indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Cara Mengatasi Baut Dol yang Mengganggu

Sudahkah Anda mengetahui cara mengatasi baut dol? Sebelum mengenal lebih jauh mengenai solusi baut dol, mari kenali terlebih dahulu fungsi dari baut. Baut adalah suatu komponen yang bertugas untuk mengunci suatu benda agar tidak mudah lepas. Selain jenisnya yang beragam, baut pun datang dalam berbagai ukuran.

Kalau sudah lama dipakai, baut akan memiliki potensi rusak atau yang biasa disebut dengan baut dol. Baut yang sudah dol ini disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari segi usia hingga kualitas dari baut itu sendiri. Jika sudah seperti ini, baut yang dipasang hanya tinggal tunggu waktu saja sampai dol.
 

Cara Mengatasi Baut Dol

Penyebab baut menjadi dol yang berikutnya adalah cara pemasangan yang tidak benar. Walaupun Anda sudah membeli baut yang berkualitas bagus, baut lama kelamaan bisa menjadi rusak bila sejak awal tidak terpasang dengan benar. Misalnya, baut terpasang miring namun dipaksa masuk dengan cara ditekan saat melakukan pengencangan. 

Adanya kotoran seperti pasir atau bahkan karat pada bagian ulir baut juga bisa menjadi penyebab baut menjadi dol. Terkadang saat kotoran ditemukan pada bagian ini dan tetap dipaksa masuk, kotoran tersebut dapat mengganjal baut. Selanjutnya, ulir baut akan jadi rusak. Oleh karena itu, pastikan baut Anda bersih sebelum dipasang. Jika ada kotoran, Anda bisa membersihkannya dengan cairan penetrant atau sikat baja.

Setelah mengetahui penyebab baut menjadi dol, berikutnya Anda perlu mengetahui cara mengatasi baut dol ini. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini. 
 

1. Lapisi baut dengan seng

Pertama, lapisi baut dengan seng yang agak tebal agar bisa bertahan lama. Sayangnya, solusi ini merupakan solusi sementara, sehingga ke depannya seng yang sudah dipakai harus diganti lagi. Dengan kata lain, Anda perlu solusi baru.
 

2. Gunakan ukuran ulir yang lebih besar

Cara mengatasi baut dol berikutnya adalah dengan mengganti baut dengan ulir yang ukurannya lebih besar. Lebih mudahnya adalah dengan mengganti baut ulir halus dengan baut ulir kasar.
 

3. Gunakan ukuran baut yang lebih besar

Trik selanjutnya adalah dengan memakai baut yang lebih besar satu tingkat. Untuk trik yang satu ini, Anda harus memakai bantuan bor untuk melakukannya.

Selain ketiga cara di atas, Anda juga bisa mencoba mengecor aluminium untuk tap baut. Sayangnya, cara ini memakan waktu yang cukup lama karena ketika bagian drat di cor las, otomatis baut harus ditata ulang dengan gerinda dan mesin frais untuk meratakan bagian yang sudah dicor. Setelah rata, barulah pengeboran ulang dilakukan untuk membuat lubang baru, kemudian ditap sesuai dengan ukuran baut yang diinginkan.

Cara mengatasi baut dol selanjutnya bisa terbilang mudah meski membutuhkan alat bantu, yaitu recoil set. Proses recoil berarti mengembalikan drat baut ke ukuran semula. Alat bantu recoil set ini untungnya sudah banyak tersedia di pasaran dengan harga yang murah.

Baca juga: 5 Cara Praktis Menyambung Baja Ringan
 

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara mengatasi baut dol yang mengganggu. Jika baut yang dol sudah bisa diperbaiki, maka Anda bisa melanjutkan kegiatan konstruksi Anda. Saat melakukan konstruksi, pastinya Anda akan membutuhkan banyak alat dan bahan. Salah satunya adalah besi hollow galvanis.

Besi hollow galvanis adalah jenis besi yang dirancang dengan bentuk memiliki rongga. Bentuk dari besi hollow galvanis ini membuatnya mudah untuk diaplikasikan pada berbagai jenis proyek konstruksi. Kelebihan dari besi hollow galvanis adalah ketahannya pada karat, sehingga masa penggunaannya cukup panjang.

Pada umumnya, besi hollow galvanis digunakan untuk pembuatan tangga aluminium, pagar, rangka kanopi, dan lain sebagainya. Besi hollow galvanis tidak sulit untuk dicari di pasaran. Salah satu agen dan distributor tepercaya untuk besi hollow galvanis adalah Indosteger. Indosteger menyediakan berbagai macam ukuran besi hollow galvanis yang cocok untuk semua kebutuhan Anda. Selain itu, harga besi hollow galvanis di Indosteger sangatlah ekonomis. Setelah mengenal lebih jelas cara mengatasi baut dol, kini saatnya Anda mengunjungi laman resmi Indosteger untuk keperluan konstruksi Anda!

Baca juga: Cara Tepat Menghitung Kebutuhan Atap Spandek

Recent Articles