indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Berkenalan dengan Pondasi Rollag serta Kelebihannya bagi Rumah Anda

Apakah Anda familiar dengan istilah pondasi rollag? Anda mungkin cukup sering melihat atau bahkan menggunakannya. Pondasi ini umum digunakan untuk membuat dinding pagar atau menahan beban ringan lainnya.

Pondasi seharusnya dibuat sekuat mungkin untuk menopang beban bangunan. Namun, ada pertimbangan biaya dan keperluan lain yang juga perlu diperhitungkan. Sebagai contoh, membuat dinding pagar untuk menutup rumah mungkin tidak membutuhkan pondasi yang terlalu kuat karena beban yang dipikul juga ringan. Nah, dalam skenario inilah pondasi rollag bisa digunakan.

Lantas, apa yang dimaksud dengan pondasi rollag dan bagaimana penggunaannya? Cari tahu jawabannya di bawah ini!

Apa yang Dimaksud Pondasi Rollag?

Pondasi rollag termasuk dalam kategori pondasi dangkal dengan kegunaan yang ringan. Pondasi ini tidak menggunakan besi beton seperti pondasi cor pada umumnya. Sebagai gantinya, pondasi rollag hanya menggunakan bata sebagai penopang beban. Bata-bata tersebut disusun sedemikian rupa dan dihubungkan dengan adukan semen untuk membuat struktur bangunan.

Baca Juga: Beragam Jenis Pondasi Bangunan yang Umum Diterapkan

Anda perlu menggali tanah terlebih dahulu dengan kedalaman sekitar 50-80 cm. Setelahnya, buat plat lantai dengan cor, lalu dirikan batu bata di atasnya untuk membentuk pondasi. Konstruksi pondasi ini cukup rumit dan tidak bisa menopang beban berat. Anda perlu berhati-hati memilih pondasi jenis ini, yang biasanya lebih cocok digunakan untuk konstruksi sederhana.

Biar begitu, pondasi rollag masih bisa digunakan untuk menopang beban bangunan ringan. Jadi, untuk Anda yang ingin berhemat membuat konstruksi ringan, pondasi ini bisa dipilih.

Fungsi Pondasi Rollag

Intinya, rollag bata atau pondasi bata adalah cara untuk menghemat pengeluaran dalam membuat pondasi. Biasanya, pondasi ini dikombinasikan dengan pondasi beton bertulang.

Pondasi beton bertulang akan digunakan untuk menopang beban bangunan secara utuh. Selanjutnya, pondasi rollag akan digunakan untuk membuat dinding pembatas, pagar rumah, dan semacamnya. Berikut beberapa fungsi umum dari rollag bata:

  • Mendukung konstruksi sederhana
  • Penyalur beban bangunan
  • Menyeimbangkan posisi lantai agar tidak sampai amblas
  • Membuat pagar atau pembatas parkiran dan semacamnya
  • Bisa digunakan sebagai pondasi untuk membuat kursi duduk taman berukuran kecil

Apa Kelebihan dan Kekurangan Pondasi Rollag?

Sama seperti jenis pondasi lainnya, pondasi rollag juga memiliki keunggulan dan kekurangannya sendiri. Pondasi ini jelas tidak bisa digunakan untuk membuat rumah tinggal atau bangunan berat lainnya, tapi bukan berarti tidak bisa dipilih sepenuhnya. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan pondasi rollag yang dapat menjadi bahan pertimbangan Anda.

Kelebihan Pondasi Rollag

  • Efisiensi pembuatan pondasi karena batu bata lebih cepat kering. Bata yang digunakan sebagai pondasi dapat kering lebih cepat jika dibandingkan dengan pondasi cor beton. 
  • Konstruksi sederhana, dapat dilakukan dengan tenaga manusia. Pondasi jenis ini juga dapat dilakukan tanpa bantuan mesin khusus. Anda cukup memahami teknik penyambungan batu bata dengan adukan semen.
  • Pondasi cukup dibuat dengan menggali tanah, membuat adukan semen, dan menyusun batu bata. Artinya, proses pembuatan pondasi cukup mudah dilakukan.

Kelemahan Pondasi Rollag

  • Kekuatan pondasi cenderung kurang sehingga tidak cocok untuk bangunan kompleks, hanya untuk bangunan sederhana. Pondasi ini juga lebih berisiko dan tidak sepenuhnya jadi pilihan aman, membuatnya kurang cocok pula untuk bangunan yang lebih rumit atau bertingkat.
  • Galian tanah cukup banyak, yaitu sepanjang penampang pondasi, karena itulah proses pembuatan pondasi bisa lebih lama.
  • Hanya bisa digunakan di area tanah yang stabil dan tidak bergerak. Batu bata yang disambungkan dengan cor semen sangat lemah terhadap pergerakan tanah.
  • Resistansi terhadap air cenderung rendah, sehingga kurang cocok untuk daerah dengan konsistensi air tinggi.

Apa Saja yang Harus Diperhatikan Saat Membangun Pondasi Rollag?

Tidak ada salahnya menggunakan pondasi rollag, tapi Anda hanya bisa memilih pondasi ini untuk menopang konstruksi sederhana, seperti membuat pos jaga, rumah tinggal, dan semacamnya. Pembuatan pondasi rollag juga harus lebih berhati-hati. Selain karena konstruksinya yang rumit, Anda juga harus memberikan perhatian ekstra untuk kekuatan dan keamanan pondasi. 

Berikut beberapa aspek penting yang perlu Anda perhatikan dalam pembuatan pondasi rollag:

  • Pastikan struktur tanah stabil dan tidak bergerak, tanah tidak boleh terlalu lembek.
  • Jika struktur tanah bermasalah, lakukan  pengerjaan perbaikan tanah terlebih dahulu.
  • Rencanakan pondasi dengan baik agar tidak perlu melakukan bongkar pasang pondasi jika salah di tengah jalan.
  • Pilih jenis pondasi yang sesuai dengan struktur bangunan Anda.
  • Perhatikan beberapa konstruksi, seperti fungsi bangunan, kedalaman tanah keras, dan biaya.
  • Penuhi standar kelayakan lingkungan untuk pondasi ini.
  • Pondasi ini sebaiknya dihindari jika Anda perlu membuat penopang bangunan secara keseluruhan.

Itulah ulasan singkat soal pondasi rollag dan kegunaannya untuk membangun rumah Anda. Pastikan konstruksi pondasi sesuai dengan fungsinya, khususnya untuk jenis pondasi ini. Selain itu, Anda juga perlu menggunakan alat dan bahan berkualitas baik agar bisa membangun pondasi rollag yang kuat. Untuk kebutuhan satu ini, Anda dapat mencarinya di Indosteger.

Melalui Indosteger, Anda akan menemukan berbagai alat dan bahan yang lengkap serta tepercaya untuk kebutuhan konstruksi. Mulai dari besi hollow berbagai ukuran hingga scaffolding, semuanya tersedia. Bahkan Anda pun bisa sewa scaffolding di Indosteger! Jika bingung memilih alat dan bahan yang tepat untuk kebutuhan konstruksi, langsung saja hubungi tim Indosteger untuk berkonsultasi dan segera lakukan pemesanan!

Reference:

https://www.pinhome.id/kamus-istilah-properti/pondasi-rollag/ 

https://artikel.rumah123.com/pondasi-rollag-pengertian-fungsi-kelebihan-dan-tips-pemasangannya-143242 

https://www.pengadaan.web.id/2022/03/pondasi-rollag.html

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya