indosteger@gmail.com   +62218294428

News

10 Cara Mengatasi Pipa Paralon yang Tersumbat

Membiarkan air menggenang di bak wastafel berlarut-larut tanpa memperbaikinya bisa menimbulkan perkara saluran mampet dan membuat Anda kewalahan. Apalagi jika sampai membuat pipa tersumbat sepenuhnya, hingga pipa saluran bocor!  Ini akan sangat mengganggu aktivitas Anda dan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk memperbaikinya. 

Nah, untuk menghindari hal tersebut simak artikel ini,Indosteger akan membahas  hal-hal apa saja yang harus Anda perhatikan untuk mencegah dan mengatasi pipa saluran air Anda yang mampet dan tersumbat. 

Sampah makanan

Sampah makanan menjadi penyebab utama dari tersumbatnya pipa paralon. Biasanya berasal dari sisa makanan pada piring yang akan dicuci. Sisa makanan seharusnya dibuang ke tempat sampah, sebelum diletakkan ke dalam wastafel pencuci piring. Bila sisa makanan ini sering dibiarkan mengalir dengan air cucian, maka tidak heran jika saluran ada sewaktu-waktu tersumbat karena sampah sisa makanan Anda yang menumpuk.

Baca Juga : DIY: Saringan Air Sederhana dari Paralon

Endapan sabun

Endapan sabun ternyata bisa membuat pipa wastafel Anda menjadi tersumbat. Hal ini dikarenakan senyawa sabun sangat mudah menyatu dengan material lain. Senyawa sabun yang mengendap dan menempel di dinding-dinding paralon lama-lama kelamaan akan semakin banyak sehingga akan menyumbat saluran pipa Anda. Biasanya endapan sabun ini berwarna putih. 

Endapan lumpur dan kotoran

Selain dua hal di atas, biasanya Anda juga akan mencuci tangan di wastafel setelah beraktifitas di luar. Aktivitas fisik seperti berkebun tentunya akan menyebabkan tangan Anda penuh dengan tanah. Ketika Anda mencuci tangan maka tanah akan bercampur dengan air menjadi lumpur. Lumpur adalah material yang lengket, ini akan sangat mudah menyumbat pipa paralon Anda.

Lalu bagaimana solusinya saat pipa paralon tersumbat? Tenang, Anda tidak perlu memanggil tukang pipa untuk menyelesaikan permasalahan ini. Anda dapat melakukannya sendiri dengan bantuan alat-alat yang sederhana. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik mengatasi pipa paralon yang tersumbat, Anda juga bisa menerapkannya untuk mencegah saluran air Anda mampet:

1. Manfaatkan tali

Pipa paralon Anda yang tersumbat dapat teratasi dengan baik hanya menggunakan seutas tali. Caranya buat gulungan plastik berukuran sedang (sesuaikan dengan diameter paralon) pastikan gulungan ini dapat masuk dengan bebas. Kemudian ikat gulungan plastik ini menggunakan tali yang sekiranya panjangnya dapat mencapai ujung paralon. Sebelum memasukkan alat yang sederhana ini. Aliri paralon menggunakan air dari. Biarkan sejenak kurang lebih satu menit, masukkan tali dengan tetap menyalakan air keran.

Setelah gulungan plastik dirasa telah mencapai ujung paralon. Tarik tali sampai keluar dari paralon. Sedikit demi sedikit kotoran akan terangkat dari pipa. Jika Anda ingin menggunakan cara yang satu ini, pastikan tali yang kamu gunakan kuat. Selain itu, cara yang satu ini hanya dapat diaplikasikan pada paralon yang tegak lurus.

2. Menggunakan soda api

Cara berikutnya yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah memakai soda api. Bahan kimia yang satu ini bersifat korosif (merusak). Dengan ini, soda api akan menghancurkan kotoran yang menyumbat pipa paralon. Soda api juga biasanya dikenal dengan nama ilmiah Natrium Hidroksida. Untuk memakai soda api pada paralon yang tersumbat, lakukan 3 tahapan ini:

  • Siapkan air panas. Air panas ini akan memicu reaksi soda api menjadi lebih efektif.

  • Sebelum menuangkan soda api, pakailah sarung tangan dan masker wajah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Mengingat sifat soda api yang sangat keras. Kulit yang terkena soda api akan teriritasi bahkan melepuh.

  • Setelah Anda dalam keadaan aman, tuangkan soda api pada pipa paralon yang tersumbat. Kemudian tuang air panas dalam jumlah sedang secara perlahan-lahan.

Lakukan cara yang satu ini beberapa kali, sampai pipa paralon Anda benar-benar lancar. Saat dalam proses ini, wastafel hendaknya tidak digunakan dulu dalam waktu 5 sampai 6 jam. Hal ini dilakukan agar senyawa kimia dalam soda api bekerja secara maksimal menghancurkan kotoran yang menyumbat. Setelah 6 jam, siram saluran pipa menggunakan air mengalir.

3. Menggunakan pasir kasar

Opsi terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan pasir kasar. Caranya cukup mudah, aliri paralon menggunakan air keran kemudian tuangkan pasir kasar ke dalamnya. Masukkan pasir hanya sebanyak 2 genggaman tangan saja. Lalu, masukkan selang kompresor dengan tekanan tinggi dan lubang pipa paralon yang ditutup rapat. Kemudian buka kembali aliran udara kompresor sehingga kotoran akan terangkat dengan maksimal.

