indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Kenali Arti Kode Besi Beton untuk Memudahkan Anda

Arti kode besi beton menunjukkan spesifikasi dan fungsi materialnya. Anda wajib memahami kode yang terdapat dalam besi beton sebelum membelinya. Kesalahan dalam memilih besi beton berakibat malfungsi dalam penggunaannya.

Besi beton diproduksi dengan ukuran dan jenis yang bervariasi, meskipun terlihat mirip satu sama lain secara sekilas. Apapun kodenya, besi beton memiliki manfaat yang sama. Indosteger akan menjelaskan tentang kode besi beton secara lengkap di artikel ini.

Apa itu besi beton?

Besi beton atau baja tulangan adalah bahan bangunan yang memiliki fungsi untuk memperkuat struktur beton agar dapat menahan tekanan. Hal ini karena beton memiliki kekuatan tarik yang lemah di bawah kompresi. Besi beton nantinya akan dapat secara signifikan meningkatkan kekuatan tarik tersebut.

Karena sifatnya yang krusial, besi beton distandarisasi oleh BSN yang kemudian melahirkan besi beton SNI (Standar Nasional Indonesia) agar hasil konstruksi bisa lebih aman.

Baca Juga: Mengenal Ukuran Panjang Besi Beton dan Kegunaannya

Apa saja jenis besi beton?

Di Indonesia sendiri ada dua jenis besi beton; besi beton polos dan ulir. Berikut adalah pengertian kedua jenis.

1. Besi beton polos

Sesuai dengan namanya, besi beton polos adalah besi beton yang permukaannya tidak di ulir atau memiliki sirip. Besi beton polos umumnya digunakan kerangka atau tulangan yang berguna untuk menahan beton dalam proses pembuatannya.

Besi beton polos memiliki kekuatan di angka 240 mpa. Bahan material ini juga dapat dengan mudah Anda bengkokkan serta pasang. Dari segi kegunaan, besi beton polos umumnya digunakan untuk konstruksi bangunan bersifat pribadi, seperti rumah.

2. Besi beton ulir

Besi beton ulir adalah besi beton yang memiliki ulir atau sirip pada permukaannya. Jenis besi beton ini memiliki kekuatan di angka 400 mpa, jauh lebih kuat dibandingkan dari besi beton polos.

Walaupun begitu, besi beton ulir akan sangat sulit untuk dibengkokkan karena kekuatannya. Karena sifatnya ini, besi beton ulir umumnya digunakan untuk konstruksi bangunan yang digunakan oleh banyak orang, seperti mal atau gedung-gedung perkantoran.

Untuk harganya, besi beton ulir akan lebih mahal dibandingkan besi beton polos.

Arti kode besi beton SNI yang wajib dipahami

Anda pasti memilih besi beton sebagai material konstruksi atau fondasi bangunan. Material ini bahkan direkomendasikan oleh mandor atau arsitek saat merancang denah. Bangunan apapun, mulai dari rumah, ruko, gedung, dan lain-lain, umumnya menggunakan besi beton.

Keunggulan besi beton sebagai material struktur bangunan tidak diragukan lagi. Salah satunya, besi beton mampu menahan beban bangunan seberat apapun. Selain itu, besi beton mudah dibentuk menjadi berbagai jenis fondasi, seperti cakar ayam.

Baca Juga: Pondasi Cakar Ayam Karya Orang Indonesia yang Mendunia

Anda akan melihat sejumlah jenis dan ukuran besi beton saat berbelanja di toko bangunan. Umumnya, ada dua jenis besi beton yang ditandai dengan kode BjTD dan BjTP. Masing-masing kode tersebut menandakan spesifikasi tekstur yang dimilikinya.

Kode BjTD singkatan dari Baja Tulang Deform, artinya besi beton ini memiliki tekstur kasar. Sedangkan BjTP singkatan dari Baja Tulang Polos, yakni besi beton dengan tekstur polos. Perbedaannya hanya terletak di tekstur permukaan materialnya.

Selain kode tersebut, besi beton juga ditandai dengan kode warna di bagian ujungnya. Hal ini bertujuan untuk memudahkan supplier toko bangunan dalam mengecek stok yang tersedia. Penerapan kode warna ini sesuai aturan SNI 2052-2017 yang diterapkan mulai Juni 2019. 

Berikut ini tabel warna yang menandakan perbedaan kode besi beton:

Kelas Mutu Beton

Warna

BjTP 280

BjTS 280

Hitam

 

BjTD/BjTS 420A

Kuning

 

BjTD/BjTS 420B

Merah

 

BjTD/BjTS 520

Hijau

 

BjTD/BjTS 550

Putih

 

BjTD/BjTS 700

Biru

Penandaan warna pada beton berfungsi untuk menunjukkan perbedaan kelas mutu materialnya. Untuk memastikan kelas beton yang digunakan sesuai, diperlukan uji tarik terhadap besi beton tulangan yang dipilih. Pemilihan besi beton yang berkualitas nantinya akan memengaruhi daya tahan dan keamanan bangunannya.

Kelas mutu baja ini berguna untuk mengetahui daya tarik material yang dimilikinya. Misalnya, besi beton dengan kode BjTS 420B menandakan daya tariknya (fy) adalah 420 Mpa.

Kesimpulannya, arti kode besi beton terbagi menjadi dua, yakni jenis beton dan warnanya. Kode jenis besi beton bertujuan untuk membedakan tekstur permukaannya, sedangkan warna gunanya sebagai pembeda kelas mutu besi beton tersebut.

Bagaiman cara memilih besi beton yang berkualitas?

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika membeli besi beton untuk mendapatkan yang terbaik. Berikut adalah beberapa hal tersebut:

Prioritas utama yang harus dilakukan dalam memilih besi beton adalah memperhatikan standar SNI yang digunakan. Standar SNI berguna sebagai tanda bahwa material tersebut memiliki kualitas yang baik. Setelah memastikan standarnya, Anda boleh memilih merek besi beton yang ingin dibeli. Tipsnya, pilihlah merek tepercaya dan memiliki review bagus saat digunakan.

Baca Juga: Tabel Berat Besi Beton Polos dan Ulir Sesuai Ukuran

Anda bisa memilih besi beton sesuai kode warna dan spesifikasi yang terdapat di atas setelah memilih mereknya. Pemilihan spesifikasi kode beton ini harus sesuai dengan detail dan kebutuhan bangunan Anda. Yang paling penting, jangan sampai Anda memilih kelas besi beton yang tidak sesuai dengan daya tarik yang direkomendasikan. Terakhir, sesuaikan harga besi beton yang ingin dibeli dengan anggaran yang sudah Anda buat sebelumnya.

Indosteger memiliki barisan produk besi hollow yang bermanfaat untuk keperluan konstruksi Anda. Kami memasang harga besi hollow 5x10 yang ekonomis dan dijamin sesuai dengan anggaran pembangunan. Dapatkan besi hollow berkualitas hanya dengan menghubungi tim Indosteger.

Jadi, sudah paham dengan arti kode besi beton di atas?

Recent Articles