indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Segala Hal yang Perlu Anda Tahu tentang Pondasi Cakar Ayam pada Bangunan

Pondasi cakar ayam merupakan suatu teknik yang dipakai dalam konstruksi pondasi bangunan. Nama tersebut diberikan karena pipa-pipa beton yang berada di bagian bawah pondasi tersebut berbentuk menyerupai cakar ayam. Pondasi seperti ini memiliki fungsi yang kuat untuk mencengkeram kuat lahan yang ada di bawahnya agar bangunan yang di bangun di atasnya memiliki konstruksi yang lebih kuat dan stabil.

Pada awalnya, pondasi tipe ini digunakan hanya pada tanah bertekstur lembek atau lunak. Akan tetapi, pondasi cakar ayam saat ini sudah banyak dipakai pada segala jenis tanah dan dapat digunakan dalam pondasi bangunan jalan layang, gedung bertingkat, jembatan besar, jalan kereta api, jalan raya, hingga landasan pacu untuk pesawat terbang.

Bentuk Pondasi Cakar Ayam

Pondasi cakar ayam memiliki bentuk pelat persegi dengan ukuran yang bermacam-macam. Ukuran tersebut menyesuaikan pada beban bangunan dan kondisi struktur tanah. Rincinya, pondasi cakar ayam terdiri dari pipa-pipa beton yang berbentuk seperti cakar ayam dengan jarak sumbu sekitar 2-3 meter. Pipa-pipa ini biasanya memiliki diameter 1,2 meter dengan ketebalan 8 cm. Untuk ukuran panjangnya sendiri menyesuaikan kebutuhan. Sedangkan, pelat beton biasanya memiliki ketebalan 10-15 cm.

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan pondasi cakar ayam. Pondasi ini bisa dibangun di atas tanah yang tidak stabil, tidak membutuhkan sistem drainase, cocok digunakan di berbagai wilayah di Indonesia, dan membuat bangunan jadi lebih kokoh. Meskipun begitu, pondasi cakar ayam juga memiliki kekurangan. Kekurangan tersebut berupa biaya pengerjaan yang lebih mahal, tidak cocok untuk mendirikan bangunan berukuran kecil, dan proses pembuatan yang cukup rumit.

Pondasi cakar ayam sangat populer dan banyak digunakan dalam beragam bangunan karena pondasi jenis ini memiliki kemampuan yang bagus untuk menopang beban hingga 500-600 ton per kolom. Oleh karena itu, bangunan yang dibangun menggunakan pondasi cakar ayam dapat berdiri dengan kuat dan stabil. Adapun beberapa tahapan dalam pembuatan pondasi cakar ayam, antara lain sebagai berikut.

Penggalian Tanah

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum melakukan penggalian tanah adalah menentukan ukuran lebar, panjang, dan kedalaman pondasi. Hal teknis yang perlu Anda perhatikan dalam melakukan penggalian tanah adalah penempatan galian pondasi yang dibuat lebih lebar dari ukurannya agar para pekerja dapat bekerja dengan leluasa. Sebagai tambahan, semua galian tanah harus diposisikan jauh dari tempat pengerjaan pondasi agar tidak mengganggu aktivitas lain.

Membuat Tulangan Pondasi

Untuk merakit tulangan (pipa-pipa beton) pondasi seharusnya dikerjakan di luar tempat pengecoran tetapi masih dilaksanakan dalam satu tempat proyek. Hal ini dilakukan agar tulangan pondasi dapat dipasang segera setelah dirakit. Secara teknis, hasil rakitan tulangan dimasukkan ke dalam tanah galian lalu ditempatkan tegak lurus dengan bantuan waterpass.

Baca Juga : 9 Jenis Pondasi Bangunan yang Umum Diterapkan

Langkah selanjutnya adalah memberikan jarak 40 mm antar tulangan dan dasar tanah dengan batu kali yang ditempatkan pada setiap ujung sisi sebagai pengganjal. Setelah rakitan terpasang dengan baik dan benar, langkah berikutnya adalah membuat pelat beton atau pengecoran.

Bekisting

Bekisting adalah suatu konstruksi bantu yang sifatnya sementara dan digunakan untuk mencetak beton yang akan dicor selanjutnya, baik di dalam atau di atas.

Pengecoran

Langkah terakhir dalam membuat pondasi cakar ayam adalah pengecoran. Bahan-bahan yang digunakan dalam langkah ini adalah, pasir, semen, kerikil, dan air. Agar Anda mendapatkan hasil dengan mutu terbaik, Anda juga harus menggunakan bahan yang bermutu juga.

Demikian informasi-informasi mengenai pondasi cakar ayam. Jika Anda ingin menggunakan pondasi cakar ayam pada rancangan bangunan Anda, Anda harus bersedia menyiapkan segala perlengkapan untuk membangunnya. Dilihat dari kelebihan, kekurangan, dan proses pembuatannya, apakah Anda ingin membangun rancangan bangunan Anda menggunakan pondasi cakar ayam ini?

You May Also Like