4. Baking soda dan cuka

Baking soda memang terkenal ampuh untuk membersihkan noda-noda, sifatnya yang basa ketika dicampur dengan cuka akan mudah bereaksi secara aktif untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel di sekitar dinding pipa paralon Anda. Langkahnya mudah saja

  • Siapkan wadah dengan air panas yang mendidih, lalu tuangkan baking soda lalu aduk dalam wadah.

  • Masukkan satu sendok baking soda ke dalam pipa diikuti dengan wadah air panas yang berisi soda.

  • Tutup dengan menggunakan karet penutup wastafel atau wadah lainnya. Diamkan beberapa menit.

  • Sambil menunggu, siapkan 1 buah botol cuka, lalu tuangkan ke dalam suatu wadah. Juga siapkan wadah lainnya berisi campuran baking soda dengan air panas. 

  • Buka perlahan, lalu masukkan cairan cuka diikuti dengan campuran baking soda. 

  • Siapkan air panas, setelah bunyi buih dalam pipa menghilang, bilas dengan air panas. 

Untuk tips yang satu ini tergolong cukup korosif, jadi tidak bisa terlalu sering digunakan. Paling tidak dua bulan sekali. Silahkan disesuaikan dengan kondisi yang ada. 

5. Pembersih bahan kimia

Ada beberapa pembersih kimia yang dijual dalam pasar untuk membersihkan dinding pipa dari partikel-partikel berminyak dan kotor. Hal ini tentu mempermudah, namun harga yang ditawarkan terkadang cukup mahal untuk berat kemasan sekitar 110 gram dengan harga 65 ribu ke atas. Untuk hasil cukup memuaskan, jadi tidak salahnya untuk mencoba dan menemukan solusi yang efektif. Untungnya pemebersih bahan kimia ini tidak korosif, jadi aman untuk pipa Anda. 

6. Lemon dan cuka

Dua bahan yang sama-sama bersenyawa asam, pengaplikasiannya sangat mudah. Anda hanya perlu mencampurkan perasan lemon dengan cuka dan ditambah dengan 1 sendok baking soda. Langkah awal sama seperti pengaplikasian cuka dan baking soda, hanya saja penambahan lemon akan membuat senyawa asamnya semakin bereaksi untuk membunuh kuman dan menghilangkan partikel minyak yang menyebabkan pipa tersumbat. Fungsi lemon juga bisa membersihkan, terutama pinggiran atau mulut wastafel yang berminyak dan licin. Sehingga, wastafel Anda dapat lebih terlihat bersih jauh dari minyak. 

7. Cola-cola dan pepsi 

Umumnya kita mengenal Pepsi dan Cola-cola untuk membersihkan karat, namun ternyata minuman berkarbonat ini bisa digunakan untuk membersihkan kotoran pada wastafel yang tersumbat. Tuangkan 2 liter minuman ini dan biarkan selama 2 jam lalu bilas dengan air biasa. Jadi, minuman ini cocok untuk Anda gunakan membersihkan wastafel apalagi setelah memasak makanan yang berminyak sekali! 

8. Gunakan garam

Garam memang memiliki banyak manfaat, cara ini bisa terus Anda terapkan secara berkala untuk tetap menjaga kebersihan wastafel. Lakukan dengan rutin setiap seminggu sekali dengan menuangkan garam dan sedikit baking soda, lalu siapkan air panas sebanyak 2 liter untuk menyiramnya. Gimana? Bahan ini mudah ditemukan dan pastinya gampang untuk diaplikasikan. 

9. Sabun cuci piring & air panas

Sabun cuci piring bisa menjadi solusi juga nih untuk Anda, hanya saja jangan lupa untuk tuangkan mendidih dan menghilangkan sumbatan berminyak di saluran pembuangan. Cara ini cukup tebilang mudah untuk Anda lakukan.

Baca juga: Fungsi Pondasi Cakar Ayam

10. Baking soda & air panas 

Metode praktis ini bisa Anda gunakan, langkah yang digunakan bisa seperti metode yang Baking soda yang lainnya. Anda hanya perlu menaburkan Baking soda ke dalam pipa lalu menyiramnya dengan air panas. Diamkan, lalu bilas dengan air biasa. Cara ini cukup membantu namun tidak terlalu efektif, akan lebih baik jika anda menambahkan senyawa asam seperti cuka atau lemon. Namun, jika digunakan untuk sekedar membersihkan, Anda bisa menggunakan baking soda.

Bagaimana sangat mudah bukan tips dan trik mengatasi pipa paralon yang tersumbat? Jadi, tips dan cara ini bisa Anda mulai kerjakan di rumah. PT. Indosteger Jaya Perkasa adalah Pabrik sekaligus supplier Scaffolding di Indonesia dengan harga murah dan kualitas terjamin. Kami jual dan sewa scaffolding, silahkan konsultasikan kebutuhan Scaffolding Anda di sini. Kami dengan senang hati akan memberikan solusi yang terbaik dan efisien untuk Anda. Terima kasih, selamat mencoba!

You May Also Like