indosteger@gmail.com   +62218294428

News

7 Bahan Mentah untuk Bangunan yang Biasa Digunakan

Bahan mentah untuk bangunan umumnya disiapkan dahulu sebelum struktur bangunan dibuat. Bahan ini dipakai untuk membuat lantai, tembok, sampai membuat bagian atap dan juga kanopi di bagian luar rumah.

Kalau Anda ingin membuat bangunan dengan desain tertentu, ada baiknya untuk mengetahui apa saja yang akan dipakai. Kalau belum ide tentang bahan mentah untuk bangunan, bisa menyimak beberapa rekomendasi di bawah ini.

 

1. Bambu

Kalau ingin membuat bangunan dengan konsep etnik, menyatu dengan alam, dan tidak banyak menggunakan bahan bangunan modern, bambu bisa jadi pilihan. Bahan ini cenderung mudah didapatkan, awet, dan mudah dibentuk menjadi apa pun.

Yang perlu diperhatikan kalau ingin menggunakan bahan bambu adalah jenisnya. Beberapa jenis bambu ada yang tidak cocok untuk bangunan karena kurang lentur dan mudah rusak saat dipaku.

 

2. Batako ringan

Batako biasanya terbuat dari pasir, pecahan batu, dan semen. Bahan ini sangat kuat meski terlalu berat sehingga sulit untuk ditata. Untuk menyiasati hal itu, kini ada batako ringan yang ukurannya besar tapi mudah ditata menjadi bangunan apa pun.

 

3. Kayu

Selain bambu, bahan kayu juga masih sering digunakan untuk bahan bangunan. Kayu ini digunakan untuk membuat kerangka atap, rangka tembok, jendela, pintu, dan lainnya. Baha ini sering dipakai karena mudah dibentuk, awet, dan memiliki cukup banyak pilihan.

Ada kayu yang cukup mahal karena bisa bertahan puluhan tahun. Namun, ada juga yang harganya standar sesuai dengan kebutuhan. Struktur kayu biasanya disambungkan dengan paku atau dikaitkan satu sama lain dengan konsep kuncian.

 

4. Tanah liat

Bahan dari tanah liat sering dipakai untuk beberapa kebutuhan. Biasanya diaplikasikan ke dinding untuk mengganti semen dan tanah. Tanah liat yang digunakan bisa jenis biasa atau yang bagus untuk menghindari terjadinya retakan akibat cuaca yang sangat panas.

 

5. Bahan daur ulang

Bahan daur ulang juga bisa dipakai untuk membuat bangunan. Biasanya bahan yang digunakan adalah sampah plastik yang diubah jadi semacam bata, sampah kaca diubah jadi struktur tembok, dan bahan daur ulang lainnya.

Cara ini diambil untuk mengurangi banyaknya sampah non organik yang mencemari lingkungan. Jadi, daripada tidak digunakan lagi kini diolah menjadi bahan bangunan yang awet dan memiliki harga lebih terjangkau.

 

6. Padatan serbuk kayu

Serbuk kayu yang biasanya hanya digunakan untuk bahan bakar kini bisa diubah menjadi pengganti kayu dan juga bata. Serbuk akan dicampur dengan bahan tertentu alu dipadatkan. Selanjutnya, dicetak jadi kotak-kotak atau lempengan.

Bahan dari  serbuk kayu sering dipakai untuk menurunkan pencemaran dan juga barang sisa. Jadi, semua bahan yang dihasilkan oleh kayu bisa dimanfaatkan dengan maksimal tanpa harus dibuang.

 

7. Hollow besi galvanis

Hollow besi galvanis juga bisa digunakan sebagai salah satu bahan bangunan. Besi yang memiliki lubang di bagian dalamnya ini bisa digunakan untuk membuat struktur atap, kanopi, sampai membuat struktur plafon dan dinding.

Untuk besi berlubang galvanis terbaik, Anda disarankan menggunakan produk dari Indosteger. Besi hollow dengan ukuran 4x4 dan 4x6 bisa dibeli dengan harga bersaing. Selain itu, ketebalannya mulai 1 mm sampai 1,6 mm untuk menyesuaikan kebutuhan.

Penggunaan bahan mentah untuk bangunan biasanya menyesuaikan dengan konsep dan juga kebutuhan. Namun, tetap perhatikan kekuatan dari bahan kemudahan saat pemasangan. Jangan asal memilih bahan kalau nantinya membuat struktur bangunan mudah rusak.

Ini dia 7 bahan mentah yang biasanya digunakan untuk membangun. Indosteger adalah tempat terpercaya yang jual sewa scaffolding murah untuk beberapa daerah di Indonesia. Indosteger juga menjual besi hollow galvanis, CNP, dan UNP besi galvanis

Recent Articles