indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Ukuran Standar Tinggi Kamar Mandi Bawah Tangga

Ada standar tinggi kamar mandi bawah tangga agar bisa digunakan dengan nyaman. Bisa dibilang, area kosong di bawah tangga memang terkenal sempit. Bahkan sering dijadikan gudang. Namun bukan berarti tidak bisa dimanfaatkan untuk kamar mandi.

Kamar mandi yang di bawah tangga sebenarnya terasa lebih nyaman karena memiliki privasi lebih tinggi. Tempatnya pun di pojok dan tidak akan dilalui oleh orang lain ketika Anda sedang berada di dalamnya.

Toilet di bawah tangga juga membuat komposisi denah rumah lebih ringkas. Toilet ini juga cocok untuk digunakan oleh para tamu Anda. Jadi, bagaimana ukuran standar tinggi dan lainnya dari kamar mandi bawah tangga? Temukan informasi selengkapnya di bawah ini.

Standar Tinggi Kamar Mandi Bawah Tangga

Ada standar tinggi dari kamar mandi bawah tangga. Anda tidak bisa dengan sembarangan menentukan tinggi kamar mandi bawah tangga karena berada di dalam sebuah konstruksi lainnya. Berikut penjelasannya.

1. Ketinggian

Untuk menentukan ketinggian dari kamar mandi bawah tangga, Anda harus mengukurnya dengan baik. Ruangan kamar mandi yang nyaman harus membuat orang dengan mudah berdiri tegak. Tinggi ideal yang bagus adalah minimal 2,2 meter. Alasannya karena tinggi anak tangga membuat posisinya memiliki kemiringan 40 derajat. Jadi ada langit-langit yang lebih rendah ketika dibandingkan bagian lainnya.

2. Sirkulasi Udara

Area bawah tangga pasti memiliki ukuran mungil. Kalau sudah begini, maka Anda harus memerhatikan sirkulasi udara. Sebaiknya pastikan ada akses udara masuk dari luar dan dalam kamar mandi. Dengan begitu hawa di dalam kamar mandi tidak lembap dan terasa sesak.

Biasanya, Anda bisa membuat bukaan lubang angin dengan kisi-kisi agar udara tetap masuk dari luar. Pergantian udara menjadi lebih maksimal lagi.

3. Pencahayaan

Kamar mandi di bawah tangga terkenal sangat gelap. Apalagi kalau kurang lubang angin. Anda sebaiknya pastikan penerangan di dalam kamar mandi benar-benar maksimal. Bisa menggunakan lampu kamar mandi yang terang atau memanfaatkan cahaya matahari dari luar ruangan. 

Pencahayaan ini tidak hanya penting untuk memberikan penerangan, tetapi dapat mencegah kelembapan dan berkembangnya jamur serta kuman. 

4. Lengkapi Alat-Alat Kamar Mandi

Letak kamar mandi di bawah tangga sudah pasti memiliki ukuran cukup kecil. Terkadang tidak semua fungsi kamar mandi seperti biasanya dapat terakomodasi. Kalau biasanya kamar mandi bisa untuk mandi juga, biasanya untuk yang terletak di bawah tangga hanya untuk kloset saja dan wastafel. Jadi hanya bisa digunakan untuk mencuci tangan dan buang air. 

Jangan lupa untuk memanfaatkan area penyimpanan di dalam kamar mandi. Pastikan tetap ada tempat tisu dan sabun agar orang yang menggunakan kamar mandi tetap bisa merasa nyaman.

Jadi itulah ukuran standar tinggi dari kamar mandi di bawah tangga. Jangan sampai Anda melakukan kesalahan di dalam pembuatan kamar mandi di bawah tangga. Konstruksi ruangan di dalam tangga tidak boleh sembarangan karena harus tetap menjaga kekokohan tangga. 

Untuk membangun konstruksi kamar mandi di bawah tangga yang kokoh, Anda dapat menggunakan produk tangga scaffolding agar mendapatkan hasil maksimal dan menjaga keselamatan kerja para pekerja. Tangga scaffolding yang tersedia di Indosteger terdiri dari dua ukuran, yaitu 1,70 dan 1,90.

Dengan informasi ukuran standar tinggi kamar mandi bawah tangga, dapatkan produk scaffolding dari Indosteger untuk mendukung proses pembangunan konstruksi rumah menjadi maksimal!

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya