indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Pilihan Rangka Besi untuk Tanaman Merambat

Mencari rangka besi untuk tanaman merambat bisa jadi lebih mudah jika Anda sudah memiliki ide atau gagasan desain di awal. Biasanya, rangka besi ini dibutuhkan untuk kepentingan interior bertema alam, untuk menata koleksi tanaman, atau untuk membuat taman. Terlepas dari tujuan penggunaannya, sudah tentu Anda perlu memilih rangka besi yang tepat dan bisa menyangga tanaman dengan kokoh.
 

Rangka Besi untuk Tanaman Merambat

Ada beberapa pilihan rangka besi untuk tanaman merambat yang bisa menjadi pilihan bagi Anda. Beberapa pilihan rangka ini akan diulas satu per satu di bawah.
 

1. Rangka Vertikal

Umumnya, rangka besi untuk tanaman merambat yang berbentuk vertikal dipilih jika tidak ada cukup ruang untuk desain dengan sentuhan alam ini. Bentuknya yang vertikal (memanjang ke atas) jelas tidak akan memakan banyak ruang. Untuk desainnya pun bisa ditempelkan dengan tembok atau dinding bangunan agar lebih kokoh.

Rangka vertikal ini pun terdiri dari berbagai jenis spesifikasinya. Ada yang ditempelkan ke tembok dengan cara dibor dengan teralis penahan agar kokoh, ada pula yang ditanam ke tanah atau pondasi beton. Jenis yang kedua ini umumnya dapat berdiri sendiri tanpa harus ditempel atau bersandar pada tembok atau bangunan.

Ada juga rangka besi untuk tanaman merambat berbentuk vertikal dengan fasilitas roda kait di bawahnya. Biasanya desain ini dibuat lengkap dengan railing-nya. Hal ini memungkinkan rangka vertikal tersebut untuk bergerak dan berpindah tempat. Desain yang satu ini bisa dimanfaatkan sebagai pintu atau partisi juga.
 

2. Rangka Horizontal

Kebalikannya, pilihan rangka besi untuk tanaman merambat yang satu ini didesain untuk menopang tanaman secara horizontal (melintang). Rangka horizontal ini biasanya dipasang di area langit-langit atau atap (posisi lebih tinggi). Rangka ini bisa dengan mudah Anda temukan di beberapa desain taman atau halte hidup.

Alih-alih memakai kanopi, rangka horizontal ini dipakai untuk menopang tanaman merambat dan dijadikan sebagai fungsi atap bertema alam. Beberapa pedestrian sering menggunakan konsep yang menggunakan rangka horizontal ini. Penggunaan rangka horizontal ini akan sangat cocok jika Anda ingin membuat ruang luas tidak terlihat terlalu kosong, terutama ruang-ruang terbuka.
 

3. Rangka Melengkung

Pilihan rangka besi untuk tanaman merambat yang satu ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan rangka horizontal tadi. Bisa dibilang, rangka ini adalah bentuk modifikasi sederhana dari rangka horizontal. Dengan memberi aksen melengkung serupa kubah, rangka besi ini bisa menciptakan aksen yang lebih berkelas dan eksklusif untuk keperluan Anda.

Sebagai bagian dari rangka modifikasi, Anda bisa menemukan rangka melengkung yang dijual dalam bentuk bongkar-pasang. Jenis rangka bongkar-pasang ini sudah hadir dengan desain dan ukuran yang paten, jadi lebih memudahkan Anda untuk merakit dan menata tanaman rambat di sana. Dengan kata lain, rangka besi penyangganya pun sudah sepaket di sana, tinggal dipasang saja.

Sementara jenis rangka melengkung lainnya ada yang hanya menjual bagian kubah melengkungnya saja. Ini berarti Anda akan lebih fleksibel untuk menentukan media penopangnya. Apakah hendak menggunakan rangka besi yang sama, hendak dipasangkan dengan tembok, atau rangka interior lainnya.
 

4. Rangka Besi Ram

Terakhir, ada rangka besi untuk tanaman merambat yang paling sederhana, yakni dengan menggunakan rangka besi ram. Besi ram sendiri tersedia dalam berbagai jenis ukuran, mulai dari ukuran ram tipis dan kecil hingga yang cukup besar dan tebal secara struktur. 

Keuntungan rangka besi ram ini adalah bisa dibentuk dan dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan desain Anda. Bahkan, dengan material besi ram ini, Anda juga bisa membuat rangka besi dengan bentuk vertikal, horizontal, atau melengkung seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Namun, tentu saja ini artinya Anda perlu proses kerja yang lebih kompleks dan lama daripada saat menggunakan pilihan rangka besi lainnya di atas.

Dalam proses pembuatan atau pemasangan rangka besi ini, Anda juga bisa menggunakan besi hollow untuk melengkapi desain bangun Anda. Apalagi harga besi hollow yang terjangkau di Indosteger. Dengan kata lain, Anda juga bisa memilih untuk membangun sendiri rangka besi untuk tanaman merambat Anda dengan material besi hollow ini.

Baca juga: 7 Kelebihan Atap Galvalum, Kekurangan dan Harga

Recent Articles