indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Cara Membuat Tempat Tidur dari Besi Holo

Bagi Anda yang menginginkan kamar bertema minimalis, mungkin tengah mencari cara membuat tempat tidur dari besi holo. Besi yang dirancang mempunyai rongga ini mudah diaplikasikan untuk berbagai jenis proyek konstruksi, termasuk untuk membuat tempat tidur.  Selain lebih menarik, menggunakan tempat tidur dari besi holo juga meningkatkan kualitas tidur di malam hari karena rangka besi mempunyai struktur yang lebih stabil. 
 
Jadi, tidak peduli beratnya bobot kasur yang Anda gunakan, tempat tidur besi holo akan mampu menahannya dengan sempurna. Penasaran apa saja kelebihan rangka tempat tidur besi holo serta bagaimana cara membuat tempat tidur dari besi holo? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.
 

Kelebihan Tempat Tidur dari Besi Holo

Sebelum membahas tentang cara membuat tempat tidur dari besi holo, ada baiknya Anda mengetahui beberapa kelebihan jenis tempat tidur ini agar semakin yakin untuk membuatnya. Beberapa kelebihan yang akan Anda dapatkan adalah:
 

1. Lebih Kokoh dan Stabil

Jika Anda mencari tempat tidur yang lebih kokoh dan stabil, maka tempat tidur dari besi holo adalah pilihan terbaik. Kestabilan yang diberikan tempat tidur ini akan membuatmu makin nyaman untuk tidur dan beristirahat tanpa takut ranjang goyang. Jika dibandingkan dengan material lain, tempat tidur besi juga lebih kuat dan tidak cepat rusak. Jadi, Anda bisa mendapatkan kenyamanan ekstra, plus keawetan yang memang dibutuhkan.
 

2. Banyak Modelnya

Tidak perlu khawatir soal modelnya karena Anda bisa membuat tempat tidur dari besi holo dengan banyak bentuk. Anda bisa memilih desain yang memang Anda inginkan, mulai dari desain modern, klasik, tradisional, shabby chic, sampai industrial. Jenis tempat tidur ini juga cocok untuk Anda yang ingin memberikan sentuhan elegan di kamar tidur.
 

3. Minim Perawatan

Malas melakukan perawatan kepada tempat tidur? Anda bisa membuat tempat tidur dari besi dan melakukan perawatan seminim mungkin. Tidak banyak perawatan yang harus Anda lakukan untuk merawat material ini agar tetap awet dan kuat. Anda hanya perlu secara berkala membersihkan debu yang menempel pada besi atau melakukan pengecatan ulang jika warna besi memudar dan ingin membuatnya kembali seperti semula.
 
Baca juga: 5 Perabot Rumah Minimalis yang Unik
 

Macam-Macam Jenis Besi Holo untuk Tempat Tidur

Dikenal karena kokoh dan berkualitas, besi holo kerap digunakan sebagai material bangunan yang memperhatikan unsur estetika dan mempunyai banyak kegunaan. Besi ini bisa dipakai untuk membuat pintu pagar, kanopi, plafon, hingga tempat tidur. Adapun beberapa jenis besi holo yang biasa dipakai adalah:
 

1. Besi Hollow Gypsum

Kokoh dan tahan lama, jenis besi holo satu ini banyak peminatnya. Pembuatan rangka plafon pada gedung atau rumah biasanya menggunakan besi ini karena kokoh, ringan, dan mempunyai kualitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan material kayu karena terhindar dari serangan rayap.
 

2. Besi Hollow Galvalume

Ini adalah salah satu jenis besi holo yang paling bagus. Besi ini mempunyai komposisi bahan dengan ketahanan lebih baik terhadap karat jika dibanding besi hollow jenis lain. Besi hollow galvalume juga dikenal dengan nama Zinc-Aluminium karena mengandung unsur besi dan aluminium yang tinggi.
 

3. Besi Hollow Galvanis

Besi kotak yang dipakai untuk berbagai keperluan ini mempunyai kelebihan yang lebih tahan karat dibandingkan dengan hollow hitam. Kelebihan ini membuat umur besi hollow galvanis lebih panjang dibandingkan hollow hitam. Anda bisa menggunakannya untuk membuat tempat tidur yang kokoh, stabil, dan simple.
 
Baca juga: Jenis dan Harga Besi Hollow Berbagai Ukuran
 

Cara Membuat Tempat Tidur dari Besi Holo

Pertama-tama, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, yaitu:

  1. Gerinda potong
  2. Mesin las listrik trafo las 450 watt
  3. Alat pengecatan
  4. Pipa besi berbagai ukuran sesuai kebutuhan

Setelah semuanya sudah siap, ikuti cara membuat tempat tidur dari besi holo berikut ini:

  1. Ukur ukuran besi yang akan digunakan untuk membuat tempat tidur.
  2. Setelah selesai diukur, tandai untuk selanjutnya dilanjutkan untuk dilakukan proses pemotongan menggunakan gerinda potong.
  3. Jika semua bahan besi sudah dipotong sesuai kebutuhan, rakit masing-masing potongan besi berdasarkan bagian-bagian tempat tidur.
  4. Setelah dirakit hingga berbentuk ranjang, jangan lupa untuk mengukur ranjang dari ujung satu ke ujung lainnya untuk memastikan bahwa ranjang yang Anda buat benar-benar berbentuk kotak persegi sempurna.
  5. Lanjutkan dengan proses pengecatan sesuai warna yang Anda inginkan dan tempat tidur siap untuk digunakan.

 
Setelah mengetahui cara membuat tempat tidur dari besi holo di atas, sudahkah Anda siap untuk membuatnya sendiri sekarang? Pastikan Anda menggunakan produk besi holo terbaik untuk menghasilkan tempat tidur yang terbaik pula. Anda bisa menemukan harga besi hollow 4x4 terbaik yang disediakan oleh Indosteger. Semoga informasi soal cara membuat tempat tidur dari besi holo di atas bermanfaat!
 
Baca juga: Materi Besi Hollow dan Kegunaannya

Recent Articles