indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Serba-serbi Bagian Main Frame Scaffolding dan Kegunaannya

Scaffolding untuk konstruksi bangunan terdiri dari beberapa bagian penting. Salah satunya adalah main frame scaffolding. Bagian scaffolding ini memiliki peranan penting dalam pengerjaan konstruksi dan penyusunan rangkaian scaffolding. Ukurannya sendiri terdiri dari berbagai macam dan dapat dipilih berdasarkan kebutuhan. Apa sajakah komponen yang termasuk dalam main frame scaffolding dan bagaimana cara memilihnya yang baik dan benar? Anda bisa simak ulasan singkatnya di bawah ini.

 

Komponen Main Frame Scaffolding

Dalam praktiknya, main frame scaffolding masih terbagi lagi dari beberapa komponen penting yang digunakan dalam proyek pengerjaan konstruksi. Berikut komponen-komponen main frame scaffolding tersebut yang perlu Anda ketahui.

Cross Brace

Komponen yang pertama adalah cross brace. Pada dasarnya, cross brace merupakan dua buah pipa yang memiliki posisi saling bersilangan dan dihubungkan pada bagian tengahnya. Fungsinya adalah untuk pengikat utama pada masing-masing frame dan main frame scaffolding dapat terpasang dengan baik dan mampu berdiri tegak saat digunakan.

Lock Pin

Kedua ialah lock pin dan sesuai dengan namanya, memiliki fungsi untuk mengikat sekaligus pengamanan dan mengunci cross brace.  Apabila cross brace tidak terpasang dengan baik dan diikat dengan sempurna oleh lock pin, maka dikhawatirkan saat proses pengerjaan tidak dapat berdiri dengan baik dan dapat mengganggu kestabilannya. Hal inilah yang akan membahayakan keselamatan para pekerja konstruksi.

Joint Pin

Komponen ketiga yang perlu Anda ketahui dari bagian main frame scaffolding ialah joint pin. Fungsi dari joint pin tidak lain untuk menyambungkan antara main frame satu dengan yang lainnya. Kemudian, pada bagian pijakan main frame scaffolding terdapat sebuah bagian yang disebut dengan cat walk. Dimana pada bagian inilah para pekerja dapat berpijak melakukan pekerjaannya dan bisa digunakan sebagai akses jalan bagi pekerja konstruksi.

End Frame

Bagian atau komponen terakhir dari main frame scaffolding adalah end frame. Fungsinya adalah untuk menambah ketinggian dari scaffolding yang digunakan. Pada komponen ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan konstruksi bangunan.

 

Kegunaan Main Frame Scaffolding

Lantas, apa saja kegunaan main frame scaffolding dalam konstruksi bangunan? Meski sebenarnya, sederhana namun memiliki peran yang sangat vital. Kegunaannya sendiri tidak lain sebagai komponen untuk mengatur ketinggian dan lebar scaffolding yang akan digunakan. Misalnya saja ketika ketinggian dalam sebuah main frame tidak cukup menjangkau tinggi bangunan, dapat dipasang main frame selanjutnya secara vertikal. Begitu juga dengan tingkat lebarnya, jika belum mencapai jangkauan bisa dipasang dengan arah menyamping atau horizontal.

 

Apa yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Main Frame Scaffolding?

Memilih main frame scaffolding harus dilakukan dengan jeli dan dibutuhkan rekomendasi dari para ahli konstruksi bangunan. Hal ini dikarenakan komponen ini akan digunakan di tempat-tempat yang mungkin saja bisa terjadi kecelakaan kerja bila tidak hati-hati. Setidaknya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi di antaranya adalah syarat kekuatan, syarat kekakuan dan syarat mengenai stabilitas.

Syarat kekuatan di sini adalah bagaimana material main frame scaffolding ini mampu menahan beban baik itu para pekerja ataupun material bangunan saat dipergunakan. Kemudian, untuk syarat kekakuan ialah mengenai bagaimana main frame scaffolding tidak mengalami perubahan bentuk atau deformasi saat digunakan dan cukup mengganggu para pekerja konstruksi. Lalu, untuk syarat stabilitas adalah memastikan bagian pipa dan main frame scaffolding dapat terpasang dengan sempurna dan tidak runtuk secara tiba-tiba akibat tekanan yang begitu besar.

 

Dalam memasang main frame scaffolding, mengenai kualitas juga sangat penting. Maka dari itulah untuk mendapatkan main frame scaffolding berbahan terbaik dari distributor terpercaya Anda bisa memilih PT Indosteger Jaya Perkasa untuk kebutuhan pekerjaan konstruksi bangunan Anda.

You May Also Like