indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Pengertian Swivel dan Jenis-Jenisnya

Swivel adalah salah satu alat di dalam industri lifting yang berguna sebagai konektor. Sebenarnya untuk konektor apa? Jika Anda melihat bentuk swivel, mungkin merasa tidak banyak yang dapat dilakukan oleh alat ini. Padahal fungsinya penting di dalam mengangkat atau menarik objek kerja dengan beban yang cukup berat.

Selain itu ada berbagai jenis dari swivel juga. Tanpa perlu berlama-lama lagi, simak informasi selengkapnya di bawah ini bersama Indosteger.

Pengertian Swivel

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, swivel adalah alat penting yang berguna sebagai konektor. Dengan fungsinya sebagai konektor, maka swivel dapat menjadi media penarik atau pengangkat objek kerja tersebut.

Namun tidak hanya itu saja fungsi dari swivel ini. Fungsi lainnya yang tidak kalah penting adalah menyeimbangkan beban ketika diangkat. Kalau biasanya objek kerja diangkat menggunakan wire sling yang terhubung dengan pengangkatnya, maka tidak dengan swivel.

Ada satu kelemahan yang dapat dirasakan jika tetap menggunakan wire sling untuk mengangkat dan memutar objek kerja dengan beban tertentu. Wire sling dapat melilit, mudah renggang, bahkan putus dalam proses pengangkatan atau pemutaran. Namun dengan swivel, maka beban angkat dapat berputar bebas sehingga jauh lebih aman.

Swivel terdiri dari dua cincin yang digabungkan menjadi satu kesatuan. Kemudian di tengahnya terdapat baut sebagai poros utama. Dengan gabungan cincin dan baut itu, maka kedua sisi dari objek kerja dapat berputar dengan bebas tanpa ada risiko terputus.

Jenis-Jenis Swivel

Ada beberapa jenis swivel yang dapat Anda gunakan sesuai kebutuhan. Apa saja jenis-jenis swivel ini?

1. Chain Swivel

Chain swivel adalah swivel yang memiliki bentuk terdiri dari dua ring atau cincin dengan satu baut di bagian tengahnya. Chain swivel digunakan untuk menyeimbangkan tarikan dari rantai yang membawa beban dari objek kerja tersebut. Perlu diketahui bahwa jenis swivel ini memiliki lapisan galvanis yang membuatnya tidak cepat rusak, bahkan hingga sering digunakan dalam industri kelautan.

2. Swivel Hook

Sesuai namanya, swivel hook memiliki satu ring yang tersambung dengan satu hook melalui baut di bagian tengah. Swivel ini membantu dalam menempatkan pengait objek kerja dengan mudah. Anda hanya perlu mengaitkan swivel hook pada wire sling atau chain sling untuk lebih mudah dalam menarik dan mengangkat objek kerja dengan aman. 

3. Swivel Regular

Selanjutnya ada swivel regular yang paling umum digunakan. Alat ini tidak hanya dapat digunakan untuk menghubungkan berbagai jenis kabel dan kabel saja, tetapi juga mampu diaplikasikan untuk rantai hingga sabuk. 

4. Eye Bolt Swivel

Eye bolt swivel memiliki sekrup di bagian bawah dengan cincin di bagian atas. Dengan bentuk seperti ini, maka eye bolt swivel dapat menyesuaikan posisi serta mengikuti pergerakan objek kerja agar tidak terjatuh walaupun dalam keadaan berputar. Sistem seperti ini membuat beban yang diangkat atau ditarik tetap aman.

5. Jaw End Swivel

Jaw end swivel adalah jenis swivel yang memiliki fitur lepas pasang pengait menggunakan baut. Dengan fitur ini, maka jauh lebih aman dan baik dalam mengunci chain sling atau wire sling. Objek kerja menjadi lebih seimbang dan aman karena baut dari swivel ini berbentuk lurus serta kuat

Jadi itulah penjelasan tentang swivel dan jenis-jenisnya. Jika Anda membutuhkan produk ini, Indosteger menyediakan pilihan swivel clamp yang dapat Anda beli sekarang juga. Apalagi sekarang Anda sudah mengetahui swivel adalah salah satu bagian penting di dalam konstruksi pada saat ini

Recent Articles