indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Inilah Ukuran Standar Pondasi Rumah 1 Lantai yang Bisa Anda Terapkan

Mengetahui ukuran standar pondasi rumah 1 lantai akan sangat berguna ketika Anda sedang merencanakan pembangunan hunian. Pondasi, kolom atau tiang, ring, dinding, ventilasi, serta atap merupakan bagian penting dalam membuat rangka rumah atau bangunan.

Material yang Anda butuhkan untuk pembangunan ini juga tidak sedikit. Perhitungan yang tepat akan dapat membantu Anda dalam pengalokasian anggaran secara tepat, sehingga Anda tidak akan mengalami over budget.

Salah satu bagian yang harus diketahui jumlah kebutuhannya adalah besi untuk tiang atau kolom sebagai pondasi rumah Anda. Berikut ini adalah penjelasan mengenai standar pondasi rumah 1 lantai yang dapat membantu Anda:

Apa Itu Standar Pondasi Rumah?

Rumah satu lantai banyak menjadi pilihan bagi keluarga atau pasangan yang baru membangun rumah tangga sebagai hunian mereka. Bagi yang ingin membangun rumah satu lantai, maka Anda harus mengetahui dan memahami berbagai hal terlebih dahulu. Salah satunya adalah ukuran standar pondasi atau tiang dari rumah yang akan dibangun.

Sesuai dengan SK SNI T-15-1991-03 tentang Tata Cara Perhitungan Struktur Beton Untuk Bangunan Gedung, kolom atau pilar didefinisikan sebagai komponen struktur bangunan gedung yang tugas pokoknya menopang beban tekan aksial vertikal dengan tinggi tak bertuan sekurang-kurangnya tiga kali lipat dimensi lateral terkecil.

Material yang paling sering digunakan sebagai pondasi rumah adalah beton dengan tulang besi. Keduanya memiliki sifat gabungan yang baik. Beton merupakan bahan yang tahan terhadap tekanan, sedangkan besi merupakan bahan yang tahan terhadap tegangan.

Apa Saja Jenis-Jenis Tiang untuk Pondasi Rumah?

Terdapat tiga kategori yang membedakan bentuk tiang berdasarkan bentuk dan susunan tulangnya, yaitu:

  • Kolom segi empat atau bujur sangkar dengan tulang yang memanjang dan sengkang.

  • Kolom melingkar dengan tulang yang memanjang dan berbentuk spiral.

    • Tiang dengan kategori ini memiliki kemampuan untuk menyerap deformasi yang cukup besar sebelum runtuh.

  • Kolom komposit, yaitu kombinasi antara profil beton dan baja sebagai pengganti besi di dalamnya.

Baca Juga: Daftar Harga Besi Kolom Per Batang Sesuai Jenis dan Ukuran

Apa Fungsi dari Pondasi Rumah?

Fungsi dari pondasi rumah adalah untuk menyalurkan beban dari seluruh bangunan. Beban tersebut kemudian akan didistribusikan ke permukaan tanah di bawah pondasi tersebut. Jadi, rumah yang Anda bangun tidak akan roboh. Struktur kolom yang tidak sempurna akan menjadi titik kritis yang dapat menyebabkan runtuhnya bangunan.

Selain proses perhitungan yang tepat, kondisi tanah juga harus menjadi perhatian. Tanah harus mampu dan sanggup menerima beban yang dialirkan dari pondasi. Percuma jika Anda telah menggunakan bahan terbaik dan perhitungan yang tepat untuk membangun kolom dan bagian lain, tetapi tanah tidak mampu melakukan tugasnya. Maka dari itu, Anda tidak hanya harus membuat pondasi rumah yang kuat dan aman, namun perhatikan bidang tanah tempat bangungan Anda berdiri juga.

Berapa Ukuran Standar Pondasi Rumah 1 Lantai Yang Ideal?

Pada bangunan yang sederhana seperti rumah satu lantai, ukuran pondasi tiang biasanya 15 x 15 cm. Dalam takaran ini, besi yang berfungsi sebagai tulang utama akan berukuran sekitar 10 mm dengan begel 8 mm dan jarak antar begel adalah 15 cm dengan ketebalan cor 1,5 cm dari begel terluar.

Jadi itulah ukuran besi yang dibutuhkan untuk pondasi rumah 1 lantai. Saat membuat perhitungan untuk membangun rumah, maka hal ini harus menjadi perhatian Anda. Gunakan juga bahan yang berkualitas agar bangunan bisa bertahan lama.

Jika Anda ingin mulai membangun rumah, maka Anda bisa mendapatkan besi hollow galvanis 4x8 sebagai salah satu  materialnya di Indosteger. Semoga artikel ukuran standar pondasi rumah 1 lantai ini dapat membantu Anda dalam mempersiapkan pembangunan rumah Anda.

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya