indosteger@gmail.com   +62218294428

News

3 Cara Mengatasi Pipa Paralon yang Tersumbat

Anda tentunya pernah mengalami hal yang tidak mengenakkan ini saat mencuci piring, yakni ketika air bekas cucian Anda tidak mengalir ke dalam pipa, melainkan hanya menggenang di dalam bak wastafel. Satu-satunya sebab yang dapat dipastikan adalah pipa paralon Anda sedang tersumbat. Tentunya ini harus segera Anda atasi.

Pipa dapat tersumbat karena berbagai faktor diantaranya, lemak makanan dan rambut yang menyangkut di saluran pipa. Selain itu, beberapa penyebab lainnya yang biasa menyumbat pipa paralon Anda antara lain:

Sampah makanan

Sampah makanan menjadi penyebab utama dari tersumbatnya pipa paralon. Biasanya berasal dari sisa makanan pada piring yang akan dicuci. Sisa makanan seharusnya dibuang ke tempat sampah, sebelum diletakkan ke dalam wastafel pencuci piring. Bila sisa makanan ini dibiarkan mengalir Bersama dengan air cucian, maka semakin sering Anda melakukan ini akan semakin banyak sisa makanan yang menumpuk. Sisa makanan yang menumpuk ini nantinya akan menyumbat aliran air menuju pipa pembuangan. Ini juga

Baca Juga : DIY: Saringan Air Sederhana dari Paralon

Endapan sabun

Endapan sabun adalah penyebab yang kedua. Hal ini dikarenakan senyawa sabun sangat mudah menyatu dengan material lain. Senyawa sabun yang mengendap dan menempel di dinding-dinding paralon lama-lama kelamaan akan semakin banyak sehingga akan menyumbat saluran pipa Anda. Biasanya endapan sabun ini berwarna putih.

Endapan lumpur dan kotoran

Selain dua hal di atas, biasanya Anda juga akan mencuci tangan di wastafel setelah beraktifitas di luar. Aktivitas fisik seperti berkebun tentunya akan menyebabkan tangan Anda penuh dengan tanah. Ketika Anda mencuci tangan maka tanah akan bercampur dengan air menjadi lumpur. Lumpur adalah material yang lengket, ini akan sangat mudah menyumbat pipa paralon Anda.

Lalu bagaimana solusinya saat pipa paralon tersumbat? Tenang, Anda tidak perlu memanggil tukang pipa untuk menyelesaikan permasalahan ini. Anda dapat melakukannya sendiri dengan bantuan alat-alt yang sederhana. Berikut ini adalah 3 tips dan trik mengatasi pipa paralon yang tersumbat:

1. Manfaatkan tali

Pipa paralon Anda yang tersumbat dapat teratasi dengan baik hanya menggunakan seutas tali. Caranya buat gulungan plastik berukuran sedang (sesuaikan dengan diameter paralon) pastikan gulungan ini dapat masuk dengan bebas. Kemudian ikat gulungan plastik ini menggunakan tali yang sekiranya panjangnya dapat mencapai ujung paralon. Sebelum memasukkan alat yang sederhana ini. Aliri paralon menggunakan air dari. Biarkan sejenak kurang lebih satu menit, masukkan tali dengan tetap menyalakan air keran.

Setelah gulungan plastik dirasa telah mencapai ujung paralon. Tarik tali sampai keluar dari paralon. Sedikit demi sedikit kotoran akan terangkat dari pipa. Jika Anda ingin menggunakan cara yang satu ini, pastikan tali yang kamu gunakan kuat. Selain itu, cara yang satu ini hanya dapat diaplikasikan pada paralon yang tegak lurus.

2. Menggunakan soda api

Cara berikutnya yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah memakai soda api. Bahan kimia yang satu ini bersifat korosif (merusak). Dengan ini, soda api akan menghancurkan kotoran yang menyumbat pipa paralon. Soda api juga biasanya dikenal dengan nama ilmiah Natrium Hidroksida. Untuk memakai soda api pada paralon yang tersumbat, lakukan 3 tahapan ini:

  • Siapkan air panas. Air panas ini akan memicu reaksi soda api menjadi lebih efektif.
  • Sebelum menuangkan soda api, pakailah sarung tangan dan masker wajah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Mengingat sifat soda api yang sangat keras. Kulit yang terkena soda api akan teriritasi bahkan melepuh.
  • Setelah Anda dalam keadaan aman, tuangkan soda api pada pipa paralon yang tersumbat. Kemudian tuang air panas dalam jumlah sedang secara perlahan-lahan.

Lakukan cara yang satu ini beberapa kali, sampai pipa paralon Anda benar-benar lancar. Saat dalam proses ini, wastafel hendaknya tidak digunakan dulu dalam waktu 5 sampai 6 jam. Hal ini dilakukan agar senyawa kimia dalam soda api bekerja secara maksimal menghancurkan kotoran yang menyumbat. Setelah 6 jam, siram saluran pipa menggunakan air mengalir.

3. Menggunakan pasir kasar

Opsi terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan pasir kasar. Caranya cukup mudah, aliri paralon menggunakan air keran kemudian tuangkan pasir kasar ke dalamnya. Masukkan pasir hanya sebanyak 2 genggaman tangan saja. Lalu, masukkan selang kompresor dengan tekanan tinggi dan lubang pipa paralon yang ditutup rapat. Kemudian buka kembali aliran udara kompresor sehingga kotoran akan terangkat dengan maksimal.

 

Bagaimana, sangat mudah bukan tips dan trik mengatasi pipa paralon yang tersumbat? Jadi, Anda bisa coba dan terapkan di rumah?

 

You May Also Like