi jenis kolom yang digunakan. Penentuan penggunaan pile cap juga biasanya dipengaruhi oleh lokasi kolom dan titik pusat beban. Mari simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Apa yang Dimaksud dengan Pile Cap?

Pada dasarnya, pile cap adalah matras atau bantalan beton yang tebal. Fungsi utama pile cap adalah membagi beban bangunan melalui kolom menuju beberapa tiang fondasi yang tertanam ke dalam tanah. Jumlah tiang fondasi yang tertanam di dalam tanah biasanya lebih banyak daripada tiang kolom bangunan. Nah, pile cap berfungsi menghubungkan beban dari tiang kolom menuju fondasi agar terbagi secara merata.

Baca Juga: Apa itu Kolom Pada Bangunan dan Fungsi Pentingnya

Katakanlah satu tiang kolom ditopang oleh empat tiang fondasi yang tertanam di tanah. Di antara dua tiang tersebut, dibutuhkan pile cap yang dapat membagi beban kolom menuju fondasi. Oleh sebab itu, bentuk pile cap ditentukan oleh jumlah tiang dan jarak antar-tiang. Kedalaman pile cap juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti gaya geser, pergerakan tanah, air tanah, dan beberapa hal lain.

Penggunaan pile cap sangat penting untuk menjaga bangunan lebih stabil. Jadi, ketika Anda merencanakan konstruksi bangunan baru atau merenovasi bangunan lama, pastikan Anda menggunakan pile cap untuk menjaga kestabilan bangunan.

Pentingnya Pile Cap

Jumlah tiang pancang dan jarak antar-tiang akan menentukan bentuk dan dimensi pile cap yang dipilih. Berikut beberapa opsi bentuk pile cap yang umum digunakan:

  • Triangular (untuk 3 tiang pancang)
  • Hexagonal (untuk 6-7 tiang pancang)
  • Persegi panjang (untuk jumlah tiang lainnya)

Biasanya, pile cap dibuat lebih dalam daripada plat lantai lainnya. Pile cap yang ditanam lebih dalam berarti idealnya lebih kuat menyebarkan beban secara merata. Berikut beberapa faktor yang menentukan kedalaman pile cap:

  • Kapasitas geser pile cap
  • Penyusutan dan pengembangan tanah
  • Kedalaman tiang fondasi
  • Permukaan air tanah

Untuk membuat pile cap, Anda harus mengetahui apa saja yang dibutuhkan fondasi bangunan. Jadi, Anda perlu mengetahui dulu di mana kolom dan dinding akan ditempatkan dan bagaimana alokasi beban di titik-titik tersebut.

Bagaimana Cara Membangun Pile Cap?

Dalam struktur beton bertulang, pile cap dibuat dengan menghubungkan fondasi dan kolom menggunakan sistem pengecoran besi tulangan. Artinya, Anda harus memastikan bahwa fondasi ditanam dengan baik dan tiang-tiang fondasi memiliki sisa besi yang dapat dihubungkan langsung dengan kolom, tentu dengan pile cap sebagai penghubung.

Anda mungkin sudah cukup sering melihat pengerjaan pile cap meski tidak tahu istilah atau namanya hingga menyimak artikel ini. Berikut beberapa langkah membangun pile cap dengan tepat.

Langkah 1: Persiapan Awal

Pertama-tama, Anda harus memastikan persiapan pengerjaan pile cap sudah mencukupi. Anda perlu menentukan as pile cap bangunan dengan bantuan theodolit dan waterpass yang sesuai dengan ship drawing. Baru setelahnya patok as pile cap dapat dipasang dengan runtut.

Langkah 2: Pekerjaan Galian

Selanjutnya, Anda perlu menggali tanah untuk memasang pile cap. Pastikan galian tanah sesuai dengan dimensi pile cap dan berada tepat di titik fondasi. Landasan pile cap harus pas dan tidak melenceng untuk menjaga kekuatan struktur.

Langkah 3: Pemotongan Kepala Pancang

Anda perlu mengebor fondasi atau kepala tiang pancang sampai kedalaman yang cukup untuk mengeluarkan tulang-tulang besi. Tulang-tulang besi itu kemudian akan diikatkan ke pile cap.

Langkah 4: Bekisting dan Lantai Kerja

Setelahnya, Anda perlu mengurug pasir dengan ketebalan cukup untuk menopang beban pile cap. Lalu, pasang bekisting dengan batako untuk membentuk diameter pile cap. Batako dipilih sebagai bekisting karena bisa langsung ditanam bersamaan dengan pile cap dan aman dari gangguan rayap atau faktor alam lainnya.

Baca Juga: Bekisting Adalah Konstruksi Pendukung Bangunan untuk Pekerjaan Beton

Langkah 5: Penulangan Pile Cap

Langkah kelima, Anda bisa menyambungkan tulangan-tulangan pile cap dengan tulangan dari fondasi bawah dan tulangan untuk kolom. Selanjutnya, pasanglah kaki ayam pada pile cap, pasang stek, dan pasang beton decking.

Langkah 6: Pengecoran

Langkah terakhir adalah mengecor pile cap dengan cairan beton. Pastikan bekisting Anda kuat dengan dikelilingi tanah. Pengecoran pile cap juga harus rata dan tidak mengandung kantong udara.

Nah, itu dia langkah-langkah pengerjaan pile cap dan penjelasan bahwa pile cap adalah salah satu elemen terpenting dalam struktur bangunan. Itulah kenapa Anda membutuhkan pile cap yang sesuai dengan bentuk bangunan dan luas penampang bangunan. Selain itu, pastikan Anda menggunakan bahan-bahan yang berkualitas untuk membuat pile cap. Berbagai bahan dan alat berkualitas baik untuk kebutuhan konstruksi ini bisa Anda dapatkan di Indosteger.

Indosteger menyediakan berbagai alat dan material lengkap dan tepercaya untuk kebutuhan konstruksi Anda, termasuk untuk pembuatan pile cap. Anda bahkan bisa mempercepat proses pengerjaan beton pile cap dengan menggunakan suri suri bekisting yang tersedia di Indosteger.

Apabila Anda masih bingung memilih alat dan bahan yang tepat untuk konstruksi, langsung saja hubungi tim Indosteger untuk berkonsultasi. Pesan alat serta material kebutuhan konstruksi Anda di Indosteger sekarang juga!

Reference:

https://lrtjabodebek.adhi.co.id/pile-cap/ 

https://readymix.co.id/definisi-pile-cap-jenis-dan-proses-pengerjannya/ 

https://www.letsbuild.com/blog/pile-cap 

https://www.designingbuildings.co.uk/wiki/Pile_cap

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya