indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Mengenal Pondasi Sumuran serta Kelebihan dan Detailnya dalam Konstruksi

Apakah Anda tahu bahwa jenis pondasi yang digunakan untuk membangun suatu bangunan sangat beragam? Kemungkinan besar Anda pasti sudah tahu pondasi cakar ayam atau pondasi tiang pancang. 

Namun bagaimana dengan pondasi sumuran? Apakah Anda mengenalnya? Pondasi sumuran secara sederhana merupakan suatu proses pembangunan dasar yang dilakukan dengan membuat galian berbentuk lingkaran seperti sumur. 

Jadi tidak heran mengapa pondasi satu ini disebut sumuran bukan? Mari mengenal pondasi sumuran lebih jauh supaya Anda tidak salah memilih dasar ketika membangun bangunan. Simak selengkapnya di bawah ini! 

Apa yang Dimaksud dengan Pondasi Sumuran?

Seperti yang sempat disebutkan sebelumnya bahwa pondasi sumuran adalah suatu dasar yang dibuat untuk memperkokoh bangunan dengan membuat suatu galian tanah berbentuk lingkaran. Pondasi sumuran sangat dikenal mampu bertahan di tengah bencana alam seperti longsor dan gempa yang membuat bangunan bisa langsung roboh tanpa peringatan.

Baca Juga: Konstruksi Rumah Tahan Gempa yang Aman dan Nyaman

Penggunaan jenis pondasi ini sangat tepat apabila digunakan di kawasan tanah tinggi seperti pegunungan atau di daerah yang terus terkena hujan. Jadi di kawasan tanah seperti apa Anda membangun rumah? Kalau jalanan sekitarnya terjal dan memiliki curah hujan tinggi maka Anda dianjurkan untuk menggunakan pondasi sumuran.

Pondasi sangat penting untuk membuat bangunan dapat berdiri kokoh melalui berbagai macam kondisi cuaca maupun bencana alam. Secara umum setiap jenis pondasi memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mengokohkan tanah supaya tidak bergoyang ketika ada bangunan yang dibangun di atasnya. 

Itu sebabnya pembangunan pondasi tidak pernah hanya di atas tanah melainkan di dalamnya. Kedalaman setiap galian tanah juga tergantung jenis pondasi yang dipilih. Untuk pondasi sumuran sendiri tanah galiannya berkisar antara 3 m - 5 m. 

Tentunya kedalaman tanah galian akan kembali mengikuti perhitungan, kebutuhan di lapangan, serta tinggi bangunan yang dibuat. 

Apa Saja Kelebihan Pondasi Sumuran?

Pondasi sumuran yang dikenal mampu membuat tanah tetap kokoh memiliki beberapa karakteristik tersendiri yang membedakannya dari jenis-jenis dasar lainnya. Biasanya makin kokoh pondasi akan makin sulit dan mahal juga pembuatannya. Apakah pondasi sumuran berlaku demikian? Coba simak beberapa poin berikut untuk menemukan jawaban yang Anda cari. 

1. Lebih Ekonomis

Pembuatan pondasi sumuran tidak memakan banyak biaya seperti pondasi tiang pancang atau basement. Meski demikian kualitasnya tidak boleh diragukan. 

Pondasi sumuran tetap mampu bersaing dengan jenis pondasi lainnya yang dikenal kokoh untuk membangun suatu bangunan. Itu berarti Anda bisa menggunakan pondasi satu ini ketika menemukan bahwa budget untuk membangun sangat terbatas.  

2. Menjadi Alternatif Pondasi Dalam

Pondasi dalam adalah suatu konstruksi dasar bangunan yang dibuat dengan menancapkannya ke dalam tanah. Pondasi dalam sendiri memiliki beberapa jenis yaitu tiang pancang, bore pile, piers, basement, dan sumuran.

Baca Juga: Inilah Jenis-Jenis Pondasi Dalam Dalam Konstruksi

Ketika jenis pondasi lainnya menghabiskan biaya yang cukup besar maka pondasi sumuran bisa dijadikan alternatif yang lebih terjangkau. Jadi pondasi sumuran bisa digunakan bagi Anda yang ingin membangun rumah namun memiliki budget ketat. 

3. Tidak Membutuhkan Alat Berat

Pembangunan pondasi satu ini tidak memerlukan alat berat seperti halnya pondasi bore pile atau tiang pancang. Hanya dengan menggunakan pipa beton maka pondasi sumuran bisa langsung dibangun. 

Tentunya tanah perlu digali terlebih dahulu agar nantinya pengecoran bisa dilakukan sesuai perhitungan. Namun semua proses tersebut tidak membutuhkan bantuan alat berat yang biaya penggunaannya sangat mahal. 

4. Tidak Terlalu Berisik Saat Pembuatan Dimulai

Pembangunan suatu bangunan memang selalu membuat kebisingan yang sering kali mengganggu lingkungan sekitar. Pastinya akan ada banyak keluhan atau komplain yang Anda dapatkan ketika sedang membangun rumah. 

