indosteger@gmail.com   +62218294428

News

7 Alat Keselamatan Kerja dan Fungsinya di Lapangan

Alat keselamatan kerja dapat berupa apa saja yang mampu melindungi diri. Meski begitu, sebenarnya sudah ada peraturan khusus yang mengatur tentang alat keselamatan kerja ini. Semua tertuang dalam Undang-undang Ketenagakerjaan, tepatnya pada hal Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). 

K3 adalah program perlindungan tenaga kerja yang dimana setiap karyawan wajib mematuhi setiap prosedur dan kelengkapan yang ada dalam perusahaan. Bahkan pemberi kerja wajib memberikan alat keselamatan bagi pekerjanya. Kewajiban tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor Per. 08/Men/VII/2010 tentang Alat Pelindung Diri (APD). Pemberi kerja juga wajib menyediakan APD dengan SNI (Standar Nasional Indonesia). Nah, apa saja alat keselamatan kerja yang sesuai dengan standar K3 tersebut?

 

1. Helm keselamatan

Salah satu alat keselamatan kerja dapat berupa helm keselamatan (safety helmet). Fungsi utama helm keselamatan adalah melindungi kepala dari benturan. Helm ini sangat diperlukan dalam pekerjaan lapangan karena di lapangan rentan terjadi kejatuhan barang. Selain itu, helm keselamatan juga dapat melindungi kepala dari panas matahari, radiasi panas, percikan api, percikan bahan kimia, hingga suhu ekstrem.


2. Tali keselamatan

Selain helm keselamatan, pekerja juga memerlukan tali keselamatan atau safety belt. Fungsi dari tali keselamatan adalah melindungi pekerja dari risiko jatuh, tergelincir, atau terlepas. Tali keselamatan juga membatasi gerak pekerja agar tidak salah mengambil langkah. Seperti yang Anda ketahui, beberapa pekerjaan menuntut pekerjanya untuk berada dalam kondisi atau posisi yang sangat berisiko. Nah, tali inilah yang digunakan untuk mengurangi risiko dalam posisi berbahaya tersebut.


3. Sepatu Bot

Selanjutnya, alat keselamatan kerja dapat berupa sepatu bot. Jika helm digunakan untuk melindungi anggota tubuh bagian atas pekerja, sepatu bot bertugas melindungi anggota tubuh bagian bawah, tepatnya kaki. Dengan menggunakan sepatu boot berbahan khusus, pekerja akan terlindung dari risiko tertimpa beban berat, menginjak benda tajam, terkena cairan panas, terkena bahan kimia yang berbahaya, hingga terpeleset karena permukaan yang licin.


4. Pelindung wajah

Pelindung wajah atau face shield  digunakan untuk melindungi wajah agar tidak bersentuhan langsung dengan bahan kimia berbahaya maupun partikel-partikel kecil yang melayang di udara atau air. Pelindung wajah ini ada banyak sekali bentuknya, mulai dari menyerupai tameng, masker selam, hingga full face mask yang menutupi seluruh wajah.

Baca juga: 7 Bahan Mentah untuk Bangunan yang Biasa Digunakan


5. Masker

Berikutnya ada masker. Fungsi dari masker adalah untuk melindungi sistem pernapasan. Beberapa jenis pekerjaan, terutama pekerjaan lapangan, rentan terpapar debu, kotoran, bahan kimia, dan partikel lain yang membahayakan kesehatan sistem pernapasan. Masker akan menyaring partikel-partikel berbahaya tersebut sehingga udara yang terhirup tidak akan membahayakan organ pernapasan. Untuk kepentingan keselamatan kerja, tersedia berbagai jenis masker seperti respirator, canister, cartridge, hingga regulator. 


6. Kacamata pengaman

Alat keselamatan kerja dapat berupa kacamata pengaman pula. Fungsinya melindungi mata dari partikel yang melayang di udara maupun air. Selain itu, kacamata juga digunakan untuk melindungi mata dari risiko terkena percikan api, benda panas, uap panas, maupun benda kecil lainnya. Bahkan kacamata pengaman dengan lensa khusus dapat berfungsi sebagai penghalang cahaya yang terlampau menyilaukan.


7. Sarung tangan

Terakhir adalah sarung tangan. Kegunaannya adalah untuk melindungi tangan dari api, suhu panas dan dingin, arus listrik, bahan kimia, hingga infeksi patogen. Sarung tangan untuk keselamatan ini terbuat dari berbagai macam bahan, mulai dari logam, kulit, hingga karet khusus.

Ternyata alat keselamatan kerja dapat berupa helm yang melindungi kepala, sepatu bot yang melindungi kaki, hingga masker yang melindungi sistem pernapasan. Pastikan untuk selalu menggunakan alat keselamatan kerja saat bekerja dalam situasi ekstrim. Untuk pekerjaan konstruksi, jangan lupa juga menggunakan scaffolding. Gunakan scaffolding berkualitas baik dari Indosteger yang dapat disewa dan dikirimkan ke seluruh area di Indonesia!

Baca juga: 3 Cara Membersihkan Kaca Gedung Bertingkat

Recent Articles