indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Kelebihan Menggunakan Jasa Scaffolding Rental

Scaffolding atau steger dibutuhkan saat Anda ingin melakukan pekerjaan konstruksi untuk tempat-tempat tinggi. Namun, tidak sedikit orang yang kaget dengan budget yang harus dikeluarkan saat akan membeli scaffolding. Harga scaffolding memang terbilang mahal, apalagi untuk jenis scaffolding besi. Itu sebabnya banyak proses konstruksi yang lebih memilih scaffolding rental daripada membeli baru.

Fungsi penting scaffolding

Sebelum masuk pada bahasan scaffolding rental, penting bagi Anda untuk mengerti fungsi dasar dari scaffolding. Scaffolding memiliki banyak jenis dengan fungsi yang berbeda-beda, namun setidaknya ada dua fungsi penting scaffolding. Pertama, scaffolding digunakan sebagai alat pijakan untuk para pekerja bangunan bekerja di tempat tinggi dan menahan beban bangunan selama pekerjaan konstruksi berlangsung.

Fungsi kedua dari scaffolding adalah untuk memudahkan akses akomodasi pekerja. Melalui scaffolding, pekerja dapat naik-turun dengan mudah, termasuk membawa bahan material dan perkakas kerja.

Kelebihan menggunakan scaffolding

Menggunakan scaffolding dapat menjaga keamanan dan keselamatan para pekerja bangunan selama proses konstruksi berlangsung. Akses ke tempat tinggi yang cenderung sulit dicapai bisa lebih mudah untuk dilakukan. Bekerja di tempat tinggi dalam waktu lama juga tidak menjadi masalah karena scaffolding menjadi pijakan kokoh tempat para pekerja berdiri. Scaffolding membantu pekerjaan menjadi lebih efektif.

Scaffolding juga tidak perlu dibongkar-pasang dalam jangka waktu lama, berbeda dibandingkan perancah dari alat sederhana seperti tangga atau bambu yang perlu dibongkar saat bahan kayu atau bambu sudah lapuk. Scaffolding hanya butuh dipasang sekali sehingga pekerjaan menjadi lebih ringkas.

Kekurangan menggunakan scaffolding

Anda membutuhkan pekerja bangunan yang paham cara kerja scaffolding secara keseluruhan, termasuk cara pemasangan dan penggunaannya. Pada proses konstruksi yang berskala besar, Anda bahkan wajib mempekerjakan pekerja yang memiliki sertifikasi konstruksi agar dapat memasang scaffolding dengan benar demi menjaga keamanan dan keselamatan para pekerja bangunan.

Selain itu, Anda juga harus melakukan inspeksi secara berkala untuk memastikan scaffolding sudah terpasang dengan baik sebelum proses konstruksi dilanjutkan. Inspeksi ini termasuk memeriksa kembali posisi scaffolding agar tidak bergeser dari tanda posisi awal, dan memeriksa bagian-bagian vital pada scaffolding seperti pengait, baut, dan mur apakah masih kencang terpasang.

Kekurangan penggunaan scaffolding yang terakhir adalah soal harga scaffolding baru yang terbilang cukup mahal. Untuk scaffolding dengan fungsi sederhana, berukuran kecil sekitar 3-4 meter, dan tidak begitu tinggi saja harga belinya sudah sekitar Rp 1,4 juta. Apalagi jika Anda hendak menggunakan scaffolding jenis khusus dengan set yang jauh lebih kompleks, harganya sekitar Rp 3,5 juta per setnya.

Jasa sewa scaffolding jadi solusi

Oleh sebab itu, jika Anda ingin menekan budget konstruksi Anda, Anda bisa menggunakan jasa scaffolding rental untuk memenuhi kebutuhan scaffolding. Dengan scaffolding rental, harga sewa yang dikenakan kepada Anda hanya per durasi penggunaan. Pilihannya pun beragam, bisa per hari, per minggu, atau per bulan. Menyewa scaffolding juga membuat Anda tidak perlu repot memikirkan bagaimana harus menyimpan scaffolding jika bangunan sudah selesai karena menjual kembali pun belum tentu ada yang membeli.

Jika Anda takut tidak ada jenis scaffolding yang sesuai dengan kebutuhan di scaffolding rental, Anda tidak perlu khawatir. Jasa scaffolding rental menyediakan banyak jenis dan ukuran scaffolding untuk berbagai jenis kebutuhan. Anda juga tidak perlu takut kehabisan scaffolding karena scaffolding rental selalu memastikan memiliki stok yang cukup untuk keperluan proyek konstruksi Anda. Anda bisa mencoba jasa scaffolding rental terpercaya seperti Indosteger untuk mendiskusikan kebutuhan scaffolding Anda.

Recent Articles