indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Uraian Harga Pembuatan Pintu Garasi Besi Sliding

Pintu garasi besi sliding lebih cocok untuk halaman rumah bertingkat 2, bisa membuat halaman rumah lebih modis. Garasi sebagai tempat menyimpan kendaraan kesayangan harus mampu memberi rasa aman. 

Di waktu bersamaan, kenyamanannya juga jadi aspek yang tak boleh dilewatkan. Untuk memenuhi kedua faktor penting tersebut, penggunaan pintu garasi besi sliding kerap menjadi pertimbangan utama. 

Pintu garasi yang terbuat dari bahan besi, mampu menjanjikan keamanan. Sementara itu, desain pintu sliding memberi rasa nyaman ketika ingin mengakses garasi. Anda tidak akan mengalami kesulitan ketika ingin membuka ataupun menutup pintu garasi. Hanya saja, harga jual pintu seperti ini cukup mahal. 

Perhitungan harga pintu garasi besi sliding dilakukan dengan memperhatikan ukurannya. Semakin besar besar ukuran pintu, pengeluaran yang perlu dibayarkan juga semakin banyak. Apalagi, komponen serta material yang dibutuhkan untuk membuat pintu garasi besi tersebut juga bertambah. 

Baca juga: Cara Membuat Kerajinan Lampu Hias dari Pipa PVC

 

Rincian Komponen dan Bahan untuk Membuat Pintu Garasi Besi Sliding

Lalu, seberapa besar biaya yang perlu dikeluarkan ketika ingin membuat pintu garasi geser sendiri? Untuk mendapatkan informasi tersebut, Anda perlu terlebih dahulu merinci kebutuhan bahan serta komponen. Biar lebih jelas, berikut ini adalah rinciannya: 

1. Engsel

Komponen pertama adalah engsel. Anda perlu memilih engsel yang secara khusus didesain untuk pintu garasi model sliding. Engsel ini dibutuhkan untuk bagian tengah pintu. Harganya variatif, mulai dari Rp20 ribuan hingga 80 ribuan. 

2. Rel bagian atas dan bawah

Selanjutnya, Anda memerlukan komponen berupa rel yang ditempatkan pada bagian atas dan bawah pintu. Pada model pintu garasi besi sliding, kualitas rel sangat krusial. Alasannya, karena bagian ini memiliki fungsi menopang beban pintu besi yang sangat berat. 

3. Daun pintu

Komponen utama dari pintu garasi besi sliding tidak lain adalah daun pintu. Material yang dibutuhkan untuk pembuatan daun pintu tersebut cukup bervariasi, disesuaikan modelnya. Untuk jenis pintu bermotif sederhana, Anda bisa membuatnya sendiri cukup dengan memakai material pelat besi dan besi hollow galvanis. 

4. Bracket

Keberadaan bracket juga harus diperhatikan. Kegunaannya adalah untuk menopang rel bagian atas sehingga menempel pada dinding. Kalau mau, Anda dapat membuat bracket sendiri dengan memanfaatkan besi hollow berkualitas. 

5. Roda atas dan bawah

Seperti halnya bagian rel, komponen roda juga ditempatkan pada bagian atas dan bawah pintu. Pemilihan kualitas roda pintu harus dilakukan dengan cermat. Apalagi, komponen ini punya fungsi krusial menopang beban pintu. 

Jenis roda yang dipakai untuk pintu besi beda dengan pintu kayu. Harga roda pintu sliding berbeda-beda disesuaikan penempatannya. Roda atas bagian tengah punya banderol relatif mahal, mencapai Rp300 ribuan. Sementara itu, jenis roda untuk bagian lainnya bisa didapatkan dengan banderol di bawah Rp200 ribuan. 

6. Handle asbak

Handle asbak dipasang pada bagian luar pintu, berguna ketika ingin menutup pintu dari luar. Harganya murah, berkisar di angka Rp50 ribuan. 

7. Grendel

Door guard atau grendel punya fungsi sebagai pengaman ekstra ketika menutup pintu. Harga grendel bervariasi, disesuaikan dengan jenisnya, berkisar antara Rp60 ribuan hingga Rp130 ribuan. 

8. Handle

Bagian selanjutnya dari pintu garasi besi sliding adalah handle. Pastikan bahwa bentuk handle pintu tidak hanya terlihat bagus, tetapi juga memberi kemudahan saat ingin membuka pintu. Kisaran harga handle pintu adalah sekitar Rp60 ribuan. 

Nah, itulah rincian harga pembuatan pintu garasi besi sliding yang bisa Anda ketahui. Anda pun punya pilihan untuk membeli pintu secara langsung atau mencoba untuk membuatnya sendiri. Apalagi, berbagai bahan berkualitas untuk pembuatannya bisa Anda dapatkan dengan mudah dan harga terjangkau di Indosteger. Jangan lupa, kalau Indosteger juga menyediakan jasa sewa scaffolding sekitar Jabodetabek. Semoga informasi ini bermanfaat, ya! 

Baca juga: 10 Ide Menarik Partisi Ruangan Rumah Minimalis

Recent Articles