indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Ukuran Besi Hollow Untuk Pagar yang Aman dan Estetik

Bagi siapa saja yang ingin membuat pagar rumah, pasti ingin tahu pilihan ukuran besi hollow untuk pagar apa saja yang bisa digunakan. Sejumlah manfaat pagar rumah antara lain seperti menjaga privasi, membuat rumah lebih aman, dan menjaga keindahan halaman rumah. Manfaat-manfaat ini membuat pagar rumah begitu penting untuk dimiliki. Anda bisa menggunakan besi hollow untuk membuat pagar rumah terbaik. Berikut ulasan tentang pilihan ukuran besi hollow untuk pagar yang penting untuk Anda ketahui.

Apa Itu Besi Hollow

Seperti namanya, besi hollow adalah besi yang memiliki rongga. Karena memiliki bentuk penampang segi empat, besi hollow atau holo juga sering disebut juga pipa kotak.

Dalam segi teknis, besi hollow juga dikenal dengan nama Hollow Structural Section (HSS). Jenis besi yang termasuk dalam jenis besi hollow ini memiliki berbagai jenis penampang, mulai dari lingkaran, bujur sangkar, elips, dan persegi panjang.

Dalam dunia konstruksi, besi hollow umumnya berperan untuk menggantikan kayu. Keduanya umumnya dapat menjalankan peran yang sama dalam konstruksi. Hanya saja, besi hollow lebih unggul karena pemasangannya dapat Anda lakukan lebih cepat ketimbang bahan kayu.

Tidak hanya terbatas pada konstruksi, besi hollow juga dapat digunakan untuk membuat furnitur, sama seperti kayu. Anda misalnya dapat menggunakan besi hollow untuk railing tangga, membuat rak dinding tempel besi hollow, hingga rangka kanopi. Kemudahan pemasangan dan sifat fleksibel inilah yang membuat besi hollow menjadi salah satu kesukaan banyak orang.

Jenis-Jenis Besi Hollow

Besi hollow menawarkan beberapa jenis besi yang dapat Anda pertimbangkan dalam konstruksi Anda. Berikut adalah beberapa jenis besi hollow yang dapat Anda temukan.

1. Besi Hollow Galvanis

Jenis besi hollow galvanis adalah besi hollow yang telah melalui proses galvanisasi atau proses penambahan lapisan seng anti karat. Proses galvanisasi biasanya dilakukan dengan mencelupkan besi pada cairan timah. Lapisan seng ini kemudian akan membuat besi hollow galvanis menjadi besi yang anti karat.

Sifat anti karatnya ini membuat besi hollow galvanis cocok dijadikan sebagai bahan konstruksi atau furnitur untuk esksterior rumah. Anda misalnya bisa menggunakan besi hollow galvanis untuk pagar rumah, kanopi, dan dinding partisi rumah.

2. Besi Hollow Galvalum

Besi hollow galvalum adalah jenis besi hollow yang lebih tahan karat jika dibandingkan dengan besi hollow galvanis. Hal ini karena besi hollow galvalum memiliki lapisan alumunium.

Akan tetapi, besi hollow galavalum memiliki kekurangan yang cukup besar. Jenis besi hollow ini tidak dapat berkontak secara fisik dengan semen. Oleh karena itu, jika Anda berencana menggunakan jenis besi ini, pastikan Anda menempatkannya pada tempat yang tidak akan berkontak dengan semen.

Kelebihan Besi Hollow untuk Pagar Rumah

Tidak semua pagar dibuat dari besi hollow. Banyak orang yang mencari-cari ukuran besi hollow untuk pagar yang paling tepat karena tertarik dengan kelebihannya. Apa sajakah itu? Berikut ini penjelasannya:

1. Proses pemasangan yang mudah

Anda sangat disarankan menggunakan besi hollow untuk pagar rumah karena jenis besi ini sangat mudah dipasang. Proses pemasangan yang lebih mudah ini karena besi hollow memiliki bobot yang lebih ringan.

2. Punya Ketahanan yang Baik Terhadap Rayap

Anda tidak perlu terlalu khawatir jika menggunakan besi hollow karena besi ini punya ketahanan yang baik terhadap rayap. Menggunakan besi hollow sebagai bahan utama pagar akan memastikan pagar yang Anda buat menjadi sangat kuat dan tahan terhadap rayap.

3. Tidak Mudah Berkarat

Selain rayap, pagar yang mudah berkarat juga menjadi sebuah tantangan. Untungnya, jika dibandingkan dengan jenis besi lain, besi hollow punya daya tahan terhadap karat yang lebih baik. Besi hollow dibuat sedemikian rupa, sehingga mempunyai lapisan yang lebih tahan terhadap karat.

4. Cocok Digunakan untuk Desain Pagar

Desain pagar indah yang Anda inginkan bisa terwujud jika Anda menggunakan besi hollow. Itu karena jenis besi ini mempunyai struktur yang kuat dan sangat baik. Anda bisa menjadikannya pilihan utama besi yang cocok dijadikan pagar tanpa khawatir menyesal karena kualitasnya memang di atas rata-rata.

Baca juga: Cara Membuat Tempat Tidur dari Besi Holo

Kekurangan Besi Hollow

Di balik segala kelebihannya, besi hollow memiliki beberapa kekurangan yang harus Anda perhitungkan sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Berikut adalah beberapa kekurangan besi hollow yang harus Anda pertimbangkan.

1. Harga Besi Hollow Relatif Mahal

Harga besi hollow memang dapat dikatakan relatif murah dibandingkan material lain. Tetapi, jika dibandingkan bersama besi baja ringan lainnya, maka harga besi hollow akan tampak mahal.

Tentunya harga besi hollow yang cukup mahal ini juga terbayarkan dengan beberapa kelebihan besi hollow yang sudah dijelaskan.

2. Tidak Bisa Menahan Beban Berat

Besi hollow sebenarnya tidak ideal untuk digunakan sebagai rangka atap atau plafon. Hal ini karena besi hollow tidak didesain untuk menahan beban yang berat. Jika Anda berencana untuk menggunakan besi hollow untuk menahan beban berat, Anda lebih baik melirik material lainnya seperti baja ringan.

3. Relatif Tidak Cukup Panjang

Panjang besi hollow di pasaran umumnya hanya berkisar di angka 4 hingga 6 meter. Untuk kebutuhan yang sederhana, ukuran ini tentunya sangat cukup. Tetapi, untuk kebutuhan lainnya yang membutuhkan panjang lebih, Anda sebaiknya berpaling dari besi hollow dan menggunakan alternatif lainnya.

Spesifikasi Besi Hollow untuk Pagar 

Biasanya, satu batang besi hollow mempunyai panjang 6 meter. Jika panjang 6 meter tidak cukup, Anda tidak perlu khawatir karena besi hollow bisa disambung dengan mudah jika Anda membutuhkan ukuran yang lebih panjang.

Anda dapat mengetahui ukuran besi hollow untuk pagar lewat informasi dimensi besi hollow. Biasanya, informasi dimensi tersebut dinyatakan dalam satuan milimeter. Format penulisannya adalah lebar penampang x panjang penampang x tebal. Contoh, informasi ukuran besi hollow menunjukkan 50 x 50 x 2 mm. Itu artinya, 50 mm adalah lebar penampang, panjang penampang 50 mm, dan tebalnya 2 mm. Adapun ukuran besi hollow berdasarkan informasi dari SNI (Standar Nasional Indonesia) adalah:

  1. 15 x 30 x 0,60 mm
  2. 15 x 30 x 0,80 mm
  3. 15 x 30 x 1,10 mm
  4. 15 x 30 x 1,40 mm
  5. 17 x 37 x 1,40 mm
  6. 17 x 37 x 1,70 mm
  7. 20 x 20 x 0,60 mm
  8. 20 x 20 x 1,40 mm
  9. 20 x 20 x 1,70 mm
  10. 20 x 40 x 0,80 mm
  11. 20 x 40 x 1.40 mm
  12. 30 x 60 x 1.40 mm
  13. 30 x 60 x 1.70 mm
  14. 37 x 37 x 1.40 mm
  15. 40 x 60 x 1.40 mm
  16. 40 x 60 x 2.00 mm
  17. 50 x 50 x 1.40 mm
  18. 50 x 50 x 2.00 mm

Baca juga: Ukuran Besi Hollow Galvanis untuk Pagar yang Kokoh

Sementara itu, ukuran besi hollow untuk pagar dengan desain standar adalah sebagai berikut:

  1. Ukuran besi hollow 40 x 40 atau 50 x 100 yang mempunyai ketebalan sekitar 1,6 mm umumnya digunakan untuk pagar.
  2. Ukuran 20 x 40 yang mempunyai ketebalan sekitar 1,2 mm biasanya digunakan untuk jari-jari rangka pagar.
  3. Anda bisa menambahkan plat berlubang apabila pagar yang ingin Anda buat mempunyai desain yang rumit, sehingga proses pembuatannya lebih mudah.
  4. Anda bisa menggunakan plat berukuran 3 cm dengan ketebalan sekitar 4 mm dan memberikan jarak sekitar lebih dari 7 cm antar lubang yang dibuat.

Inspirasi Desain Pagar Besi Hollow

1. Pagar Besi Hollow dan Beton Minimalis

Anda dapat memadukan besi hollow dengan beton untuk membuat pagar rumah minimalis Anda. Susun besi hollow secara horizonal di antara sela-sela beton untuk membuat kesan simpel namun tegas pada pagar rumah Anda.

2. Pagar Besi Hollow dan Kayu

Besi hollow memang umumnya digunakan untuk menggantikan kayu. Tetapi, hal itu tidak berarti Anda bisa menggunakan keduanya secara bersamaan. Buatlah rangka pagar besi dan susun kayu secara vertical dalam rangka yang ada. Pagar jenis ini cukup umum digunakan di Jepang.

3. Pagar Besi Hollow dan Bambu

Jika Anda ingin menggunakan jenis kayu yang lain, Anda bisa menggunakan kayu bambu pada pagar besi hollow di rumah Anda. Untuk memperkuat kesan alami, Anda bisa menambahkan tanaman di sekitar pagar besi hollow dan bambu Anda.

Itulah informasi tentang ukuran besi hollow untuk pagar yang penting untuk Anda ketahui. Anda bisa menggunakan produk besi hollow terbaik untuk membuat pagar dengan mendapatkan harga besi hollow 4x4 terbaik yang disediakan oleh Indosteger. Semoga informasi mengenai ukuran besi hollow untuk pagar di atas bisa membantu Anda!

Baca juga: Cara Membuat Profil Tiang Pagar dari Beton dengan Mudah

Recent Articles