indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Cara Membuat Profil Tiang Pagar dari Beton dengan Mudah

Selain menjaga keamanan di dalam rumah, pagar juga bisa menjadi dekorasi eksterior yang menawan. Keindahan pagar tidak hanya terletak pada dekorasi di teralisnya, tapi juga profil tiang pagar yang diukir dengan indah. Rumah dengan model minimalis pun tetap bisa memiliki tiang pagar di halamannya selama ukurannya masih sesuai.

Meskipun sudah memiliki pagar, Anda tetap bisa memodifikasi tiang pagar dengan menggunakan profil beton. Lagipula, beton sering digunakan untuk membangun dekorasi, baik interior maupun eksterior. Beton juga menjadi material bangunan yang tak lekang oleh waktu, terlepas dari perubahan zaman yang kian terjadi.
 

Membangun Profil Tiang Pagar Minimalis

Tiang pagar bisa menjadi eksterior yang indah pada rumah asalkan dibangun dengan tepat dan memperhatikan detail dalam ukirannya. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan warna cat besi yang tepat sehingga tiang pagar tidak terlihat mencolok daripada eksterior lainnya. Yang paling utama, keindahan dan kekuatan tiang pagar ada karena profilnya yang dibuat dengan teliti.

Untuk membuat profil tiang pagar minimalis, lakukan tips di bawah ini secara berurutan.
 

1. Merancang Ukuran Profil Pagar

Pekerjaan yang berkaitan dengan arsitektur atau membangun rumah selalu membutuhkan pengukuran yang rinci, termasuk tiang pagar. Apabila membuat ukuran dengan asal, tiang pagar yang dibangun menjadi terlalu kecil atau besar dari ukuran yang seharusnya.

Untuk rumah minimalis, Anda bisa membuat tiang setinggi 150 cm dengan ukuran 30x30 cm untuk panjang dan lebarnya. Ukuran ini belum termasuk kaki dan mahkota tiang pagar, karena profilnya akan dibuat terpisah.
 

2. Membuat Profil Tiang Pagar

Tiang pagar yang sudah dicor tersebut harus ditunggu hingga kering, baru dibuka malnya. Kemudian, plaster dengan ukuran yang sama, tidak lebih dan tidak kurang.

Setelah itu, Anda bisa membuat profil mahkota dan kaki tiang pagar dengan menggunakan beton. Untuk membuatnya, gunakan saja cetakan beton yang sederhana sehingga mempermudah pekerjaan Anda. Agar pas dengan ukuran tiangnya, Anda bisa membuat mahkota dengan tinggi 40 cm dan lebar 15 cm, dan kakinya berukuran tinggi 30 cm dan lebar 15 cm.

Gunakan alas yang rata seperti tripleks untuk membuat cetakan profil untuk mahkota dan kakinya, karena akan berpengaruh terhadap hasil akhir profilnya. Setelah selesai dibuat, jangan lupa untuk menghaluskan profil tersebut.
 

3. Memotong Profil Mahkota dan Kaki

Profil yang sudah selesai dibuat harus ditunggu hingga kering, atau bisa juga dibiarkan selama 1x24 jam. Setelahnya, cetakan profil mahkota dan kaki dipotong sehingga sesuai dengan lebar tiang pagar yang sudah dibuat.

Apabila sudah selesai dipotong, pasangkan keduanya pada tiang pagar. Mulailah dengan memasang mahkotanya dulu, baru bagian kakinya. Kemudian bentuklah ornamen di bagian bawah kaki tiang sesuai dengan keinginan Anda. Setelah rancangan ornamen dan tiang selesai, cat semuanya sesuai dengan warna yang sudah dipilih.

Proses pembuatan tiang pagar rumah memang memakan waktu yang tidak sedikit, tapi akan terlihat kokoh jika dibangun dengan telaten. Jangan lupa, perhatikan pula pola atau ukiran profil tiang pagar dengan cermat sehingga hasilnya terlihat indah. 

Pagar tentunya tidak hanya membuat indah, tapi juga memberikan keamanan bagi penghuninya. Karena itu, pilihlah besi hollow galvanis dari Indosteger yang kuat dan tahan lama untuk membangun pagar sehingga keamanan rumah pun terjaga. Harga hollow baja ringan 4x4 per batang dari kami pasti sebanding dengan keamanan dan keindahan rumah yang Anda dapatkan.

Baca juga: 3 Cara Menghitung Harga Pagar Besi Per Meter dengan Tepat

Recent Articles