Namun tidak perlu pusing lagi memikirkan bagaimana cara mengurangi kebisingan tersebut karena pembangunan pondasi sumuran tidak menggunakan banyak alat berat. Pasalnya kebisingan tersebut banyak berasal dari alat-alat berat yang digunakan ketika proses konstruksi dimulai. Jadi kebisingan di lingkungan Anda pasti akan berkurang. 

5. Cocok Digunakan Pada Jenis Tanah Apa Saja

Penggunaan pondasi ini cocok digunakan pada jenis tanah apa saja. Tidak peduli apakah itu lembek atau keras, semua jenis tanah tersebut bisa menggunakan pondasi sumuran. 

Apa Saja Kekurangan Pondasi Sumuran Bagi Konstruksi?

Meski memiliki banyak kelebihan tetapi Anda juga harus tahu bahwa pondasi sumuran memiliki kekurangan yang perlu diwaspadai. Beberapa di antaranya ialah sebagai berikut. 

1. Berisiko Menyebabkan Tanah Longsor

Proses penggalian atau pengeboran tanah yang dilakukan dapat mengakibatkan tanah longsor di sekitar wilayah tersebut. Apalagi kalau pengeboran dilakukan pada wilayah pegunungan yang cukup curam. 

Pasalnya proses tersebut mampu menggetarkan tanah di sekitar hingga akhirnya ikut runtuh. Oleh karena itu pengeboran perlu dilakukan dengan penuh waspada dan kehati-hatian. 

2. Kepadatan Tanah Berkurang

Masih berasal dari proses pengeboran, kepadatan tanah di sekitar juga bisa berkurang. Getaran yang dihasilkan dari proses tersebut membuat daya dukung tanah terhadap beton makin menurun. Tentunya hal ini perlu disiasati dengan maksimal agar tanah yang ada di sekitarnya bisa tetap kokoh untuk menahan beban bangunan yang akan dibuat. 

3. Membutuhkan Banyak Bahan 

Proses pengeboran tanah dilakukan dengan perhitungan matang untuk menentukan kedalaman dan diameter lebarnya. 

Jika beban bangunan yang harus ditanggung makin besar maka diameter dan kedalamannya juga pasti makin dalam serta lebar. Hal ini membuat Anda memerlukan bahan material untuk cor dalam jumlah besar sehingga bisa memenuhi ruang kosong tersebut. 

Bagaimana Cara Membuat Pondasi Sumuran dengan Tepat?

Proses pembuatan pondasinya bisa dibilang mudah tetapi untuk beberapa keadaan juga tidak. Apabila seluruh persiapan yang dilakukan untuk membangun bangunan sudah sangat matang maka seharusnya proses tersebut bisa berjalan lancar. 

Untuk membantu Anda memahaminya, berikut langkah-langkah sederhana yang dilakukan dalam pembuatan pondasi sumuran: 

  1. Menggali tanah dengan lebar diameter serta kedalaman yang dibutuhkan. 
  2. Memasukkan pipa beton yang sudah disiapkan ketika kedalaman tanah galian mencapai 80 cm - 100 cm. 
  3. Kembali lanjutkan proses penggalian tanah sampai menemukan lapisan tanah yang keras. 
  4. Masukkan kembali pipa beton tersebut di atas yang pertama.  
  5. Kemudian mulailah membuat campuran beton dari pasir, semen, batu kerikil, dan air. 
  6. Satukan pipa beton dengan menutup celah menggunakan campuran beton yang telah dibuat.
  7. Masukkan batu kali ke dalam sumur hingga ketinggian 50 cm.
  8. Tuang campuran beton di atasnya kemudian tambahkan lagi batu kali dengan ketinggian yang sama. 
  9. Lakukan langkah tersebut secara berulang hingga seluruh pondasi sumuran terisi penuh. 
  10. Terakhir, buatlah kolom bangunan. 

Demikian informasi seputar pondasi sumuran yang biasanya digunakan untuk membangun bangunan. Kokohnya pondasi sumuran membuatnya sering dipilih ketika akan melakukan suatu proses pembangunan. 

Belum lagi harganya yang cukup terjangkau karena tidak membutuhkan banyak alat-alat berat yang diperlukan. Jika Anda sedang mencari tempat yang menyediakan berbagai alat kebutuhan konstruksi khususnya scaffolding maka Indosteger adalah tempat yang tepat. 

Indosteger dapat menyediakan scaffolding dalam jumlah besar baik untuk pembelian ataupun penyewaan. Nantinya semua pesanan yang Anda lakukan akan langsung dikirimkan ke alamat yang telah diberikan. Hubungi tim Indosteger untuk melakukan pembelian atau sewa scaffolding sekarang! 

 

Sumber: 

https://www.beritakonstruksi.com/2019/08/metode-pelaksanaan-pondasi-sumuran.html

https://eticon.co.id/jenis-pondasi-bangunan/

https://arafuru.com/sipil/cara-pemasangan-dan-pembuatan-pondasi-sumuran.html

https://prospeku.com/artikel/pondasi-sumuran---3544#pengertian-pondasi-sumuran

https://www.99.co/blog/indonesia/mengenal-pondasi-sumuran/

https://www.dekoruma.com/artikel/97077/fakta-pondasi-sumuran

https://www.mautips.com/properti/pengertian-dan-cara-pembuatan-pondasi-sumuran.html

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya